Aktifitas Siswa Baru Fortasi Di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin – Inovasi, Kreatif dan Aktual
Connect with us

Banjarmasin

Aktifitas Siswa Baru Fortasi Di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin

Published

on

Kegiatan Forum Orientasi Siswa. (Foto : Kolase/Ist)

BalainNews.com, BANJARMASIN – Para Siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin, Senin (18/7/2022) sejak pagi hingga siang hari, terus bersemangat mengikuti kegiatan Fortasi (Forum Orientasi Siswa).

Salah seorang siswa, Mutmainah yang turut mengikuti kegiatan ini, kepada RRI menyatakan, dirinya memilih sekolah ini karena banyak pelajaran agama dan dirinya dapat lebih dekat dengan keagamaan.

“Tentang mengenal satu sama lain, cara berkenalan, dan ada bercerita keagamaan, shalat dhuha dan berkeliling-keliling,” ungkap Mutmainah, menceritakan kegiatan yang diikutinya.

Katanya, materinya cukup menarik. Sedangkan olahraga yang disukanya adalah Bulu Tangkis dan Silat Tapak Suci. Keduanya memang masih belum diikuti ketika di Sekolah Dasar. Tapak Suci membuat Maimunah tertarik, karena olahraga ini dapat melatih kejiawaannya.

“Untuk melatih kejiwaan dan kepribadian,” tambahnya.

Sedangkan Guru Matematika, Muhammad Rizal, yang juga Pembina Bulu Tangkis untuk kegiatan Ekstra Kurikuler (Ekskul) di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin menyebutkan, direncanakannya Bulu Tangkis sebagai Cabang Olahraga dalam kegiatan Ekskul, karena minat kelas VIII dan IX yang sangat berkeinginan untuk mengikuti cabang olahraga tersebut.

“Karena pengen itulah, kita coba cari Siapa Pelatihnya nanti. Kalau ulun sebagai Pembina di Sini (di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin) mengarahkan saja untuk bagaimana mereka ikut latihan pada setiap minggunya,” ungkapnya, sembari menyatakan, Bulu Tangkis direncanakan dimulai pekan depan kegiatannya.

Untuk tempatnya, diakui masih belum menemukan, tetapi untuk latihan diusahakan di Gelanggang Olahraga (GOR) langsung , bisa di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin.

Menyinggung materi pembelajaran Matematika, ada yang menarik, dimana di Media Sosial biasanya ada viral yang kalimat sering dimunculkan “Matematika Mudah dan Menyenangkan, Bukan?” maka jawaban di viral itu, “Bukan”.

“Tapi walaupun mereka (siswa) menyebut bukan. Namun mereka senang dan terhibur dengan hal itu. Baru kita mulai dengan materi, supaya tidak tegang. Apalagi Matematika,” Rizal menjelaskan.

Mata Pelajaran Matematika selama ini dirasakan memang cukup berat, namun Rizal menyebutkan, sekolah ini mencoba menerapkan Kurikulum Merdeka dan terutama dilaksanakan di kelas VII dulu.

“Di Kelas VII sendiri, karena Kurikulum Merdeka, tentunya pembelajaran Matematika tidak full 5 bab harus habis. Tapi kita coba pilih dulu, terus kita utamakan project-project yang bisa bekerjasama aktif mereka. Jadi tidak hanya mendengarkan Guru menjelaskan. Apalagi sekarang ada Media Sosial, lebih mudah. Guru tidak harus full menghabiskan materi. Mereka bisa mencari sendiri. Jadi perbanyak kerjasama kelompok, biar tidak terlalu tertekan belajar mendengarkan,” katanya menjelaskan.

Kurikulum Merdeka ini di tahun pembelajaran baru akan dilaksanakan. Apalagi di sekolah ini lebih terbuka, tidak hanya Guru full menjelaskan.

“Kami mau ke Taman, boleh. Di sini ada Taman Kamboja. Kami bisa belajar di sana. Atau kami pernah duduk lesehan di kelas, dengan dialasi karpet dan kemudian bermain game TOD. Bila kena tunjuk, dia yang menjawab cari soalnya,” kata Rizal.

Dengan pola tersebut, pembelajaran Matematik labih mudah dan siswa juga lebih cepat dapat menyerap ilmu tersebut.

Hari pertama Fortasi di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin, jelas Kepala Sekolah Jumansyah SPd, dimulai pukul 07.30 sampai bagda Dzuhur. Sedangkan materi yang diberikan untuk penguatan pengenalan lingkungan sekolah, adab, dan berbagai materi yang akan dipelajari, disampaikan dalam kegiatan Fortasi yang berlangsung hingga Jum’at (22/7/2022).

Dikatakan, Ekskul di SMP ini banyak dan olahraga yang disediakan seperti Panahan, Futsal, Bulu Tangkis, dan untuk siswa diberikan kesempatan untuk memilih yang mana yang disuka.

Kegiatan pembelajaran yang full di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin akan dilaksanakan mulai Senin depan (25/7/2022).

“Kami Senin depan tanggal 25 (Juli 2022) baru melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sebenarnya, yang full, sampai Shalat Ashar,” pungkasnya.(riv/juns)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kalsel

Banjarmasin3 jam ago

UPZ Bank Kalsel Salurkan Bantuan Paket Sembako Kepada Masyarakat Pra Sejahtera Yang Mengikuti Kegiatan Donor Darah

BalainNews.com, BANJARMASIN – Yayasan Asmaul Husna Banjarmasin yang beralamat di Jl. Kuin Cerucuk RT.4 No.2 Banjarmasin adalah lembaga sosial dalam...

Banjarmasin3 jam ago

Puncak Road Show Percepatan Penurunan Stunting, Ketua Umum Dharma Pertiwi Sapa Banua

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Hetty Andika Perkasa melakukan Roadshow ke Kalimantan Selatan. Kunjungan Ibu Hetty Andika...

Banjarmasin15 jam ago

Santunan UPZ Bank Kalsel kepada Guru Tahfidz dan Siswa/Siswi dari Keluarga Pra-Sejahtera

BalainNews.com, BANJARMASIN – OBLIGASI (Obrolan Lintas Generasi) merupakan sarana untuk mengomunikasikan produk dan layanan serta kegiatan Bank Kalsel. OBLIGASI dikemas...

Banjarbaru2 hari ago

Walikota Resmikan Kantor Kas Bank Kalsel Pasar Bauntung Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARBARU – Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin meresmikan Kantor Kas Pasar Bauntung Bank Kalsel Cabang Banjarbaru yang berlokasi...

Banjarmasin3 hari ago

Sambut HUT TNI Ke-77, Lanal Banjarmasin Bersinergi Gelar Bakti Sosial Kesehatan

BalainNews.com, BANJARMASIN – 26 September 2022. Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-77 tanggal 5 Oktober tahun 2022 dengan tema “TNI...

Banjarmasin6 hari ago

Bank Kalsel Kembali Raih Infobank Sharia Award 2022

BalainNews.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel kembali mendapat apresiasi mengesankan dalam ajang 11th Infobank Sharia Award 2022. Bank Kalsel meraih predikat...

Banjarmasin1 minggu ago

Bank Kalsel Terima Kunjungan Kerja Tim Pansus II DPRD Kotabaru

BalainNews.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel menerima kunjungan kerja dari Pansus II DPRD Kabupaten Kotabaru dalam rangka penambahan penyertaan modal di...

Banjarmasin1 minggu ago

Bank Kalsel Gelar Edisi Spesial 1st Anniversary Obligasi

BalainNews.com, BANJARMASIN – Teknologi informasi saat ini, memegang peranan penting dalam upaya menjaga resiliensi perbankan agar senantiasa mampu beradaptasi dengan...

Banjarmasin1 minggu ago

Bank Kalsel Beri Bantuan Dana Pendidikan Siswa/ Siswi Kurang Mampu Bersama LAZ Rumah Zakat

BalainNews.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel beri bantuan Dana Pendidikan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ), berkolaborasi bersama LAZ Rumah Zakat Perwakilan...

Banjarmasin1 minggu ago

Obligasi, Program Talkshow Bank Kalsel Genap Berusia 1 Tahun

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar menghadiri penayangan...

Populer