Perang Diskon Tutup 2021 Dan buka Lembaran 2022 – Balain News
Connect with us

Banjarmasin

Perang Diskon Tutup 2021 Dan buka Lembaran 2022

Published

on

Balainnews.com, BANJARMASIN – Sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Kalimantan Selatan, Advokat Senior Dr H Fauzan Ramon SH MH menyatakan, untuk kegiatan diskon yang diberikan pada Hari Besar (Keagamaan maupun Nasional) maupun Tahun Baru, disambut positif.

“Kita menyambut positif kalau memang itu dilakukan dengan sebenarnya. Yang kita pantau, yang kita awasi ini pelaku-pelaku usaha yang menggunakan kesempatan untuk memetik hasil yang lebih banyak,” ungkap Fauzan, Pendiri dan Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Kalimantan Selatan.

Fauzan berharap Instansi terkait Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan termasuk Kepolisian, jangan sampai kegiatan diskon ada efek penipuan. Karena masyarakat selaku konsumen selalu dirugikan.
Selain memantau perang diskon yang terjadi, juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang dirugikan.

“Kita memantau dan juga membantu pihak-pihak yang merasa dirugikan oleh pelaku usaha, baik mall maupun hotel yang merugikan para konsumen dan membantu untuk melakukan laporan secara pidana ataukah secara perdata. Karena dilindungi Undang-undang,” tegas Fauzan, yang menyebutkan kantornya di jalan Adhyaksa no. 15 Kayu Tangi Banjarmasin, dekat Uniska Banjarmasin.

Laporan masyarakat masih belum dan masih ditunggu pihaknya.

Untuk DPRD Kalsel maupun yang ada di Kota dan Kabupaten di wilayah Kalsel, Fauzan minta agar memperhatikan hal ini. Karena mereka mewakili rakyat. Dinas Perdagangan Kalsel bersama jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalsel beserta Jajarannya di berbagai Kabupaten dan Kota di Kalsel, diminta untuk melakukan pemantauan untuk kepentingan masyarakat, kepentingan konsumen.

Sedangkan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen yang ada di Banjarmasin, yang mana Fauzan Wakil Ketua di lembaga ini dari perwakilan konsumen, menghimbau masyarakat yang dirugikan untuk tidak ragu melaporkannya dan tidak dipungut biaya apapun.

Untuk BPSK selama ini banyak menangani persoalan perkreditan mobil dan rumah. Rumah yang kontraknya 10 dan 15 tahun mewarnai laporan yang masuk ke BPSK. Sedangkan roda dua sebagian. Untuk jumlah pengaduan setiap tahun juga meningkat.

“Meningkat dalam artian kesadaran masyarakat. Karena mereka (masyarakat) merasa dirugikan, dibodohi, dicurangi, mereka menggunakan hak untuk melaporkan ke YLKI maupun BPSK. Ada yang dari Barabai, Amuntai dan Kandangan,” Fauzan menyebutkan.

Dikatakan, keberadaan BPSK tergantung dari Pemerintah Daerah.

“Saya sarankan untuk Benua Enam itu ada. Apakah dl Barabai atau di Kandangan. Karena dia tidak jauh untuk ke Banjarmasin. Kalau untuk Tanah Laut, Kotabaru dan Tanah Bumbu, itu sebenarnya harus ada. Saya usulkan nanti setelah Tahun Baru menyampaikan kepada seluruh Kabupaten dan Kota, Bupati dan Walikota, termasuk Gubernur, ini harus ada di tiap daerah,” jelas Fauzan.

Dikatakan, majunya Kalimantan Selatan, terutama sembilan bahan pokok berhubungan langsung dengan masyarakat, diharapkan dapat terlindungi.

“Banyak terjadi beras oplosan, oli oplosan. Banyak (terjadi). Siapa lagi yang membantu. Jadi itu biasanya (berdirinya BPSK tergantung Bupati maupun Walikota,” pungkasnya.

Sedangkan Ali Asrori, SAg MM., Direktur ASMI Cinus Banjarmasin, menganggap diskon bagus-bagus saja. Karena itu menurutnya, untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Katanya, mereka berbondong-bondong untuk membeli barang-barang seperti kebutuhan  dan lain sebagainya. Mereka bisa menjadi penggerak ekonomi kita.

“Tapi ya hati-hati, diskon itu harus diskon beneran. Jangan diskon semu. Katakanlah harganya 100 dinaikkan jadi 150, diskon sekian. Padahal harganya naik. Kita harapkan diskon itu benar-benar diskon. Itu bisa menggerakkan ekonomi masyarakat. Saya kira positif itu untuk diskon ini. Jadi perang diskon masing-masing sah-sah saja diantara masing-masing usaha dan segala macam untuk diakhir tahun. Dan momen itu bisa dilakukan. Pelaku ekonomi memang mencari momen-momen seperti itu. Itu bagus-bagus saja, baik untuk Pelaku Usaha maupun masyarakat. Itu positif saja. Sepanjang itu tadi, benar-benar diskon,” ungkap Ali.

Disebutkan, satu sisi arahnya memang konsumtif. Tapi kalau daya beli masyarakat masih kurang, tidak bisa dipaksa konsumtif. Karena masyarakat sekarang selektif tentang hal-hal seperti itu.

“Bijaklah mengatur ekonomi mereka. Apalagi dalam kondisi ekonomi yang sekarang lagi bermasalah untuk masyarakat. Dia pasti untuk diskon seperti itu selektif. Mana yang benar-benar dibutuhkan. Mana enggak. Saya kira masyarakat cerdas,” tegas Ali.

Diakuinya, situasi sekarang ini susah ditebak. Apalagi ada isu Omicron, virus Covid varian baru yang mulai merebak dan terus berkembang, yang menimbulkan rasa ketakutan. Sehingga dalam kondisi seperti ini, masyarakat menurutnya, lebih hati-hati dan tidak mau terulang seperti kemaren ketika Delta meledak, kemudian semua sektor usaha ditutup, melakukan kegiatan PSPB dan segala macam, ekonomi seperti lumpuh dan PHK di sana-sini. Masyarakat agar bijak menyikapinya dan tidak serta merta dihabiskan untuk mengejar diskon, tapi kemudian menjadi masalah buat sendiri. (juns)

Sebarkan

Kalsel

Banjarmasin12 jam ago

Kampanyekan Gerakan Gaya Hidup Sehat dan Pelestarian Lingkungan, Bank Kalsel Luncurkan Event AKSEL Virtual Run 2024

BalainNews.com, BANJARMASIN – Dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-74, Bank Kalsel meluncurkan AKSEL Virtual Run 2024 bertajuk...

Banjarmasin1 hari ago

High Level Meeting Collecting Agent dan Penyaluran KUR, Bank Kalsel Raih Dua Penghargaan

BalainNews.com, BANJARMASIN – Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar High Level Meeting Collecting Agent dan Penyaluran KUR Semester 1...

Banjarmasin2 hari ago

Pemprov Kalsel Gelar Bimtek Penanganan Kawasan Permukiman

BalainNews.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi menggelar Bimbingan Teknis Penanganan Kawasan...

Banjarmasin2 hari ago

Akselerasi KUR dan Implementasi Transaksi Digital Pemerintah Dalam Mendukung Perekonomian Kalsel

BalainNews.com, BANJARMASIN – Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan High Level Meeting Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Collecting...

Banjarmasin3 hari ago

Peringatan Hari Pengayoman 2024, Paman Birin Bakal Pimpin Penyerahan Remisi Kemenkumham

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin menerima kunjungan pejabat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM...

Banjarbaru4 hari ago

Penerbangan Haji Selesai, Kloter Terakhir Tiba di Bandara Syamsudin Noor

BalainNews.com, BANJARBARU – Kloter terakhir rombongan jamaah haji Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah telah tiba dengan selamat di Bandara Syamsudin...

Kalsel4 hari ago

Paman Birin Bagikan Hadiah Umrah Jalan Sehat Islami dan Karnaval Haplah Ponpes Hidayatullah Martapura

BalainNews.com, BANJAR – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melepas para santri dan santriwati dalam acara Pelepasan...

Banjarbaru5 hari ago

Pelantikan KBB Provinsi Bali, Paman Birin dan Acil Odah Disambut Antusias Warga Banjar

BalainNews.com, DENPASAR – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin yang juga Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar(KBB) Sa’dunia melantik...

Banjarmasin6 hari ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Rombong Barakah kepada UMKM Penjual makanan Nasi Pundut dan Buras

BalainNews.com, BANJARMASIN – Saat ini Afriani berjualan nasi pundut dan buras beralamat di KM. 6 samping kantor Samsat Banjarmasin, kondisi...

Banjarbaru1 minggu ago

Paman Birin dan Acil Odah Pimpin Pencanangan PIN Polio di Provinsi Kalsel

BalainNews.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, dan...

Populer