Sabirin Terpilih Pimpin APRI Tabalong – Balain News
Connect with us

Daerah

Sabirin Terpilih Pimpin APRI Tabalong

Published

on

Foto ; Ketua Bidang Pengembangan SDM dan Kelompok RMC DPW APRI Kalsel H Subhan Sukarno didampingi Ketua Bidang penambangan dan pasca Tambang Sulastadi ketika menyerahkan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPC APRI Tabalong, Rabu (15/12/2021) di Geduny Balai Wartawan Tanjung, Tabalong. (Foto/Suhardi)

Balainnews.com, TANJUNG — Kepengurusan Asosiasi Penambangan Rakyat Indonesia (APRI) Kabupaten Tabalong sudah terbentuk, diwarnai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dari DPP APRI oleh Ketua Umum DPW APRI Kalsel H Risdianto Haleng yang diwakili oleh Wakil Ketua Umumnya H Subhan Sukarno kepada Ketua DPC APRI Kabupaten Tabalong Sabirin HA Syukran Nafis, di Gedung Balai Wartawan Rabu (15/12/2021).

Waketum DPW APRI Kalsel H Subhan Sukarno mengucapkan selamat kepada pengurus DPC APRI Tabalong yang sudah mendapatkan SK dari DPP APRI.
“Kami mengucapkan selamat kepada pengurus DPC APRI Kabupaten Tabalong dan atas nama Ketum DPW APRI Kalsel kami serahkan SK DPC APRI kabupaten Tabalong hari ini,” ujarnya.

Ia jelaskan, tujuan APRI dibentuk adalah untuk memberikan jaminan kepada para penambang rakyat untuk bisa bekerja sesuai dengan kaidah-kaidah pertambangan yang benar.

Dengan terbentuknya tambang rakyat itu nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui tambang-tambang rakyat yang resmi, ramah lingkungan, menampung tenaga kerja lokal dan meningkatkan pajak negara dan PAD daerah.

Subhan Sukarno menyampaikan salam ucapan terima kasih dari Ketua Umum H Risdianto Haleng atas suport dan dukungan pemerintah kabupaten Tabalong khususnya bupati Tabalong.

“Kami berharap Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) di kabupaten Tabalong bisa diajukan pada bulan Desember 2021 ini, sebagai dasar permohonan IPR kelompok penambang rakyat yang sudah membentuk RMC dan bergabung di DPC APRI Tabalong,” tambah Subhan.

Sementara itu, Ketua Bidang penambangan dan pasca Tambang DPW APRI Kalsel Sulastadi menambahkan, setiap pemilik IPR misalnya pertambangan pasir atau batuan tidak serta merta langsung beroperasi. Mereka harus memenuhi persyaratan-perayaratan lainnya.

“Nanti ada kajian lingkungan dan hasil labolaterium yang berlensi ISO seperti Succopindo, hasilnya apakah lokasi tersebut bisa dikerjakan dan bagaimana dampak lingkungannya, sehingga terciptalah pertambangan yang ramah lingkungan,” katanya sembari menambahkan DPW APRI Kalsel sudah melakukan kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin.

Ketua DPC APRI Tabalong Sabirin HA Syukran Nafis menyampaikan, kehadiran APRI di kabupaten harus disambut gembira oleh masyarakat, karena dengan hadirnya APRI masyarakat mendapat kesempatan untuk mengolah lahan mereka secara maksimal. Kehadiran APRI juga akan menaungi tambang-tambang liar atau PETI yang selama ini sangat meresahkan masyarakat agar bergabung dan bekerja sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh pemerintah.

Seperti diketahui bersama bahwa di kabupaten sangat banyak tambang-tambang liar atau PETI, baik itu tambang batubara dan galian C seperti pasir sungai, Sirtu, batu gamping (batu gunung) dan pasir kuarsa.

“Nanti warga masyarakat di wilayah itu membuat kelompak yang disebut dengan Responsible Mining Cumunity (RMC) dengan anggota 50 orang sampai 100 orang dan mengajukan Ijin Pertambangan Rakyat (IPR),” jelas sabirin.

Dikatakannya setiap RMC maksimal mengajukan 100 hektar, dengan ketentuan untuk perorangan maksimal 5 hektar dan koperasi 10 hektar.

“Yang menerbitkna IPR nanti adalah Kementerian ESDM Pusat bukan pemerintah kabupaten Tabalong,” jelasnya.

DPC APRI Tabalong akan memprioritaskan penambang-penambang galian C yg selama ini tidak mempunyai naungan legalitas, dengan harapan mereka dalam melaksanakan penambangan betul-betul maksimal dan bisa mensejahterakan warga masyarakat disekitarnya.

SK DPC APRI kabupaten Tabalong dikeluarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APRI nomor 5207/SK-DPC/211215 dengan Ketua Umum Sabirin HA Syukran Nafis, Wakil ketua Heri Satria dan Hartinudin. Sekretaris Suhardi dan bendahara Ahmad Fadilah. (nrl)

Sebarkan

Kalsel

Banjarmasin2 minggu ago

Bank Kalsel Dan Geopark Meratus Perkuat Kemitraan, Dukung Pengrajin Sasirangan Di Desa Belangian

BalainNews.com, BANJARMASIN – Sebagai upaya memperkuat kemitraan dan mendukung inisiatif keberlanjutan, Bank Kalsel telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Badan...

Banjarmasin3 minggu ago

Bank Kalsel Gelar RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 Dan RUPS Luar Biasa Tahun 2024

BalainNews.com, BANJARMASIN, 2 Januari 2024 – Sebagai pertanggungjawaban atas kinerja sepanjang tahun 2023 dan untuk penetapan garis besar kebijakan 2024,...

Banjarbaru3 minggu ago

Menuju Daerah Informatif, Pemprov Kalsel Siapkan Langkah Penguatan PPID Hingga Tingkat Desa

BalainNews.com, BANJARBARU – Predikat Daerah Menuju Informatif pada Indeks Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2023, mendorong Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan...

Banjarmasin3 minggu ago

RUPS Bank Kalsel, Paman Birin : Permudah Akses Bagi UMKM

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin memimpin Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun...

Banjarmasin4 minggu ago

Bank Kalsel Serahkan Bantuan Rp 13 Juta Untuk Warga Terdampak Kebakaran Di Kelayan Besar 2 Banjarmasin

BalainNews.com, BANJARMASIN, 26 Januari 2024 – Sebuah kebakaran melanda daerah Kelayan Besar 2, RT 27 RW 2, Kelurahan Pemurus Baru,...

Banjarmasin1 bulan ago

Ketua Dewan Komisioner OJK Kunjungi Yayasan Rumah Kreatif Dan Pintar Binaan Bank Kalsel

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar beserta jajaran berkesempatan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi...

Banjarmasin1 bulan ago

Hanafi Lansia Dhuafa Menerima Bantuan Biaya Hidup Dari UPZ Bank Kalsel

BalainNews.com, BANJARMASIN – Hanafi (78) hidup bersama istri dan seorang anak di Jalan Tatah Belayung, Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin...

Banjarmasin1 bulan ago

Peduli Lansia Dhuafa, UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Biaya Hidup

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ibu Noor Sehat (78) hidup sebatang kara di Jalan Jahri Saleh, Komplek RSS, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan...

Banjarmasin1 bulan ago

Transaksi MPN Terbanyak 2023, Bank Kalsel Raih Penghargaan Terbaik Dari DJPB Provinsi Kalsel

BalainNews.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel terus memperkuat upayanya dalam memajukan transaksi keuangan berbasis digital dengan mitra-mitranya. Pada acara terbaru, bank...

Ekonomi1 bulan ago

Bank Kalsel Bersama Pemkab Banjar Serahkan Bantuan Satu Ekor Sapi Untuk Haul Guru Sekumpul

BalainNews com, KAB. BANJAR, 12 Januari 2024 – Bank Kalsel terus berperan aktif dalam mendukung kegiatan sosial dan keagamaan, salah...

Populer