Connect with us

Nasional

Budayawan Jaya Suprana Dapat Penghargaan “Life Membership” Dari APRCPRK

Published

on

JAKARTA, balainnews.com – Dinilai memiliki kepedulian mendalam dan komitmen kuat pada proses perdamaian di Semenanjung Korea, budayawan Jaya Suprana mendapatkan penghargaan “Life Membership” dari Asia Pacific Regional Committee for Peaceful Reunification of Korea (APRCPRK).

Penghargaan untuk pendiri Museum Rekor Indonesia-Dunia (MURI) tersebut diberikan dalam pertemuan istimewa APRCPRK yang diselenggarakan secara virtual pada akhir Mei lalu.

Pertemuan khusus yang difasilitasi Perhimpunan Persahabatan Indonesia Korea Utara tersebut dipimpin Direktur Biro Eksekutif APRCPRK, Peter Woods, dan dihadiri sejumlah pimpinan teras APRCPRK seperti Rachmawati Soekarnoputri, Madhav Kumar Nepal, Raymond Ferguson, Norma G. Binas, Javed Ansari, Hakki Ergincan, Peter Wilson, dan Phanidra Raj Pant.

Selain Jaya Suprana, penerima anugerah “Life Membership” lainnya adalah mantan Menteri BUMN RI Dahlan Iskan; mantan Perdana Menteri Nepal, C.P. Mainali; pendiri Morgan Foundation Selandia Baru, Gareth Morgan; dan Ketua Masyarakat Selandia Baru dan Korea Utara, Tim Beal.

“Komite Reunifikasi Damai Korea mengapresiasi kepedulian dan komitmen Pak Jaya Suprana dalam mendukung perdamaian di Semenanjung Korea,” ujar Direktur Biro Informasi Publik APRCPRK, Teguh Santosa, yang menyerahkan sertifikat tersebut kepada Jaya Suprana.

Sertifikat diserahkan dalam pertemuan di Jaya Suprana School of Performing Arts (JSSPA) di Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa siang (5/10).

Teguh mengatakan, sedianya sertifikat penghargaan “Life Membership” diserahkan oleh Rachmawati Soekarnoputri sebagai salah seorang Ketua APRCPRK.

Penyerahan sertifikat terkendala karena kasus Covid-19 di Indonesia yang sempat sangat tinggi pada bulan Juni dan Juli yang lalu diikuti pembatasan kegiatan masyarakat untuk menekan penyebaran virus mematikan itu.

“Yang sangat memukul kita semua pada awal Juli lalu Ibu Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia. Karenanya Biro Eksekutif APRCPRK menugaskan saya untk menyerahkan sertifikat ini kepada Pak Jaya Suprana,” ujar Teguh Santosa.

Bersama sang istri, Aylawati Sarwono, pada bulan Agustus 2017 Jaya Suprana berkunjung ke Pyongyang untuk melihat dari dekat perkembangan di belahan utara Semenanjung Korea. Dalam kunjungan itu, Jaya Suprana berdialog dengan berbagai pihak di Korea Utara dan mengunjungi sekolah musik untuk kanak-kanak di Pyongyang.

Dalam kunjungan itu pula, Jaya Suprana menyampaikan keinginan mengundang pianis muda kelas dunia dari Korea Utara, Choe Jang Hung, untuk tampil dalam sebuah konser perdamaian di Jakarta.

Konser tunggal Choe Jang Hung yang digelar di Gedung Kesenian Jakarta pada bulan April 2018 mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat Indonesia dan komunitas internasional di Jakarta.

“Saya berterima kasih atas penghargaan ini. Saya selalu percaya bahwa perdamaian di Semenanjung Korea akan menjadi keniscayaan,” ujar Jaya Suprana.

Dalam pertemuan dengan Teguh Santosa, Jaya Suprana juga menyampaikan rasa duka cita mendalam atas kepergian Rachmawati Soekarnoputri yang merupakan pendiri Perhimpunan Persahabatan Indonesia Korea Utara dan salah seorang sponsor APRCPRK.

Dia berharap perjuangan Rachmawati mendorong perdamaian di berbagai belahan bumi termasuk di Semenanjung Korea akan dilanjutkan oleh generasi muda Indonesia. (balain/nrl)

 107 total views,  10 views today

Advertisement

Kalsel

Banjarmasin4 jam ago

Cegah Covid-19, Masyarakat Antusias Vaksinasi Maritim Di Pos TNI AL Trisakti

BANJARMASIN, balainnews.com – Guna percepatan Herd Immunity dan pemerataan Vaksinasi, baik dosis pertama dan ke-2 dilapisan masyarakat terus digencarkan oleh...

Banjarmasin19 jam ago

Bank Kalsel Sponsor Utama South Kalimantan Travel Mart 2021

Dir Operasional Bank Kalsel, Ahmad Fatrya Putra Saat Menerima Kunjungan ASPPI Kalsel BANJARMASIN, balainnews.com – South Kalimantan Travel Mart (SUKA...

Banjarmasin19 jam ago

Resmikan Jembatan Sei Alalak, Presiden Jokowi Jajal Naik Rantis

BANJARMASIN, balainnews.com – Kendaraan taktis (rantis) P6 ATAV V1 milik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) kembali menjadi pilihan Presiden Joko Widodo...

Banjarmasin2 hari ago

KRI Badau-841 Bersandar di Pelabuhan Trisakti, Amankan Kunker Presiden RI di Perairan Kalsel

BANJARMASIN, balainnews.com – Dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden RI Ir. H. Joko Widodo beserta rombongan di Bumi Lambung Mangkurat...

Banjarbaru3 hari ago

Tingkat Kesadaran Masyarakat Untuk Vaksinasi Covid-19 Semakin Meningkat

BANJARBARU, balainnews.com – Seiring dengan kesadaran masyarakat Banjarbaru dan sekitarnya untuk melaksanakan vaksinasi semakin meningkat, Untuk itu sampai hari ini...

Banjarbaru4 hari ago

Nakes RS TNI AU Sjamsudin Noor Kembali Gelar Vaksinasi Covid-19 Untuk Masyarakat

BANJARBARU, balainnews.com – Dalam mendukung Program Vaksinasi Nasional guna mencapai Herd Immunity Masyarakat Indonesia, Lanud Sjamsudin Noor terus gencarkan Serbuan...

Banjarmasin4 hari ago

Lanal Banjarmasin Percepat Sukseskan Program Pemerintah, Gencarkan Servak Maritim

BANJARMASIN, balainnews.com – Hingga saat ini penyebaran pandemi Covid-19 dan jumlah pasien yang terinfeksi di sejumlah daerah wilayah Kalimantan Selatan...

Daerah1 minggu ago

TNI AL-Lanal Banjarmasin Dan Kadin Banjar Sinergi Gelar Servak Covid-19

MARTAPURA, balainnews.com – Seperti kita ketahui bersama, penyebaran wabah Covid-19 sudah menjadi fenomena yang menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang di...

Banjarbaru1 minggu ago

Bersama Pangkoopsau II, Ketua PIA AG Daerah II Koopsau II Laksanakan Kunjungan Kerja di Lanud Sjamsudin Noor

BANJARBARU, balainnews.com – Antusias para dewan guru dan siswa siswi PAUD Terpadu Angkasa 1 Lanud Sjamsudin Noor terlihat gembira, saat...

Banjarbaru1 minggu ago

Kunjungi Lanud Sjamsudin Noor, Pangkoopsau II Bagikan Bansos, Tinjau dan Resmikan Beberapa Sarana Fasilitas

BANJARBARU, balainnews.com – Komandan Lanud Sjamsudin Noor, Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago, di dampingi Ketua PIA AG Cab.11/D.II Lanud Sjamsudin Noor...

Advertisement

Populer