Media Gathering, Refresmen Para Media Kalsel Memperoleh Informasi BI Kalsel – Balain News
Connect with us

Daerah

Media Gathering, Refresmen Para Media Kalsel Memperoleh Informasi BI Kalsel

Published

on

MARTAPURA, balainnews.com – Gathering Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (4/12/2021) dalam upaya mengkomunikasikan berbagai kebijakan Bank Indonesia, sehingga Jajaran BI perlu melakukan silaturahmi yang dikemas dalam pelatihan.

Dadi Esa Cipta, Ekonom Ahli Kelompok Perumusan KEKDA Wilayah dan Provinsi mengatakan, ada berbagai kebijakan baru yang dijelaskan oleh Bank Indonesia.

“Kita berharap dengan pelatihan ini, teman-teman terupdate informasi terkini terkait dengan kebijakan Bank Indonesia. Kami juga berharap nanti kebijakan-kebijakan ini bisa dikomunikasikan baik itu ke Masyarakat maupun Stakeholder lainnya,” ungkap Dadi.

Dikatakan, ada berbagai kebijakan yang dilakukan Bank Indonesia seperti mendorong di masa pandemi ini Pemerintah bisa melakukan optimalisasi penyerapan anggarannya. Anggaran Pemerintah diharapkan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi. Karena subsidi Pemerintah sangat besar dalam mendorong ekonomi. Selain itu, kebijakan yang dilakukan dapat membantu di triwulan dua dan seterusnya ekonomi bisa tumbuh positif kembali. BI juga mendorong agar pembiayaan tidak menjadi masalah.

“Bagi yang telah mendapatkan kredit dengan adanya pandemi dan terdampak, bisa dilakukan reskedul, bisa direstrukturisasi. Sementara bagi yang baru, mungkin bisa mendapatkan pembiayaan dengan suku bunga yang rendah,” Dadi mengharapkan.

Menurutnya, kebijakan BI terkait moneter seperti mempertahankan suku bunga BI tetap rendah di 3,5 persen. Kebijakan di Makro Prudensial seperti menurunkan uang muka pembayaran rumah dan kendaraan. Juga BI mendorong ekonomi digital agar lebih berkembang lagi, sehingga membantu UMKM.

“Kita tahu pada saat pandemi ini yang terdampak itu UMKM. UMKM itu berkontribusi 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi. Penyerapan tenaga kerjanya mencapai 97%. Tapi dengan adanya Covid, omset penjualan turun drastis. Mereka juga kesulitan memperoleh bahan baku,” Dadi menegaskan.

Disebutkan, BI juga mendorong berbagai kegiatan seperti Pamor Borneo, Go Ekspose, Bangga Buatan Indonesia dan lain-lain, dan diharapkan bisa membantu UMKM, supaya pemasarannya bukan lagi hanya lokal, tapi Nasional dan Ekspor.

“Kita kemaren juga sudah mendorong Kantor Cabang BI di Singapura supaya UMKM di sini bisa menjual produknya,” Dadi menjelaskan.

BI yang utama menjaga bagaimana supaya ekonomi tetap tumbuh dan inflasinya bisa tetap terjaga, terkendali. Supaya tetap tumbuh ekonomi kita, perlu peran serta semua pihak. Seperti Pemerintah dengan anggarannya. Pelaku Usaha supaya ada diversifikasi produk dan diversifikasi pemasarannya.

“Karena bagaimanapun juga dikatakan (ekonomi kita) lumpuh, tidak lumpuh. Kita tetap tumbuh. Semenjak triwulan satu 2021 ini kita sudah mulai membaik. Di triwulan dua sudah tumbuh positif,” Dadi kembali menjelaskan.

Itu artinya kata Dadi, aktivitas ekonomi sudah mulai jalan. Daya beli masyarakat sudah mulai meningkat. Jangan sampai nanti dikatakan melambat dan akibatnya stagnasi atau ekonomi kita sudah betul-betul tidak jalan dan masyarakat akan menderita.

Nara Sumber dalam kegiatan ini, yaitu : Jamalul Insan dari Dewan Pers Nasional, yang merupakan Anggota Dewan Pers Nasional, Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan & Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers.

Sedangkan Narasumber dari BI Kalsel, yaitu : Ekonom Yunior Kelompok Perumusan KEKDA Wilayah dan Provinsi, Ratih Dewi Setiawan; Analis Yunior Fungsi Pelaksanaan dan Pengembangan UMKM , Keuangan Inklusi dan Syariah , Aditya Wiratama Putra; Para Pejuang Pengelolaan Uang Rupiah, Zanu Adi Guna dan Muhammad Faridh.

Dalam pembukaan kegiatan, mendampingi Dadi, Rakhmat Pratama, Analis Unit Kehumasan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan. (balain/juns)

Sebarkan

Kalsel

Banjarmasin7 jam ago

Saat Pimpin Biro Perekonomian, Acil Odah Turut Andil Dalam Upaya Pengendalian Inflasi di Banua

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah S.KM M.Kes atau biasa disapa Acil Odal, punya andil...

Banjarmasin2 hari ago

Peduli Sosial, Bank Kalsel Melalui Pj Bupati Tala Serahkan CSR dan UPZ untuk Masyarakat

BalainNews.com, BANJARMASIN – Sebagai bentuk kepedulian sosial dan berbagi terhadap sesama dan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Bank...

Banjarmasin2 hari ago

Seminar Nasional & Rapat Kerja FKDK BPDSI Wilayah Tengah, Penguatan BPD Terus Dikronkritkan Melalui Peran Komisaris

BalainNews.com, BANJARMASIN– Kegiatan Forum Komunikasi Dewan Komisaris (FKDK) Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPD-SI) Wilayah Tengah hari kedua berlangsung Sabtu...

Banjarmasin2 hari ago

Bank Kalsel Kenalkan Budaya Kalsel kepada Anggota FKDK BPDSI Wilayah Tengah di Acara Welcome Dinner

BalainNews.com, BANJARMASIN – Acara Welcome Dinner Bersama seluruh Dewan Komisaris dan Komite Dewan Komisaris merupakan salah satu rangkaian agenda yang...

Banjarmasin3 hari ago

Bank Kalsel Raih Penghargaan Indonesia Best Living Legend Company In Managing Innovation 2024

BalainNews.com, BANJARMASIN – SWA Media Group menggelar program tahunan yang bertajuk “Indonesia Best Living Legend Companies & Brands 2024”. Dalam...

Banjarmasin4 hari ago

Menkopolhukam dan Paman Birin Sepakat Keterbukaan Informasi Kunci Pemerintahan yang Transparan dan Akuntabel

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin yang didampingi Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah...

Banjarmasin5 hari ago

Gandeng Bank Kalsel, Wali Kota Kenalkan ID Card ASN Untuk Transaksi Non-Tunai

BalainNews.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar apel Senin pagi yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu...

Banjarbaru5 hari ago

Kalsel Tuan Rumah Rakornas Komisi Informasi Se Indonesia 10 – 13 Juni 2024

BalainNews.com, BANJARBARU – Provinsi Kalimantan Selatan berkesempatan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional ke-15 Komisi Informasi se-Indonesia yang...

Banjarbaru5 hari ago

Paman Birin Apresiasi ASER 2024 yang Digelar STIE Pancasetia Banjarmasin

BalainNews.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khatimah...

Banjarmasin5 hari ago

Kalsel Tuan Rumah Rakornas Ke-15 Komisi Informasi, Paman Birin Sambut Peserta Se Indonesia Di Kalsel Babussalam

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambut pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke- 15 Komisi...

Populer