Adhi Surya Said Sangat Siap Jadi Ketua Umum Kadin Kalsel 2022-2027 – Balain News
Connect with us

Banjarmasin

Adhi Surya Said Sangat Siap Jadi Ketua Umum Kadin Kalsel 2022-2027

Published

on

Deklarasi Caketum KADIN  Kalsel 2022-2027 di Citra Land, Jum’at 4 Februari 2022. (Foto/Istimewa).

BalainNews.com, BANJARMASIN – Deklarasi Caketum KADIN  Kalsel 2022-2027 di Citra Land, Jum’at 4 Februari 2022,

Atur-Akur-Sukses (AA Surya), Bismillahirohmannirohim,

Dengan ini saya Adhi Surya Said menyatakan diri maju untuk menjadi Calon Ketrua Umum Kadin Provinsi Kalimantan Selatan, Periode 2022-2027.

Mohon Do’a dan Bantuan dari semua pihak, demi terwujudnya kemakmuran Umat di Banua.

Alhamdulillah ya Muhammad hak-Mu ya Allah.

Inilah catatan mulai langkah dari Ir Adhi Surya Said ST MT, menuju ke kursi Kadin Kalsel.

Visi & Misi New Kadin Kalsel 2022-2027.

Visi  :

–       Membangun dan Mensinergikan Banua untuk Kemakmuran Umat melalui Pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) dan Potensi Wilayah .

–       Menjadikan Kadin Kalsel sebagai Organisasi Ekonomi yang Profesional dan Handal untuk Menghadapi Tantangan Perdagangan Dunia di Era Digital 4.0 serta sebagai Poros Tengah Organisasi Ekonomi di Kalimantan, karena Kalsel sebagai Pintu Gerbang Nasional (PGN) menuju Ibukota Negara Indonesia (IKN).

–       Menjadikan Kadin Kalsel sebagai Organisasi Ekonomi yang berperan aktif bersama Pemerintah dalam menghadapi Pandemi Covid 19.

Misi :

–       Membangun 1000 Pengusaha Baru pertahun.

–       Mencetak Tenaga Kerja Baru yang bersertifikasi  BNSP melalui LSP KADIN KAlSEL, berkolaborasi dengan BLK KALSEL .

–       Mensinergikan Potensi Wilayah di 13 Kota/Kabupaten dan Regional Kalimantan.

–       Membentuk Pasar Regional, Nasional dan Internasional, termasuk Pasar Digital.

–       Mensukseskan Vaksin Covid 19 yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah, untuk menjadikan Masyarakat Sehat dari penyakit Covid 19.

–       Menggunakan Flat Form dan Aplikasi Digital 4.0 dalam setiap aktifitas kegiatan Organisasi Kadin Kalsel.

Dalam langkah-langkah itu, kata Adhi Surya, Jum’at (18/3/2022), dirinya berkonsultasi dan berkoordinasi dengan KADIN yang ada di 13 Kota dan Kabupaten se Kalsel yang memiliki suara di Musprov dan bersilaturahmi dengan Para Pemangku Kekuasaan seperti Paman Birin (Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor) dan Wakil Gubernur (H Muhidin), Sekda Provinsi Kalsel, dan para teman Pengusaha lainnya seperti Apindo dan berbagai Asosiasi lainnya, termasuk juga dengan Masyarakat.

Kalau terpilih menjadi Ketua Umum KADIN Kalsel periode 2022-2027 dengan Visi membangun dan Mensinergikan Banua Untuk Kemakmuran Umat, Melalui Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Potensi Wilayah 13 Kota dan Kabupaten, dalam hal ini Kalsel.

Target indikator untuk mencapai dengan Misi, yaitu Membangun atau Menerbitkan Seribu Pengusaha Baru PT atau CV dalam satu tahun dan Satu Juta UMKM dalam satu tahun.

Selain itu, menciptakan Pasar Lokal, Regional, Nasional dan Internasional.

“Pasar di sini ada Pasar Tradisional, Pasar Modern, termasuk juga Pasar Modal yaitu Valas, termasuk Pasar Digital 4.0 Buka Lapak dan sebagainya. Sasaran kita Orang-orang Muda seperti Mahasiswa, Pedagang Kaki Lima perlu diakomodir. Perlu juga Kartu KADIN untuk penambahan modal bagi mereka itu. Nanki kita akan akomodir,” ungkap Adhi Surya.

Pesantren juga menjadi perhatian Adhi Surya, yang menyebutkan nanti ada Ustadz, Santri berwiraUsaha atau Santri Enterpreneur yang digagas, atau juga Pengusaha-pengusaha Muhammadiyah. Berisinergi. Jadi kebersamaan. Yang indah itu kebersamaan. Istilahnya Az-Zahra.

Sambutan positif 13 Kabupaten dan Kota yang ditemui yang mengharapkan program-program yang digagas dapat terwujudm harus ada perubahan dari tahun sebelumnya. Apalagi UMKM sudah digalakkan oleh Presiden Jokowi bahwa ada perubahan melalui UMKM. Adhi  Surya mengakui, UMKM adalah Warung 1 orang punya modal 5 sampai 25 juta melalui KUR.

Kalau saat ini target untuk memenangkan, saya Cuma bisa menawarkan Program dan sebagainya. Kalau untuk yang mau memberikan sponsor kami juga menerima, silakan saja, dalam hal bukan berarti uang, tapi hal apa saja, spanduk  dan sebagainya.

Di Banjarbaru Adhi Surya juga sudah melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Mesjid Munzalam selama dua hari dan juga banyak Alumni Gontor yang menjadi Enterpreuner, yang semangatnya luar biasa menjadi pengusaha.

“Saat ini kaum millennial menjadi sasaran kita, supaya nanti mereka sambil kuliah sambil berwirausaha. Jadi bisa membantu perekonomian keluarganya,” tambah Adhi Surya.

Sebentar lagi bulan Ramadhan dan bulan suci ini juga menjadi perhatian Adhi Surya dengan membuat program berupa Pasar Murah dan akan berkoordinasi dengan para distributor. Demikian juga minyak goreng yang langka, yang kebijakan Pemerintah berubah-ubah, juga menjadi perhatian Adhi Surya, yang harganya saat ini di pasaran mahal.  Sehingga Minyak Kelapa karena kita kaya dengan Kelapa, juga menjadi perhatian Adhi Surya.

“Jadi untuk menjadi Ketua KADIN harus melihat semua sisi kehidupan di Kalsel dan apa yang bisa membangkitkan perekonomian wilayah kita. Sudah dua tahun ini semua pedagang terpuruk dan semuanya lagi susah. Bertahan saja bersyukur. Banyak yang dirumahkan. Banyak juga pengangguran. Itu menjadi problem kerja Pemerintah. Kita KADIN sebagai Mitra Strategis Pemerintah, memang harus bisa menciptakan strategi untuk bagaimana pengangguran bisa ditekan atau ditiadakan dengan menciptakan peluang atau lapangan kerja baru,” tegasnya.

Juga akan mengACC kalau terpilih menjadi Ketua Umum KADIN Kalsel dengan mendirikan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Agar TKI memiliki sertifikat. Harus mengikuti aturan itu, supaya target Pasar Internasional kita tercapai. Target Pasar Melayu, yaitu Malaysia, Brunei Darussaalam dan Singapura. Berikutnya Timur Tengah, yaitu Mekkah, Madinah, Dubai, Abu Dhabi, Mesir, Turki. Juga Jepang, Korea Selatan. Mungkin China juga.

Sembako, gula, minyak goreng, beras. Listrik jangan sampai padam, batubara, solar langka. Juga jadi perhatiannya. Demikian juga 80% Pengusaha Makanan yang masih banyak belum bersertifikat atau standar,  seperti halal, SNI (Sertikat Nasional Indonesia) itu juga kata Adhi Sutya, perlu dipikirkan.

“Bagaimana pengusaha kuliner itu bisa berstandar, itu harus kita pikirkan. Tapi saya ada memiliki strategi untuk itu,” jelasnya.

Bank Sedekah Indonesia (BSI) yang mengumpulkan sedekah-sedekah. Nanti dari Pengusaha setiap 30% untuk uang sedekah, akan terkoneksi, kegiatan sosial untuk masyarakat akan terakomodir, apalagi ekonomi. Secara sistematis 13 Kota Kabupaten diberikan program dan mereka masing-masing KADIN di Kabupaten Kota juga mengembangkan programnya.

Harapan Adhi Surya, Kalsel bisa jadi percontohan KADIN. Harap bisa membawa ini untuk menjadi perubahan baru. Punya prestasi, professional.(juns)

Sebarkan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalsel

Banjarmasin2 minggu ago

Bank Kalsel Dan Geopark Meratus Perkuat Kemitraan, Dukung Pengrajin Sasirangan Di Desa Belangian

BalainNews.com, BANJARMASIN – Sebagai upaya memperkuat kemitraan dan mendukung inisiatif keberlanjutan, Bank Kalsel telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Badan...

Banjarmasin3 minggu ago

Bank Kalsel Gelar RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 Dan RUPS Luar Biasa Tahun 2024

BalainNews.com, BANJARMASIN, 2 Januari 2024 – Sebagai pertanggungjawaban atas kinerja sepanjang tahun 2023 dan untuk penetapan garis besar kebijakan 2024,...

Banjarbaru3 minggu ago

Menuju Daerah Informatif, Pemprov Kalsel Siapkan Langkah Penguatan PPID Hingga Tingkat Desa

BalainNews.com, BANJARBARU – Predikat Daerah Menuju Informatif pada Indeks Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2023, mendorong Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan...

Banjarmasin3 minggu ago

RUPS Bank Kalsel, Paman Birin : Permudah Akses Bagi UMKM

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin memimpin Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun...

Banjarmasin4 minggu ago

Bank Kalsel Serahkan Bantuan Rp 13 Juta Untuk Warga Terdampak Kebakaran Di Kelayan Besar 2 Banjarmasin

BalainNews.com, BANJARMASIN, 26 Januari 2024 – Sebuah kebakaran melanda daerah Kelayan Besar 2, RT 27 RW 2, Kelurahan Pemurus Baru,...

Banjarmasin4 minggu ago

Ketua Dewan Komisioner OJK Kunjungi Yayasan Rumah Kreatif Dan Pintar Binaan Bank Kalsel

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar beserta jajaran berkesempatan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi...

Banjarmasin1 bulan ago

Hanafi Lansia Dhuafa Menerima Bantuan Biaya Hidup Dari UPZ Bank Kalsel

BalainNews.com, BANJARMASIN – Hanafi (78) hidup bersama istri dan seorang anak di Jalan Tatah Belayung, Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin...

Banjarmasin1 bulan ago

Peduli Lansia Dhuafa, UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Biaya Hidup

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ibu Noor Sehat (78) hidup sebatang kara di Jalan Jahri Saleh, Komplek RSS, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan...

Banjarmasin1 bulan ago

Transaksi MPN Terbanyak 2023, Bank Kalsel Raih Penghargaan Terbaik Dari DJPB Provinsi Kalsel

BalainNews.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel terus memperkuat upayanya dalam memajukan transaksi keuangan berbasis digital dengan mitra-mitranya. Pada acara terbaru, bank...

Ekonomi1 bulan ago

Bank Kalsel Bersama Pemkab Banjar Serahkan Bantuan Satu Ekor Sapi Untuk Haul Guru Sekumpul

BalainNews com, KAB. BANJAR, 12 Januari 2024 – Bank Kalsel terus berperan aktif dalam mendukung kegiatan sosial dan keagamaan, salah...

Populer