Perang Diskon Tutup 2021 Dan buka Lembaran 2022 – Inovasi, Kreatif dan Aktual
Connect with us

Banjarmasin

Perang Diskon Tutup 2021 Dan buka Lembaran 2022

Published

on

Balainnews.com, BANJARMASIN – Sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Kalimantan Selatan, Advokat Senior Dr H Fauzan Ramon SH MH menyatakan, untuk kegiatan diskon yang diberikan pada Hari Besar (Keagamaan maupun Nasional) maupun Tahun Baru, disambut positif.

“Kita menyambut positif kalau memang itu dilakukan dengan sebenarnya. Yang kita pantau, yang kita awasi ini pelaku-pelaku usaha yang menggunakan kesempatan untuk memetik hasil yang lebih banyak,” ungkap Fauzan, Pendiri dan Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Kalimantan Selatan.

Fauzan berharap Instansi terkait Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan termasuk Kepolisian, jangan sampai kegiatan diskon ada efek penipuan. Karena masyarakat selaku konsumen selalu dirugikan.
Selain memantau perang diskon yang terjadi, juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang dirugikan.

“Kita memantau dan juga membantu pihak-pihak yang merasa dirugikan oleh pelaku usaha, baik mall maupun hotel yang merugikan para konsumen dan membantu untuk melakukan laporan secara pidana ataukah secara perdata. Karena dilindungi Undang-undang,” tegas Fauzan, yang menyebutkan kantornya di jalan Adhyaksa no. 15 Kayu Tangi Banjarmasin, dekat Uniska Banjarmasin.

Laporan masyarakat masih belum dan masih ditunggu pihaknya.

Untuk DPRD Kalsel maupun yang ada di Kota dan Kabupaten di wilayah Kalsel, Fauzan minta agar memperhatikan hal ini. Karena mereka mewakili rakyat. Dinas Perdagangan Kalsel bersama jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalsel beserta Jajarannya di berbagai Kabupaten dan Kota di Kalsel, diminta untuk melakukan pemantauan untuk kepentingan masyarakat, kepentingan konsumen.

Sedangkan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen yang ada di Banjarmasin, yang mana Fauzan Wakil Ketua di lembaga ini dari perwakilan konsumen, menghimbau masyarakat yang dirugikan untuk tidak ragu melaporkannya dan tidak dipungut biaya apapun.

Untuk BPSK selama ini banyak menangani persoalan perkreditan mobil dan rumah. Rumah yang kontraknya 10 dan 15 tahun mewarnai laporan yang masuk ke BPSK. Sedangkan roda dua sebagian. Untuk jumlah pengaduan setiap tahun juga meningkat.

“Meningkat dalam artian kesadaran masyarakat. Karena mereka (masyarakat) merasa dirugikan, dibodohi, dicurangi, mereka menggunakan hak untuk melaporkan ke YLKI maupun BPSK. Ada yang dari Barabai, Amuntai dan Kandangan,” Fauzan menyebutkan.

Dikatakan, keberadaan BPSK tergantung dari Pemerintah Daerah.

“Saya sarankan untuk Benua Enam itu ada. Apakah dl Barabai atau di Kandangan. Karena dia tidak jauh untuk ke Banjarmasin. Kalau untuk Tanah Laut, Kotabaru dan Tanah Bumbu, itu sebenarnya harus ada. Saya usulkan nanti setelah Tahun Baru menyampaikan kepada seluruh Kabupaten dan Kota, Bupati dan Walikota, termasuk Gubernur, ini harus ada di tiap daerah,” jelas Fauzan.

Dikatakan, majunya Kalimantan Selatan, terutama sembilan bahan pokok berhubungan langsung dengan masyarakat, diharapkan dapat terlindungi.

“Banyak terjadi beras oplosan, oli oplosan. Banyak (terjadi). Siapa lagi yang membantu. Jadi itu biasanya (berdirinya BPSK tergantung Bupati maupun Walikota,” pungkasnya.

Sedangkan Ali Asrori, SAg MM., Direktur ASMI Cinus Banjarmasin, menganggap diskon bagus-bagus saja. Karena itu menurutnya, untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Katanya, mereka berbondong-bondong untuk membeli barang-barang seperti kebutuhan  dan lain sebagainya. Mereka bisa menjadi penggerak ekonomi kita.

“Tapi ya hati-hati, diskon itu harus diskon beneran. Jangan diskon semu. Katakanlah harganya 100 dinaikkan jadi 150, diskon sekian. Padahal harganya naik. Kita harapkan diskon itu benar-benar diskon. Itu bisa menggerakkan ekonomi masyarakat. Saya kira positif itu untuk diskon ini. Jadi perang diskon masing-masing sah-sah saja diantara masing-masing usaha dan segala macam untuk diakhir tahun. Dan momen itu bisa dilakukan. Pelaku ekonomi memang mencari momen-momen seperti itu. Itu bagus-bagus saja, baik untuk Pelaku Usaha maupun masyarakat. Itu positif saja. Sepanjang itu tadi, benar-benar diskon,” ungkap Ali.

Disebutkan, satu sisi arahnya memang konsumtif. Tapi kalau daya beli masyarakat masih kurang, tidak bisa dipaksa konsumtif. Karena masyarakat sekarang selektif tentang hal-hal seperti itu.

“Bijaklah mengatur ekonomi mereka. Apalagi dalam kondisi ekonomi yang sekarang lagi bermasalah untuk masyarakat. Dia pasti untuk diskon seperti itu selektif. Mana yang benar-benar dibutuhkan. Mana enggak. Saya kira masyarakat cerdas,” tegas Ali.

Diakuinya, situasi sekarang ini susah ditebak. Apalagi ada isu Omicron, virus Covid varian baru yang mulai merebak dan terus berkembang, yang menimbulkan rasa ketakutan. Sehingga dalam kondisi seperti ini, masyarakat menurutnya, lebih hati-hati dan tidak mau terulang seperti kemaren ketika Delta meledak, kemudian semua sektor usaha ditutup, melakukan kegiatan PSPB dan segala macam, ekonomi seperti lumpuh dan PHK di sana-sini. Masyarakat agar bijak menyikapinya dan tidak serta merta dihabiskan untuk mengejar diskon, tapi kemudian menjadi masalah buat sendiri. (juns)

Kalsel

Banjarmasin2 jam ago

Pesan Dandim Saat Hadiri Pengukuhan Paskibra : Laksanakan Tugas Mulia Dengan Penuh Tanggung Jawab

BalainNews.com, BANJARMASIN – Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Banjarmasin tahun 2022 dikukuhkan melalui Upacara Pengukuhan yang diselenggarakan di Aula Kayuh...

Banjarmasin2 jam ago

Meriahkan HUT RI Ke-77, Satgas TMMD Kodim 1007/Banjarmasin Adakan Berbagai Lomba Tingkat Sekolah Dasar

BalainNews.com, BANJARMASIN  –  Meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 77 tahun, Tim Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun...

Banjarmasin2 jam ago

Perpustakaan Pal 6 Terima Kunjungan FAD Kalsel Dan Warnai Kebersamaan Dengan Fashion Week

BalainNews.com, BANJARMASIN – Forum Anak Daerah (FAD) Provinsi Kalimantan Selatan sebagai Pelaku yang langsung mengajak adik-adik untuk bermain, membaca dan...

Banjarmasin4 jam ago

Bibit Buah Bantuan Dari Wasev Mabes TNI Untuk Warga Kampung Sungai Gampa

BalainNews.com, BANJARMASIN –  Kedatangan Tim Wasev Mabes TNI yang dipimpin Kolonel Inf Danny Alkadrie beberapa hari yang lalu membawa berkah...

Banjarmasin7 jam ago

Workshop Kurikulum Merdeka Bagi Kepala dan Guru TK ABA Se Kalimantan Selatan

BalainNews.com, BANJARMASIN – Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Anak Usia Dini, perubahan kurikulum yang baru saja dilaunching oleh Menteri Nadiem Makarim...

Banjarmasin8 jam ago

Wakapolda Kalsel Beri Arahan Saat Apel Pagi Pimpinan

BalainNews.com, BANJARMASIN – Apel merupakan kewajiban bagi setiap anggota Polri, selain untuk mendengar arahan pimpinan dan pengecekan personel, Apel Pagi...

Banjarmasin1 hari ago

Sinergitas TNI/Polri Dan Masyarakat Di TMMD Ke-114 Kodim 1007/Banjarmasin

BalainNews.com, BANJARMASIN  –  Semangat gotong royong ditunjukkan antara TNI, Polri dan masyarakat saat pelaksanaan renovasi rumah Syarifah Riyanah (46) warga...

Banjarmasin1 hari ago

Pentingnya Kehadiran Penerangan Kodim 1007/Banjarmasin Dalam TMMD Ke-114 Di Sungai Gampa

BalainNews.com, BANJARMASIN – Tim Pendim adalah personel yang bertugas mendokumentasikan suatu kegiatan yang mana kegiatan tersebut ada unsur TNI-nya. Selain...

Banjarmasin2 hari ago

Mengajarkan Bersepeda, Cara Praka Gatot Melakukan Pendekatan Kepada Anak – Anak

BalainNews.com, BANJARMASIN  –  Keakraban satgas TMMD Sungai Gampa tak hanya dengan orang dewasa, tapi anak-anak juga menjadi bagian penting bagi...

Banjarmasin2 hari ago

Dandim 1007/Banjarmasin Berikan Semangat Kepada Personil Satgas TMMD

BalainNews.com, BANJARMASIN  –  Kegiatan TMMD ke-114 Kodim 1007/Banjarmasin hingga saat ini terus berlangsung, Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus didampingi...

Populer