SMSI Mendesain Masa Depan Media Siber – Inovasi, Kreatif dan Aktual
Connect with us

Nasional

SMSI Mendesain Masa Depan Media Siber

Published

on

SMSI memberikan tiga penghargaan Sahabat Pers Indonesia kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta Reda Manthovani, Bupati Lebong Kopli Ansori yang kehadirannya diwakili oleh Dalmuji Suranto (Staf Ahli Bupati Lebong Bidang Pembangunan), dan Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur. Hotel Jayakarta, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta, Selasa, 23 Maret, 2022. (Foto : SMSI).

BalainNews.com, JAKARTA – Rencana panjang Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang telah ditetapkan dalam roadmap-nya untuk lima tahun ke depan adalah mendesain bermedia siber di masa mendatang.

Mendesain masa depan jauh jauh lebih maju dari pada sekadar mengantisipasi dan beradaptasi yang hanya akan menghasilkan manusia dan produknya menjadi pengekor.

Demikian pendapat yang mengemuka dalam acara refleksi syukuran penerimaan penghargaaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang diterima Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Hotel Jayakarta, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta, Selasa, 23 Maret, 2022.

Dalam refleksi syukuran tersebut menampilkan pembicara pendiri Bukit Algoritma Budiman Sudjatmiko, dan Komandan Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie.

“Sudah tepat SMSI mendesain masa depan, bukan sekadar mengantisipasi dan beradaptasi. Merancang masa depan, menyusun skenario lebih baik daripada adaptasi masa depan,” tutur Budiman Sudjatmiko.

Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus dalam sambutannya mengatakan, tahun kelima kedepan, mulai sekarang SMSI bersama Bukit Algoritma pimpinan Budiman Sudjatmiko merancang skenario masa depan media siber.

“Metanusantara, Metaverse, dan berbisnis dengan crypto, mulai kita perkenalkan pada para anggota SMSI yang berjumlah per 31 Desember 2021 mencapai 1.761 pengusaha media pers siber,” kata Firdaus.

Perolehan penghargaan MURI untuk SMSI sebagai anggota terbanyak di dunia adalah sebagian capaian rencana strategis SMSI dalam tahun kelima sejak berdirinya SMSI, 7 Maret 2017.

Sementara itu Komandan Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie yang hadir dalam kesempatan itu, menyampaikan ucapan selamat atas perolehan penghargaan MURI yang diterima SMSI.

Brigjen Iroth juga menyampaikan apresiasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, SE, MM terhadap penghargaan MURI untuk SMSI.

MURI yang didirikan oleh budayawan Jaya Suprana sebelumnya, 28 Februari 2020 telah menganugrahi penghargaan MURI untuk SMSI atas kecepatan, daya sebar, dan banyaknya media siber yang tergabung di SMSI dalam menyampaikan tulisan opini ‘Mendambakan Keadilan Sosial’.
Hanya dalam waktu 7,5 jam, opini yang disampaikan SMSI ke anggota sudah dimuat 571 media yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Iroth berpendapat, apa yang telah dikerjasamakan antara TNI Angkatan Darat dan SMSI merupakan langkah yang tepat. Dalam menghadapi ancaman sekarang ini, diperlukan strategi yang tepat, merancang perang yang dapat mempengaruhi mindset, perang siber, perang jaringan demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebelumnya SMSI telah menuntaskan rencana kerja dengan membekali para anggotanya berupa penguasaan teknologi media siber, bekerja sama dengan berbagai pihak. “Ini sudah tuntas,” kata Firdaus.

Perencanaan demi perencanaan sudah dicapai, dan sekarang, kata Firdaus, memulai tahapan rencana kerja berikutnya.

“Kawan-kawan anggota SMSI menyambut dengan penuh semangat terhadap rencana kerja pada tahap berikutnya,” tutur Firdaus dalam syukuran yang dihadiri pengurus SMSI antara lain Aat Surya Safaat, Lesman Bangun, Ervik Ary Susanto, Bernadus Wilson Lumi, Mohammad Nasir, Dar Edi Yoga, Zulnadi, dan Gugus Suryaman.

Selain itu hadir pula Penasihat SMSI Pusat Drs. KH. M. Ma’shum Hidayatullah, MM yang membacakan doa syukur, dan Mayjen TNI (Purn) Joko Warasito, Mayjen TNI (Purn) Wuryanto, Brigjen Yudha, Pegasus Kasad Asep.

Penghargaan Sahabat Pers

Dalam acara syukuran tersebut, SMSI juga memberikan tiga penghargaan Sahabat Pers Indonesia. Mereka yang mendapat penghargaan adalah
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta Reda Manthovani, Bupati Lebong Kopli Ansori yang kehadirannya diwakili oleh Dalmuji Suranto (Staf Ahli Bupati Lebong Bidang Pembangunan), dan Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur.

Ketiganya mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh SMSI Pusat kepada mereka. “Penghargaan ini bukan asal-asalan. Penerima benar-benar diseleksi sesuai penilaian dan kelayakan yang ditentukan oleh SMSI,” tutur Firdaus yang menyerahkan piagam penghargaan tersebut.[balain/nrl]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kalsel

Banjarmasin4 jam ago

UPZ Bank Kalsel Salurkan Bantuan Paket Sembako Kepada Masyarakat Pra Sejahtera Yang Mengikuti Kegiatan Donor Darah

BalainNews.com, BANJARMASIN – Yayasan Asmaul Husna Banjarmasin yang beralamat di Jl. Kuin Cerucuk RT.4 No.2 Banjarmasin adalah lembaga sosial dalam...

Banjarmasin5 jam ago

Puncak Road Show Percepatan Penurunan Stunting, Ketua Umum Dharma Pertiwi Sapa Banua

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Hetty Andika Perkasa melakukan Roadshow ke Kalimantan Selatan. Kunjungan Ibu Hetty Andika...

Banjarmasin16 jam ago

Santunan UPZ Bank Kalsel kepada Guru Tahfidz dan Siswa/Siswi dari Keluarga Pra-Sejahtera

BalainNews.com, BANJARMASIN – OBLIGASI (Obrolan Lintas Generasi) merupakan sarana untuk mengomunikasikan produk dan layanan serta kegiatan Bank Kalsel. OBLIGASI dikemas...

Banjarbaru2 hari ago

Walikota Resmikan Kantor Kas Bank Kalsel Pasar Bauntung Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARBARU – Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin meresmikan Kantor Kas Pasar Bauntung Bank Kalsel Cabang Banjarbaru yang berlokasi...

Banjarmasin3 hari ago

Sambut HUT TNI Ke-77, Lanal Banjarmasin Bersinergi Gelar Bakti Sosial Kesehatan

BalainNews.com, BANJARMASIN – 26 September 2022. Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-77 tanggal 5 Oktober tahun 2022 dengan tema “TNI...

Banjarmasin6 hari ago

Bank Kalsel Kembali Raih Infobank Sharia Award 2022

BalainNews.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel kembali mendapat apresiasi mengesankan dalam ajang 11th Infobank Sharia Award 2022. Bank Kalsel meraih predikat...

Banjarmasin1 minggu ago

Bank Kalsel Terima Kunjungan Kerja Tim Pansus II DPRD Kotabaru

BalainNews.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel menerima kunjungan kerja dari Pansus II DPRD Kabupaten Kotabaru dalam rangka penambahan penyertaan modal di...

Banjarmasin1 minggu ago

Bank Kalsel Gelar Edisi Spesial 1st Anniversary Obligasi

BalainNews.com, BANJARMASIN – Teknologi informasi saat ini, memegang peranan penting dalam upaya menjaga resiliensi perbankan agar senantiasa mampu beradaptasi dengan...

Banjarmasin1 minggu ago

Bank Kalsel Beri Bantuan Dana Pendidikan Siswa/ Siswi Kurang Mampu Bersama LAZ Rumah Zakat

BalainNews.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel beri bantuan Dana Pendidikan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ), berkolaborasi bersama LAZ Rumah Zakat Perwakilan...

Banjarmasin1 minggu ago

Obligasi, Program Talkshow Bank Kalsel Genap Berusia 1 Tahun

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar menghadiri penayangan...

Populer