Paman Birin Kembali Raih Penghargaan Reforma Agraria – Balain News
Connect with us

Kalsel

Paman Birin Kembali Raih Penghargaan Reforma Agraria

Published

on

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menerima anugerah penghargaaan Reforma Agraria dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. Jakarta. (Foto : M. Alfian).

BalainNews.com, JAKARTA – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menerima anugerah penghargaaan Reforma Agraria dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Anugerah penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Rapat Kerja Nasional Reforma Agraria di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel Jalan Arteri Jakarta Selatan pada Selasa (31/10).

Paman Birin menerima anugerah ini atas keberhasilan Provinsi Kalsel Terbaik Pelaksanaan Reforma Agraria.

Dalam penyerahan penghargaan yang dirangkai dengan kegiatan rakernas itu dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wamen Menteri LHK Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto selalu Ketua Harian Percepatan Reforma Agraria Nasional.

Turut hadir langsung dalam Rakernas, para kepala daerah sebagai finalis penerima penghargaan, salah satunya Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor atau Paman Birin yang mendapat penghargaan di dua kategori sekaligus.

Pemerintah Provinsi Kalsel dinobatkan sebagai juara pertama di kategori Legalisasi Aset Tanah Transmigrasi Terbaik 2015 – 2023, disusul Provinsi Lampung dan Riau.

Penghargaan Reforma Agraria di Kategori Penataan Akses Terbaik 2021 – 2023, Provinsi Kalsel berada di posisi ketiga setelah Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

Sedangkan juara Reforma Agraria Kategori Realisasi Tanah dari Pelepasan Kawasan Hutan 2020 – 2023, juara pertama Kalimantan Barat, disusul Kalimantan Tengah dan Riau. Juara di kategori Gugus Tugas RA Terbaik 2021 -2023 secara berurutan adalah Jawa Barat, Aceh, dan Jambi. Dengan demikian, juara umum Reforma Agraria diberikan kepada Provinsi Jawa Barat.

Usai menerima anugerah penghargaan reforma agraria, Paman Birin menyampaikan rasa terimakasih atas apresiasi Pemerintah Pusat.

“Terimakasih atas apresiasi ini. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam mendorong penataan aset di Kalimantan Selatan,” kata Paman Birin.

Disampaikan Paman Birin, Pemprov Kalsel akan terus mendukung upaya program dan kebijakan penataan aset serta berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam menyukseskan reforma agraria sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penataan aset dan akses yang lebih merata.

Sebelum penyerahan piagam pemenang, Dalam rakor, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga selaku Ketua Tim Reforma Agraria Nasional, memberikan sejumlah arahan kepada kepala daerah.

Salah satunya, akan menindaklanjuti laporan Gubernur Kalsel yang menyebutkan bahwa pelepasan kawasan hutan di Kalsel sudah masuk dalam Perpres.

Dikatakan Airlangga, KLHK akan akan menyediakan data, juga dari Kementerian ATR berupa data HGU, dan Kementerian Pertanian menyediakan izin dan usaha.

“Realisasi kegiatan akan diinventarisasikan dalam /lahan saruboerta, secara detil Menteri ATR akan menambahkan,” ujarnya.

Terkait hal ini, Menteri ATR/BPN menambahkan, masalah ini sudah dikoordinasikan pihak terkait.

Acara ditutup dengan Kick Off Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023 tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria, dan dilanjutkan sesi gelar wicara.

Acara juga diikuti lebih dari 800 orang secara luring yang terdiri dari berbagai stakeholder, mencakup 19 Kementerian lembaga, 38 pemerintah provinsi, 12 pemerintah kabupaten/kota, Kantor Wilayah Pertahanan Kementerian serta Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan seluruh Indonesia. [riv/sal/adpim].

Sebarkan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalsel

Banjarmasin9 jam ago

Pelantikan Badko HMI Dan Korp HMI-Wati 2024 – 2026, Acil Odah : Wadah Membangun Karakter Lebih Baik Kedepan

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Ketua TP PKK Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah...

Kalsel15 jam ago

Penanganan Masalah Kejiwaan, Acil Odah Dorong Kalsel Bebas Pasung

BalainNews.com, GAMBUT – Dalam penanganan masalah kejiwaan, stigma terhadap instansi yang melayani kejiwaan seperti Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum...

Kalsel1 hari ago

Anak Anak Hingga Acil Acil Terima Bantuan Dan Santunan Khitanan Dari Paman Birin Pada HUT Proklamasi ALRI Ke-75

BalainNews.com, HULU SUNGAI SELATAN – Momentum peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Gubernur Tentara ALRI di Hulu Sungai Selatan dimanfaatkan Gubernur...

Kalsel1 hari ago

Paman Birin Lepas Kibar Merah Putih, Meriahkan HUT Proklamasi ALRI

BalainNews.com, HULU SUNGAI SELATAN – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin melepas peserta Kibar Merah Putih dalam...

Kalsel1 hari ago

Pimpin Proklamasi Kemerdekaan Gubernur ALRI Di Monumen 17 Mei Kandangan, Paman Birin Kobarkan Semangat Pejuang

BalainNews com, HULU SUNGAI SELATAN – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin memimpin peringatan HUT ke-75 Proklamasi...

Banjarbaru3 hari ago

Pemprov Kalimantan Selatan Kirim Usulan 1.618 Calon ASN Tahun 2024 Kepada Kemenpan RB

BalainNews.com, BANJARBARU –  Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengusulkan penerimaan 1.618 Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2024 kepada Kemenpan RB. Usulan...

Banjarbaru5 hari ago

Nasabah Bank Kalsel Raih Hadiah Utama Sebesar Rp500 Juta Pada Undian Simpeda Nasional periode ke-2 Tahun XXXIV-2024

BalainNews.com, BANJARBARU – Nasabah setia Bank Kalsel meraih kemenangan gemilang dalam Undian Simpeda Nasional yang diselenggarakan pada event rutin bertajuk...

Banjarbaru5 hari ago

Jalin Kebersamaan, Pemprov Kalsel dan Bank Kalsel Gelar Eksibisi Sepak Bola

BalainNews.com, BANJARBARU – Paman Birin Trophy VII 2024 telah resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor pada Jumat, 10...

Banjarbaru5 hari ago

Luncurkan Program BEKANTAN, Bank Kalsel Dorong Literasi Dan Inklusi Keuangan Di Kalimantan Selatan

BalainNews.com, BANJARBARU – Bank Kalsel dengan bangga mengumumkan peluncuran Program BEKANTAN (Bekal Untuk Masa Depan), sebuah inisiatif strategis dalam mendorong...

Banjarmasin6 hari ago

Gubernur Kalimantan Selatan Ajak KB-PII Menjadi Mitra Pemerintah Yang Solid

BalainNews.com, BANJARMASIN – Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) Kalimantan Selatan menyelanggarakan diskusi panel “Kolaborasi Kepemimpinan Dalam Membangun Banua”...

Populer