Kinerja Pelaksanaan APBN Dan Peran Kementerian Keuangan Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Bulan Januari Tahun 2022 – Balain News
Connect with us

Banjarmasin

Kinerja Pelaksanaan APBN Dan Peran Kementerian Keuangan Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Bulan Januari Tahun 2022

Published

on

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel Sulaimansyah. (Foto/Istimewa).

BalainNews.com, BANJARMASIN – Kondisi perekonomian Kalimantan Selatan memasuki bulan Januari 2022 masih memperlihatkan prospek pemulihan perekonomian yang terus berlanjut. Pertumbuhan ekonomi regional secara tahunan (yoy) menunjukkan angka yang cukup menggembirakan yaitu 5,55 %.

Dalam kegiatan Media Briefing
Perkembangan APBN Kalimantan Selatan sampai dengan 31 Januari 2022, Kamis (24/2 2022), Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel Sulaimansyah menyebutkan, pada bulan Januari 2022 , kasus Covid 19 gelombang ke tiga di Kalimantan Selatan menunjukkan indikasi yang meningkat.

Menurut Sulaimansyah, dibandingkan
dengan varian delta, varian ini mempunyai daya penularan yang lebih tinggi namun menunjukkan dampak terhadap kesehatan (severity) yang lebih ringan.

“Oleh karenanya kita masih memiliki
harapan besar bahwa kegiatan perekonomian tidak terganggu dan tetap bergerak ke arah kondisi yang semakin baik,” ungkapmya.

Hal tersebut katanya, dapat dicapai dengan syarat seluruh masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan untuk menghindari risiko penularan Covid 19 yang sekeci-kecilnya.

Sedangkan membaiknya kondisi perekonomian Kalimantan Selatan pada bulan Januari 2022, tercermin dari pengaruhnya pada kondisi fiskal regional. Ini terlihat dari jumlah pendapatan negara yang berhasil dihimpun selama bulan Januari 2022 yang menunjukkan
angka sebesar Rp.1,07 Trilyun. Jumlah tersebut meningkat sebesar 47,42 % dari periode yang sama tahun yang lalu dengan selisih lebih tinggi sebesar Rp. 344,58 Milyar.

Sementara itu disisi belanja negara pada bulan Januari 2022 di wilayah Kalimantan Selatan sudah dicairkan dana sebesar Rp. 1,57 Trilyun. Angka realisasi belanja tersebut lebih rendah Rp. 120,71 milyar dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021 atau turun sebesar 36,55 %.

PENDAPATAN NEGARA
Capaian pendapatan negara di wilayah Kalimantan Selatan sangat dipengaruhi fluktuasi kegiatan perekonomian regional dan harga komoditas international. Sampai dengan 31 Januari 2022, kondisi perekonomian masih menunjukkan tren positif. Ini ditandai dengan kinerja pendapatan negara mencapai Rp.1.071,26 miliar atau 10,09 % dari target, tumbuh lebih tinggi sebesar 47,42 % dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun 2021, atau meningkat sebesar Rp.344,58 miliar.
Realisasi penerimaan perpajakan hingga akhir Januari 2022 telah mencapai Rp.977.77 miliar atau 10.05 % dari target APBN 2022 sebesar Rp 9.727,32t miliar. Realisasi penerimaan pajak tersebut tumbuh sebesar 50,51 % (y-o-y). Sedangkan realisasi penerimaan Kepabeanan dan Cukai telah mencapai Rp.70,40 % miliar hingga akhir Januari 2022 atau mencapai 42,18 % dari target yang ditetapkan. Sementara itu realisasi pendapatan negara yang berasal dari PNBP di wilayah Kalimantan Selatan mencapai nilai Rp 93,29 miliar atau 10,45 % dari target.

BELANJA NEGARA
Realisasi belanja negara sampai dengan bulan Januari 2022 mencapai Rp.1.570,18 miliar atau 6,29 % dari pagu. Terjadi penurunan sebesar 36,55 % dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun 2021, yaitu sebesar Rp.1.885,56 miliar. Untuk Belanja Pemerintah Pusat tercatat realisasi sebesar Rp.209,54 miliar (2,59 %
pagu), turun 17,72 % dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun 2021 yang mencapai Rp 330,24 miliar. Penurunan kinerja realisasi Belanja Pemerintah Pusat tersebut utamanya dipengaruhi oleh tidak adanya realisasi belanja modal pada awal tahun 2022 sebagai kelanjutan kegiatan yang bersifat multi years. Untuk itu kepada seluruh satuan kerja pengelola dana APBN agar segera melakukan review atas alokasi yang ada, menyusun rencana kegiatan dan rencana penarikan dana, serta melaksanakannya dengan konsisten. Proses lelang pengadaan barang dan atau jasa supaya disegerakan. Lakukan koordinasi intensif dengan K/L-nya untuk segera
diberikan petunjuk teknis (juknis) bagi kegiatan yang memerlukan juknis.

Untuk penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Kalimantan Selatan sampai dengan akhir Januari 2022 tercatat sebesar Rp 1.360,64 milyar atau 8,05 % dari pagu. Bila dibandingkan realisasi tahun lalu, terjadi penurunan sebesar 12,52 % (yoy) yang disebabkan belum terpenuhinya dokumen persyaratan oleh Pemda dari berbagai jenis TKDD serta turunnya pagu TKDD dibandingkan tahun yang lalu.

Sehubungan hal ini, Sulaimansyah menegaskan, apa yang ditransfer ke daerah, segera digunakan dimanfaatkan sesuai dengan program APBD yang ada, sehingga dapat segera mendorong pertumbuhan ekonomi. Tapi kalau itu tidak segera. Tertahan uangnya. Itu yang diminta oleh pihaknya, dan akan memantau setiap bulan itu.

“Mudah-mudahan semakin lama semakin turun. Walaupun mungkin ada beberapa Pemda yang menjaga itu sampai 3 bulan kedepan. Dijaga. Jangan sampai nanti ketika dibutuhkan tidak ada anggaran yang ada. Saya kira itu indikasi awal saja. Sekitar 605 milyar rupiah di Kalsel secara keseluruhan yang belum digunakan oleh Pemda untuk percepatan pertumbuhan ekonomi,” kata Sulaimansyah.

Untuk penyaluran Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Umum (DAU) sampai
dengan bulan Januari 2022 masing-masing telah mencapai Rp 731,27 miliar (16,99 % pagu) dan Rp. 624,01 miliar ( 8,33 % ).

“Yang belum dipergunakan yang paling terbesar Dana Bagi Hasil (DBH) ini belum dipergunakan oleh daerah-daerah. Penerima DBH yang Paling tinggi seperti Balangan dan Tanah Bumbu,” Sulaimansyah menjelaskan.

Sementara itu untuk penyaluran DAK Fisik dan Non Fisik sampai dengan akhir bulan Januari 2022 di wilayah Kalimantan Selatan belum ada penyaluran dana, karena masih dalam tahap persiapan.

Sedangkan penyaluran Dana Desa wilayah Kalimantan Selatan baru mencapai Rp 5,36 miliar atau sebesar 0,38 % dari pagu. Realisasi tersebut lebih rendah dari periode yang sama tahun yang lalu yang dapat mencairkan dana desa senilai Rp.8,32 milyar. Untuk itu kepada Pemda agar Segera koordinasi intensif dengan K/L pengampu
untuk Dak Fisik dan Non Fisik yang memerlukan petunjuk teknis Segera memenuhi persyaratan penyaluran Dak Fisik, Dak Non Fisik dan Dana Desa. Lakukan koordinasi internal di Pemda untuk persiapan pemenuhan persyaratan penyaluran sesuai kewenangan.

“Dana Desa tolong segera didorong. Pemda untuk segera mencairkan. Termasuk DAK Fisik. Dak Fisik malah belum ada yang bisa dicairkan. Hampir semua. Tanbu sudah cair sekitar 20 desa. Tapi berdasarkan tren sebelumnya sekitar itu,” ungkap Sulaimansyah.

ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH
Total penyerapan belanja APBD lingkup Kalimantan Selatan sampai akhir Januari 2022 sebesar 2,03 persen atau Rp 517,48 milyar dari total pagu Rp. 25.509,68 milyar. Sedangkan realisasi pendapatan mencapai 5,09 % dari pagu yaitu sebesar Rp. 1.182,9 milliar dari target sebesar Rp. 23.237 milyar.

KREDIT PROGRAM
Selama bulan Januari 2022, Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah disalurkan sebesar Rp. 349,7 milyar untuk 8.553 debitur yang berada di wilayah Kalimantan Selatan. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu ada peningkatan penyaluran kredit sebesar Rp. 101, 4 milyar. Sektor terbesar penerima kredit adalah sektor perdagangan besar dan eceran disusul sektor pertanian, peburuhan dan kehutanan yang masing-masing memperoleh penyaluran kredit
sebesar Rp. 168,7 milyar dan Rp. 115, 2 milyar.

Skema terbesar penerima KUR adalah skema mikro dengan jumlah debitur terbanyak berjumlah 7.069 debitur yang memperoleh kucuran kredit sebesar Rp. 227,0 milyar. Sedangkan wilayah yang paling banyak menerima KUR selama periode Januari 2022 adalah Kota Banjarmasin dengan penyaluran kredit sebesar Rp. 51,7 milyar.

Sedangkan untuk penyaluran kredit UMi di wilayah Kalimantan Selatan, selama bulan Januari 2022 telah diberikan pinjaman kepada 637 debitur dengan nilai sebesar Rp. 2,32 milyar.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun yang lalu, terjadi penurunan nominal penyaluran sebesar Rp. 2,52 milyar.

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan Sulaimansyah mengatakan, Pembinaan UMKM banyak dilakukan, termasuk oleh Berbagai Instansi dalam lingkup Kementerian Keuangan dan perannya diharapkan bisa disinergikan.

“Sehingga UMKM lebih cepat lagi naik kelas dan bisa mengembangkan usahanya. Dari Ditjen Pajak dalam segi intensif perpajakannya. Bea Cukai untuk insentif impornya dan mendukung ekspornya. Dari Perbendaharaan dari sisi Pembiayaan KUR, UMI dan dari sisi keikutsertaannya dalam mensupport belanja Pemerintah. DJKN juga memulai dengan lelang untuk pemasarannya,” ungkap Sulaimansyah.

Lembaga penyalur kredit tertinggi adalah Koperasi Mitra Dhuafa yang menyalurkan kredit sebesar Rp.1,42 milyar. Sedangkan wilayah domisili debitur yang paling besar menerima kredit UMi berada di Kabupaten Tanah Laut dengan total kredit yang disalurkan sebesar Rp. 343, 3 juta selama periode Januari 2022.(juns)

Sebarkan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalsel

Kalsel2 hari ago

Haul Akbar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Ke-218, Paman Birin : Bersyukurnya Banua Memiliki Datu Kalampayan

BalainNews.com, MARTAPURA – Sejak pagi, hujan mengguyur sebagian Kabupaten Banjar, termasuk lokasi acara peringatan haul ke 218 Datu Kalampayan di...

Kalsel2 hari ago

Dari Kediaman Pribadi, Paman Birin Bersama Ulama Dan Habaib Menuju Haul Datu Kalampayan

BalainNews.com, MARTAPURA – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, membuka pintu kediaman pribadinya di Jalan Kertak Baru, Kampung...

Kalsel2 hari ago

Haul Datu Kalampayan Ke-218, Paman Birin Dan Acil Odah Hadir Membaur Bersama Jamaah

BalainNews.com, MARTAPURA – Banyak masyarakat dari berbagai pelosok Kalimantan Selatan menghadiri peringatan haul ke-218 Datu Kalampayan atau Syekh Muhammad Arsyad...

Kalsel2 hari ago

Sambut Jamaah Haul Akbar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, Paman Birin Dan Acil Odah Sediakan Warung Dan BBM Gratis

BalainNews.com, MARTAPURA – Pelaksanaan Haul Akbar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan ke-218 yang dilaksanakan hari ini, Senin (15/04)...

Banjarmasin2 hari ago

Lantik PDK Kerukunan Bubuhan Banjar Sa’Dunia, Paman Birin : Terus Eratkan Kebersamaan Warga Banjar Di Seluruh Tanah Air

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ketua Umum/Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar Sa’Dunia, H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Umum KBB Sa’Dunia,...

Banjarmasin4 hari ago

Halalbihalal YN’S Center, Paman Birin Hadiahkan Umroh 2 Warga Banjarmasin

BalainNews.com, BANJARMASIN – Yayasan Yuni Abdi Nur Sulaiman (YN’S) Center menggelar halalbihalal di kediaman keluarga besar Abdussamad Sulaiman di Kampung...

Banjarmasin5 hari ago

Paman Birin dan Acil Odah Gelar Halalbihalal Dengan Jajaran Puskesmas

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah,...

Banjarmasin7 hari ago

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Gelar Open House Selepas Sholat Ied Di Mahligai Pancasila

BalainNews.com, BANJARMASIN – Usai Sholat Ied, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin beserta keluarga menggelar Open House menyambut...

Banjarmasin7 hari ago

Paman Birin Bersama Keluarga Dan Ribuan Masyarakat Sholat Ied Di Masjid Sabilal Muhtadin

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin beserta keluarga, mengikuti sholat Idul Fitri 1445 H, digelar...

Banjarbaru2 minggu ago

Bergerak Bangun Banua, Gubernur Lantik CPNS Dan PPPK Pemprov Kalsel

BalainNews.com, BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor melantik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian...

Populer