Plh. Sekda Kab HSS Serahkan Tiga Ranperda Saat Rapat Paripurna Kepada DPRD Kab HSS – Balain News
Connect with us

Daerah

Plh. Sekda Kab HSS Serahkan Tiga Ranperda Saat Rapat Paripurna Kepada DPRD Kab HSS

Published

on

Plh. Sekretaris Daerah Kab HSS H. Zulkifli, S. Sos, M.AP serahkan Ranperda Kepada DPRD Kab HSS. (Foto : Ist).

BalainNews.com, HULU SUNGAI SELATAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) menggelar Rapat Paripurna Tingkat I masa sidang III dalam rangka penyampaian 3 buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang :

1. Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kepada Perusahaan Perseroan Daerah Tirta Amandit;

2. Penyelenggaraan Ketenagakerjaan, dan

3. Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Bertempat diruang Rapat Paripurna lantai II Gedung DPRD Kab. HSS. Rabu (15 November 2023).

Dalam Rapat Paripurna ini, dari pihak Eksekutif dihadiri Pj. Bupati HSS Drs. H. Hermansyah, MM yang diwakili oleh Plh. Sekretaris Daerah Kab. HSS H. Zulkifli, S. Sos, M.AP, Para Asisten dan Staff Ahli serta Para Kepala OPD, Kepala Bagian dan Camat, dari BUMD Direktor PT Tirta Amandit. Adapun dari Legislatif dihadiri Ketua DPRD Kab. HSS H. Akhmad Fahmi, SE, dan Wakil Ketua II DPRD H. Muhammad Kusasi, SE, S.AP, MM serta Para Anggota DPRD Kab. HSS.

Dalam kesempatan itu, sambutan pidato Pj. Bupati HSS H. Hermansyah yang dibacakan Plh Sekda Kab. HSS H. Zulkifli menyampaian 3 (tiga) rancangan peraturan daerah ini, merupakan tindak lanjut dari hasil Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang menyusun jadwal rapat paripurna dengan agenda penyampaian rancangan peraturan daerah sesuai dengan peraturan daerah tahun 2023, program pembentukan tidak lupa kami sampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, baik kepada pimpinan maupun anggota dewan yang terhormat.

Disampaikan juga, penyertaan modal adalah usaha untuk memiliki perusahaan yang baru atau yang sudah berjalan, dengan melakukan setoran modal kepada perusahaan tersebut. Penyertaan modal pemerintah daerah adalah pengalihan kepemilikan kekayaan daerah yang semula merupakan kekayaan yang tidak dipisahkan menjadi kekayaan yang dipisahkan untuk diperhitungkan sebagai modal/saham daerah.

Kebutuhan air minum rumah tangga masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang terus meningkat seiring dengan pertambahan populasi penduduk perlu dilakukan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Masih dalam sambutannya, menyampaikan periode perencanaan pada SPAM Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah selama masa 20 tahun, atau sampai dengan tahun 2041 yang dibagi dalam empat tahapan, yaitu tahap 5 tahun I (2022-2026), tahap 5 tahun II (2027-2031) dan tahap 5 tahun III (2031-2036), tahap 5 tahun IV (2037-2041). Dalam rangka melaksanakan amanah dalam ketentuan dimaksud, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan terus mendorong PT. Tirta Amandit (Perseroda) untuk meningkatkan masyarakat melalui pelayanan air bersih kepada penguatan modal.

Tujuan penyertaan modal Pemerintah Daerah adalah untuk meningkatkan sumber pendapatan asli daerah, pertumbuhan ekonomi, pendapatan masyarakat, dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, penyertaan modal pemerintah daerah berdasarkan prinsip dilaksanakan prinsip ekonomi perusahaan daerah yang transparan dan akuntabilitas.

Selanjutnya izinkan kami menyampaikan penjelasan atas diajukannya rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan ketenagakerjaan. Salah satu bagian yang penting dari pembangunan nasional adalah pembangunan ketenagakerjaan, dimana tenaga kerja merupakan subjek dan objek pembangunan yang mempunyai peran dalam menentukan keberhasilan pembangunan, dan pembangunan dinyatakan berhasil jika masyarakat atau tenaga kerja dapat hidup dengan sejahtera.

Untuk mengarahkan pembangunan nasional yang ramah ketenagakerjaan (employment growth friendly), pembangunan harus merespon paradigma pada orientasi ketenagakerjaan yaitu penciptaan kesempatan kerja yang sebanyakbanyaknya, sehingga pendayagunaan tenaga kerja secara optimal dapat tercapai tanpa mengabaikan aspek pertumbuhan.

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah pembangunan tenaga kerja antara lain melalui dalam peningkatan mutu pendidikan, pelatihan dan pemagangan kerja serta penciptaan lapangan pekerjaan baru yang layak. Upaya tersebut dapat berjalan dengan efektif dan efisien bila kebijakan, strategi dan perencanaan program dan pelaksanaan pembangunan khususnya ketenagakerjaan di dasarkan atas di bidang perencanaan tenaga kerja yang tepat teknologi, berlandaskan ilmu pengetahuan dan data dan informasi yang lengkap akurat dan berkesinambungan serta sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.

Guna mengantisipasi hal tersebut maka upaya peningkatan kualitas, kompetensi dan produktivitas pekerja Indonesia harus dilakukan terus menerus berkelanjutan. Oleh karena itu dan diperlukan dukungan dari pemerintah daerah untuk melakukan pemberdayaan tenaga kerja daerah agar memiliki kompetensi kerja dan produktivitas yang tinggi dibutuhkan dunia usaha sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja baik dari dalam maupun luar negeri.

Melalui rancangan peraturan daerah ini, pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan ingin memberikan pedoman bagi semua pihak yang terlibat dalam pemberdayaan tenaga kerja daerah sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara terarah, terpadu, terkoordinasi, dan berkesinambungan.

Selanjutnya izinkan kami menyampaikan penjelasan atas diajukannya rancangan peraturan daerah tentang perizinan berusaha berbasis risiko. Undang kerja yangundang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta mengubah berbagai ketentuan, memerlukan penyesuaian berbagai aspek pengaturan. Terkait dengan investasi dan kegiatan berusaha, undangundang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja telah memperbarui ketentuan dalam undang beberapa undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang diarahkan untuk memperkuat peran dan komitmen pemerintahan daerah dalam rangka penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam mewujudkan kepastian hukum, serta penyederhanaan perizinan berusaha khususnya di daerah, telah diundangkan regulasi yang merupakan peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja, diantaranya melalui peraturan pemerintah nomor 5 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko dan peraturan pemerintah nomor 6 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha.

Pelayanan perizinan berusaha di daerah yang dilaksanakan oleh dinas wajib menggunakan sistem OSS yang dikelola oleh pemerintah pusat, dan pemberian peluang bagi pemerintah daerah untuk mengembangkan sistem pendukung pelaksanaan sistem OSS sesuai dengan norma, standar, prosedur, dan kriteria yang ditetapkan pemerintah pusat. Dinas diharapkan mampu menyelenggarakan manajemen perizinan berusaha secara cepat, mudah, terintegrasi, transparan, efisien, efektif, dan akuntabel sesuai ketentuan peraturan perundangdengan undangan mengenai penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko.

Sebagai upaya penyederhanaan regulasi khususnya terkait dengan investasi dan kemudahan perizinan berusaha di daerah serta untuk mendorong peningkatan iklim ekonomi di daerah, diperlukan adanya suatu regulasi dalam bentuk peraturan daerah yang komperehensif dan implementatif, sesuai dengan dinamika perkembangan hukum serta kebutuhan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, dipandang perlu untuk menetapkan peraturan daerah tentang berusaha berbasis risiko.

Usai membaca dan menyampaikan 3 Ranperda dalam Rapat Paripurna tersebut, Plh. Sekda H. Zulkifli menyerahkan Dokumen 3 Ranperda yang diterima langsung Ketua DPRD Kab. HSS H. Akhmad Fahmi, SE didampingi Wakil Ketua II DPRD H. Muhammad Kusasi, SE, S.AP, MM. [rivani/ltf/rls].

Sebarkan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalsel

Banjarmasin2 hari ago

Pelantikan Badko HMI Dan Korp HMI-Wati 2024 – 2026, Acil Odah : Wadah Membangun Karakter Lebih Baik Kedepan

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Ketua TP PKK Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah...

Kalsel2 hari ago

Penanganan Masalah Kejiwaan, Acil Odah Dorong Kalsel Bebas Pasung

BalainNews.com, GAMBUT – Dalam penanganan masalah kejiwaan, stigma terhadap instansi yang melayani kejiwaan seperti Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum...

Kalsel3 hari ago

Anak Anak Hingga Acil Acil Terima Bantuan Dan Santunan Khitanan Dari Paman Birin Pada HUT Proklamasi ALRI Ke-75

BalainNews.com, HULU SUNGAI SELATAN – Momentum peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Gubernur Tentara ALRI di Hulu Sungai Selatan dimanfaatkan Gubernur...

Kalsel3 hari ago

Paman Birin Lepas Kibar Merah Putih, Meriahkan HUT Proklamasi ALRI

BalainNews.com, HULU SUNGAI SELATAN – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin melepas peserta Kibar Merah Putih dalam...

Kalsel3 hari ago

Pimpin Proklamasi Kemerdekaan Gubernur ALRI Di Monumen 17 Mei Kandangan, Paman Birin Kobarkan Semangat Pejuang

BalainNews com, HULU SUNGAI SELATAN – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin memimpin peringatan HUT ke-75 Proklamasi...

Banjarbaru4 hari ago

Pemprov Kalimantan Selatan Kirim Usulan 1.618 Calon ASN Tahun 2024 Kepada Kemenpan RB

BalainNews.com, BANJARBARU –  Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengusulkan penerimaan 1.618 Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2024 kepada Kemenpan RB. Usulan...

Banjarbaru7 hari ago

Nasabah Bank Kalsel Raih Hadiah Utama Sebesar Rp500 Juta Pada Undian Simpeda Nasional periode ke-2 Tahun XXXIV-2024

BalainNews.com, BANJARBARU – Nasabah setia Bank Kalsel meraih kemenangan gemilang dalam Undian Simpeda Nasional yang diselenggarakan pada event rutin bertajuk...

Banjarbaru7 hari ago

Jalin Kebersamaan, Pemprov Kalsel dan Bank Kalsel Gelar Eksibisi Sepak Bola

BalainNews.com, BANJARBARU – Paman Birin Trophy VII 2024 telah resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor pada Jumat, 10...

Banjarbaru7 hari ago

Luncurkan Program BEKANTAN, Bank Kalsel Dorong Literasi Dan Inklusi Keuangan Di Kalimantan Selatan

BalainNews.com, BANJARBARU – Bank Kalsel dengan bangga mengumumkan peluncuran Program BEKANTAN (Bekal Untuk Masa Depan), sebuah inisiatif strategis dalam mendorong...

Banjarmasin1 minggu ago

Gubernur Kalimantan Selatan Ajak KB-PII Menjadi Mitra Pemerintah Yang Solid

BalainNews.com, BANJARMASIN – Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) Kalimantan Selatan menyelanggarakan diskusi panel “Kolaborasi Kepemimpinan Dalam Membangun Banua”...

Populer