PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin Tingkatkan Layanan Untuk Banjarmasin Barat – Inovasi, Kreatif dan Aktual
Connect with us

Banjarmasin

PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin Tingkatkan Layanan Untuk Banjarmasin Barat

Published

on

Manager Aset PDAM Bandarmasih, Ali Fathir. (Foto/Juns).

BalainNews.com, BANJARMASIN – PDAM Bandarmasih tidak tinggal diam, terus kejar dan bergerak untuk meningkatkan pelayanan air di wilayah Banjarmasin Barat.

Manager Aset Ali Fathir menyampaikan, pihaknya terus berusaha tingkatkan pelayanan di Banjarmasin Barat dengan berencana mengganti pipa diameter 630 milimeter dengan 800 milimeter.

Proses pemasangan tersebut masih pada tahap perencanaan dan perizinan dengan balai jalan nasional. Pihak Balai Jalan Nasional dapat menerima perencaan tersebut apabila PDAM Bandarmasih melakukan penggalian dengan teknologi HDD (Horizontal Directional Drilling) dan bukan galian terbuka.

Teknik HDD memang jauh lebih efisien dibandingkan metode galian terbuka, dikarenakan hanya melakukan pengeboran jalan pada satu titik dan akan muncul di titik ujung, sehingga akan menimbulkan dua buah lubang saja pada jalan. Pihak balai menyarankan agar PDAM Bandarmasih juga melakukan koordinasi dengan Dinas perhubungan, pihak kepolisian lalu lintas agar dapat memprediksi hal-hal yang dapat menimbulkan kemacetan. Hal tersebut dilakukan karena mengingat jalan yang cukup sempit dari Ahmad Yani hingga Jembatan Dewi.

PDAM Bandarmasih berkomitmen untuk menjaga kenyamanan masyarakat dalam berkendara sehingga pihaknya melakukan pekerjaan pada malam hari pukul sepuluh malam hingga empat dini hari.

Seperti yang telah direncanakan, pada Kamis 27 Januari 2022 lalu, PDAM Bandarmasih khususnya tim Legal melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan, Kepolisian Lalu Lintas, Balai Jalan Nasional, Fendor Pengguna Utilitas untuk koordinasi terlaksananya pemasangan pipa air baku dan melengkapi konsultasi terkait pergantian pipa di Sutoyo S.

Pihaknya mengaku juga menghadirkan pihak kejaksaan dalam pertemuan tersebut.

“PDAM Bandarmasih sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan Kejaksanaan dengan adanya MoU yang direalisasikan pada Rabu 26 Januari 2022,” beber Ali.

Kondisi ini memang menjadi dilema, dimana PDAM Bandarmasih memiliki tujuan yang baik memenuhi masyarakat akan air bersih, sedangkan Balai Jalan Nasional berusaha menjaga jalan agar tetap dalam kondisi baik yang juga tidak kalah pentingnya. Maka kedua hal tersebut sebenarnya “beda-beda tipis”, dan tujuannya pun sama yakni demi kebaikan, tak ada jalan terbaik selain solusi menang-menang alias win-win solution. Dengan kata lain kita dapat berjalan beriringan, simultan.

“Kami juga berusaha memikirkan bagaimana caranya masyarakat terlayani air minum dan kondisi jalan tidak terlalu terdampak,” ucap Ali, Jum’at (28/1/2022).

Pada saat konsultasi awal yang dilakukan oleh PDAM Bandarmasih dengan pihak balai yang juga dihadiri oleh direktur operasional. Pihak balai pernah mempertanyakan mengapa di wilayah banjarmasin barat tidak dibuat instalasi pengolahan air saja daripada harus mengganti perpipaan yang harus melalui penggalian jalan.

Pihak PDAM Bandarmasih telah menjelaskan pula bahwa tidak memungkinkannya untuk membuat IPA (Instalasi Pengolahan Air) di wilayah tersebut dikarenakan terbatasnya ketersediaan lahan dan beberapa hal lainnya, sehingga yang paling possible adalah pemasangan pipa distribusi dengan diameter 800 milimeter.

Setelah dilakukannya koordinasi pada kamis lalu, telah ada hasil rembukan dengan instalasi terkait yang dijembatani oleh pihak kejaksaan.

“Telah kita lakukan pembicaraan demi kesejahteraan masyarakat luas,” tambahnya.

PDAM Bandarmasih mengaku tidak akan menyerah terhadap perizinan. Sesulit apapun itu pihaknya akan terus berusaha memenuhinya agar dapat merealisasikan kelancaran distribusi air untuk Banjarmasin Barat.

“Kalau kami mentok sampai disini maka pelanggan terus mengalami gangguan air, sedangkan pelayanan Banjarmasin Barat merupakan salah satu prioritas yang harus kami tingkatkan,” ungkapnya.

Pemasangan pipa untuk suplai air ke Banjarmasin Barat masih dalam proses perencaan. Pihak PDAM Bandarmasih lakukan perizinan terlebih dahulu agar saat pelaksanannya tidak terkendala hal-hal terkait perizinan lagi.

Dia mengakui, untuk pendistribusian air ke Banjarmasin Barat ada pipa 800 milimeter sisi kanan menghadap Jembatan Dewi, dan pipa 400 milimeter sebelah kiri yang menyuplai air ke booster S. Parman, dikarenakan pipanya telah HDPE (High Density Polyethylene) maka tidak akan diganti. Berbeda dengan pipa sebelah kanan yang sudah berumur dan banyak titik bocor sehingga harus diganti.

PDAM Bandarmasih berharap agar bapak/ibu pelanggan dapat memberikan dukungan, pihaknya tidak tinggal diam menyangkut peningkatan layanan air.

“Mohon dukungan Bapak/Ibu, sedikit banyaknya dapat membantu pengambilan keputusan atau bahan pertimbangan pihak balai jalan nasional agar bisa menyukseskan pemasagan pipa ini. Sehingga kita dapat memperoleh izin, kita dapat tingkatkan pelayanan untuk wilayah terujung seperti kuin, pertamina, trisakti, rawasari dan lainnya,” terangnya.(juns/Nda)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kalsel

Daerah14 jam ago

Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri, Danrem 101/Antasari Kunjungi Polres HSS

BalainNews.com, KANDANGAN – Brigjen TNI Rudi Puruwito, S.E. yang menjabat sebagai Komandan Korem 101/Antasari sejak tanggal 2 Februari 2022, melaksanakan kunjungan...

Daerah14 jam ago

Tingkatkan Moril, Danrem 101/Antasari Sapa Dan Motivasi Prajurit Kodim 1003/HSS

BalainNews.com, KANDANGAN – Agenda kunjungan kerja yang lama sudah direncanakan oleh Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, S.E. sejak dilantik...

Daerah14 jam ago

Tingkatkan Sinergitas, Bupati HSS Sambut Baik Kehadiran Danrem 101/Antasari

BalainNews.com, KANDANGAN – Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, S.E. melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan,...

Banjarbaru16 jam ago

Sambut Hari Lingkungan Hidup, DLH Prov. Kalsel Konsolodasi Bersama Satgaslak Program Sungai Martapura Asri Via Zoom Meeting

BalainNews.com, BANJARBARU – Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tanggal 5 Juni, Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan konsolidasi bersama...

Banjarmasin18 jam ago

Lanal Banjarmasin Gelar Latihan Menembak, Asah Kemampuan Naluri Tempur

BalainNews.com, BANJARMASIN – Dengan terapkan protokol kesehatan yang ketat, bertempat di lapangan tembak Lanud Syamsudin Noor Kota Banjarbaru Prov. Kalsel,...

Banjarmasin1 hari ago

Usai Ujian Sekolah, Para Pelajar SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin Ikuti Ujian Praktek

BalainNews.com, BANJARMASIN – Kegiatan Ujian Sekolah di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin kata Kepala Sekolah Jumansyah SPd, mulai 17 sampai 24...

Banjarmasin2 hari ago

Layanan Samkel Samsat Banjarmasin Dua Di Taman Edukasi Futa Mall Dan Pengembangan Layanan Hingga Melalui Kapal Samkel Di Pasar Terapung Menara Pandang

BalainNews.com, BANJARMASIN – UPPD Samsat Banjarmasin Dua Kayu Tangi Banjarmasin terus berupaya memberikan kemudahan kepada para Wajib Pajak dan Jajaran itu...

Banjarmasin2 hari ago

Penyertaan Modal Ke Bank Kalsel Tidak Berubah

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan H Supian HK memastikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang...

Banjarmasin2 hari ago

Bank Kalsel Kembali Raih Top Number 1 Best Choice Award

BalainNews.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel kembali membuktikan reputasinya sebagai salah satu Bank Pembangunan Daerah terbaik di Indonesia, yang mana dalam...

Banjarmasin3 hari ago

Aktivitas Jelang Ibadah Qurban Masyarakat

BalainNews.com, BANJARMASIN – Aktifitas masyarakat dalam persiapan Idul Qurban di Hari Raya Idul Adha 10 Dzhulhijjah 1443 Hijriyah atau tahun 2022,...

Populer