Paman Birin, Presiden KBB Sa-Dunia Anugerahi Wakapolri Kehormatan Warga Banjar – Balain News
Connect with us

Banjarmasin

Paman Birin, Presiden KBB Sa-Dunia Anugerahi Wakapolri Kehormatan Warga Banjar

Published

on

KH. Muhammad Wildan Salman atau Guru Wildan, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto. (Foto : Naimah Mahmudah).

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ditandai dengan prosesi tapung tawar dan mengenakan pakaian adat Banjar, Gubernur Kalimantan Selatan selaku Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Sa-Dunia, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menganugerahi gelar kehormatan warga Banjar kepada Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Agus Andrianto di Gedung Mahligai Pancasila, Senin (2/10) malam.

Prosesi penganugerahan Wakapolri menjadi warga Banjar ditandai dengan pemakaian pakaian adat Banjar oleh Paman Birin.

Selanjutnya, KH. Muhammad Wildan Salman atau Guru Wildan memimpin prosesi tapung tawar kepada Wakapolri.

Usai prosesi, Paman Birin ini mengatakan, suatu kebanggaan baginya,dimana seorang perwira tinggi Polri, berada dalam keluarga besar Banjar dan sekaligus menjadi bagian dari Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB).

“Untuk itu, saya selaku Ketua Umum Pengurus Pusat KBB Sa Dunia, mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dalam kerukunan bubuhan banjar kepada bapak Wakapolri,” kata Paman Birin.

Paman Birin menuturkan, perhimpunan KBB ini akan membuahkan manfaat dan kebaikan bagi negeri ini, karena KBB terbentuk bukan untuk menonjolkan suku bangsa Banjar, tetapi dari kerukunan KBB inilah urang Banjar yang bertebaran dari Sabang sampai Merauke, bahkan hingga kawasan Asia Tenggara, mengikatkan diri untuk memelihara persatuan dan kesatuan dalam NKRI.

“Organisasi kerukunan bubuhan banjar, telah terbentuk diberbagai provinsi di Indonesia. Bahkan juga sudah membentuk KBB Sa- Dunia. dengan demikian, organisasi ini mewadahi keluarga besar banjar dalam lintas negara,” ucapnya.

Paman Birin menambahkan, penyebaran urang Banjar ini menjadi kebanggaan, karena inilah pertanda dan bukti bahwa urang Banjar bisa diterima oleh suku bangsa dari manapun.

“Selain menyebar di mana mana, suku banjar juga turut memberikan kontribusi untuk bangsa indonesia, sejak di zaman perjuangan hingga masa kemerdekaan sekarang ini,” katanya.

Paman Birin juga berharap, karakter suku Banjar yang terkenal religius, ramah, suka menolong, hormat dan menghargai suku lain, akan selalu tumbuh dalam jiwa dan raga seluruh urang Banjar dimanapun berada.

“Oleh karena itu, maka kita semua berkewajiban untuk memelihara dan mempertahankan nilai nilai positif yang menghiasi sikap dan perilaku urang banjar, yang selalu mendapat tempat dan diterima dalam pergaulan dan interaksi dengan suku bangsa lainnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin bersama keluarga besar KKB siap menjaga NKRI.

“Kita keluarga besar banjar siap menjaga nkri, cinta damai, dan siap menjadi mercu suar untuk kerukunan, ketertiban dan ketenteraman,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia, Komjen Agus Andrianto menyampaikan ucapan terimakasih atas penghargaan yang telah diberikannya kepadanya.

“Terimakasih atas penghargaan tersebut. Kami merasa terhormat dan berbangga diri karena diterima sebagai anggota kehormatan warga kerukunan buhan Banjar,” katanya.

Agus berharap, dirinya dapat memberikan kontribusi kepada warga banjar dan seluruh masyarakat di Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Berbeda-beda namun tetap satu jua,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut tokoh-tokoh Bubuhan Banjar diantaranya H. Husin Nafarin, Gusti Rusdi Effendi, Guru Supian, Taufik Arbain, Ahmad Solhan, dan Rusbandi.

Tampak hadir juga Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK, sejumlah pimpinan Forkopimda Kalsel lainnya seperti Kapolda Irjen Andi Rian, Kajati Kalsel. Disamping itu juga hadir pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kalsel. (riv/end/adpim)

Sebarkan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalsel

Banjarbaru3 jam ago

Pemprov Kalimantan Selatan Kirim Usulan 1.618 Calon ASN Tahun 2024 Kepada Kemenpan RB

BalainNews.com, BANJARBARU –  Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengusulkan penerimaan 1.618 Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2024 kepada Kemenpan RB. Usulan...

Banjarbaru3 hari ago

Nasabah Bank Kalsel Raih Hadiah Utama Sebesar Rp500 Juta Pada Undian Simpeda Nasional periode ke-2 Tahun XXXIV-2024

BalainNews.com, BANJARBARU – Nasabah setia Bank Kalsel meraih kemenangan gemilang dalam Undian Simpeda Nasional yang diselenggarakan pada event rutin bertajuk...

Banjarbaru3 hari ago

Jalin Kebersamaan, Pemprov Kalsel dan Bank Kalsel Gelar Eksibisi Sepak Bola

BalainNews.com, BANJARBARU – Paman Birin Trophy VII 2024 telah resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor pada Jumat, 10...

Banjarbaru3 hari ago

Luncurkan Program BEKANTAN, Bank Kalsel Dorong Literasi Dan Inklusi Keuangan Di Kalimantan Selatan

BalainNews.com, BANJARBARU – Bank Kalsel dengan bangga mengumumkan peluncuran Program BEKANTAN (Bekal Untuk Masa Depan), sebuah inisiatif strategis dalam mendorong...

Banjarbaru4 hari ago

Haru Dan Bahagia Jamaah Haji Kloter Pertama Di Lepas Paman Birin Dan Acil Odah Ke Tanah Suci

BalainNews.com, BANJARBARU – Labbaik Allahumma Labbaik. Labaika Laa Syarika Laka Labbaik, keceriaan dan wajah haru jamaah haji Kalimantan Selatan Kloter...

Banjarbaru4 hari ago

Bandara Syamsudin Noor Terbangkan 320 Jamaah Haji Kloter Pertama Kalimantan Selatan Tahun 2024

BalainNews com, BANJARBARU – Bandara Syamsudin Noor kembali layani angkutan udara haji periode 1445 H / 2024. Kloter pertama jamaah...

Banjarbaru5 hari ago

27 Tahun Sebagai Nasabah, Effendi Menangkan Hadiah Utama Simpeda Nasional Bank Kalsel

BalainNews.com, BANJARBARU – Nasabah Bank Kalsel, Effendi tidak menyangka, jika 2024 merupakan tahun keberuntungan bagi dirinya. Bagaimana tidak, setelah menjadi...

Banjarbaru5 hari ago

Paman Birin Cetak Tiga Gol Pada Laga Eksebisi Paman Birin Trophy VII 2024

BalainNews.com, BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin membuka secara resmi Paman Birin Trophy VII Tahun...

Banjarmasin6 hari ago

Rakor Kwarda-Kwarcab, Paman Birin Dan Acil Odah Sepakat Gerakan Pramuka Bentuk Generasi Berkepribadian Pancasila

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menegaskan bahwa pramuka di Banua, tak pernah ragu...

Banjarmasin1 minggu ago

Mahasiswa Al Azhar Asal Banjarmasin Terima Bantuan Dana Pendidikan Bank Kalsel

BalainNews.com, BANJARMASIN – Muhammad Al Farabi merupakan salah satu pelajar Indonesia yang berasal dari Kota Banjarmasin yang sedang menimba ilmu...

Populer