10 November Hari Pahlawan. Angga : Generasi Muda Jangan Lakukan Tindakan Melawan Hukum – Balain News
Connect with us

Banjarmasin

10 November Hari Pahlawan. Angga : Generasi Muda Jangan Lakukan Tindakan Melawan Hukum

Published

on

BANJARMASIN, balainnews.com – Berkaitan dengan Hari Pahlawan 10 November 2021, kata Praktisi Hukum Angga Parwito, S.H., M.H., Pihaknya mengajak kepada para Pemuda serta seluruh Rakyat Indonesia untuk menjaga cita-cita para Pahlawan.

“Salah satunya dapat kita laksanakan dengan melakukan kegiatan positif yang bermanfaat bagi lingkungan, Bangsa dan Negara. Contohnya mungkin yang pertama, Kita tidak melakukan perbuatan melawan hukum,” ungkap Angga.

Karena menurut Angga, cita-cita para Pahlawan untuk mendirikan suatu Negara dan Bangsa, salah satunya adalah memastikan bahwasanya penegakan Hak Azasi Manusia itu terpenuhi.

“Karena kita tidak ingin Rakyat Kita ini dianggap sebelah mata diperlakukan seenaknya saja oleh para Penjajah. Oleh sebab itu Kita juga harus melaksanakan cita-cita dan keinginan para Pahlawan itu salah satunya dengan tidak melakukan perbuatan melawan hukum,” tegasnya.

Karena menurut Angga, apabila Kita melakukan pembuatan melawan hukum, sama saja Kita mengambil kebebasan dan hak orang lain, itu adalah salah satu bentuk Kita yang dapat dikategorikan sebagai perbuatan yang melawan hukum dan mengambil Hak Azasi Manusia yang dimiliki oleh orang lain.

Apalagi di masa Pandemi Covid 19 ini, Kita juga berharap Masyarakat dapat menerapkan Protokol Kesehatan, agar Negara ini dapat segera terbebas dari Pandemi Covid 19 serta tujuannya agar perekonomian dan pola hidup Kita dapat berjalan normal seperti sediakala sebagai mana sebelum Pandemi Covid 19.

Sementara itu, dengan keadaan yang masih Pandemi Covid 19 saat ini, kata Ketua STIE Indonesia Banjarmasin Dr. Yanuar Bachtiar, S.E., M.Si., bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2021, yang paling penting merefleksikan diri apa yang sudah diperjuangkan para Pahlawan untuk kepentingan Bangsa dan Negara ini.

“Khususnya untuk para Generasi Muda bahwa Bangsa yang besar adalah Bangsa yang bisa menghargai para Pahlawannya. Pesan Kami untuk para Generasi Muda, teladanilah Mereka (para Pahlawan),” ungkap Yanuar.

Dikatakan, Kita sekarang berjuang tanpa harus mengorbankan nyawa. Mereka para Pahlawan berjuang untuk Bangsa ini dengan mengorbankan nyawa.

“Untuk itu, merefleksikan ke diri kita masing-masing untuk bisa mengambil i’tibar dari semua pelajaran yang diberikan Mereka (para Pahlawan) bahwa untuk memperjuangkan Bangsa ini tidak begitu mudah,” Yanuar berpesan.

Untuk itu, kata Yanuar, para Generasi Muda akan datang harus memiliki Patriotisme Kebangsaan yang kuat.

Sedangkan Pahlawan Kalimantan Selatan yang diharapkan dapat menjadi Pahlawan Nasional, menurut Yanuar, melihat beberapa Tokoh yang utamanya basisnya relegius, yang perlu dipikirkan bersama.
Katanya, di Kalimantan Selatan banyak dikenal Tokoh-tokoh yang memang Pejuang, tetapi notabene Mereka juga Ulama atau Kyai.

“Ini yang perlu mendapat perhatian lebih,” tegas Yanuar.

Maksud Yanuar adalah Pejuang yang betul-betul memperjuangkan kemerdekaan yang juga seorang Ulama.

“Contoh saja misalnya Sultan Adam. Beliau adalah seorang Ulama, tetapi juga sebenarnya seorang Pemerintahan yang notabene bisa menjadi salah satu yang diperhitungkan,” usul Yanuar.

Terkait dalam rangka Hari Pahlawan 10 November 2021, menurut Kepsek SMPN 8 Banjarmasin H. Jumberi, S.Pd., M.M., Kita maknai bersama bahwa Hari Pahlawan sangat penting untuk disampaikan pada para Siswa.

“Terutama mengenang sejarah para Pahlawan Kita yang telah berjuang untuk Negara Kita Republik Indonesia. Justru itu Hari Pahlawan ini bisa menghubungkan dengan pembelajaran, khususnya kegiatan pembelajaran tatap muka pada Siswa-siswi Kita mengenai gambaran secara global paling tidak, para Siswa mengenal 10 November itu Hari Pahlawan,” ungkap Jumberi.

Dikatakan, Siswa saat ini sudah hampir melupakan sejarah. Karena sejarah sangat penting bagi Negara Kita. Karena Bangsa yang besar itu adalah Bangsa yang bisa menghargai sejarahnya, khususnya Hari Pahlawan 10 November.(balain/juns)

Sebarkan
1 Comment

1 Comment

  1. Camillat

    29/06/2024 at 9:23 pm

    I enjoyed reading this article. Its well-written and thought-provoking. Lets chat more about this topic. Check out my profile!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalsel

Banjarbaru10 jam ago

Penerbangan Haji Selesai, Kloter Terakhir Tiba di Bandara Syamsudin Noor

BalainNews.com, BANJARBARU – Kloter terakhir rombongan jamaah haji Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah telah tiba dengan selamat di Bandara Syamsudin...

Banjarmasin3 hari ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Rombong Barakah kepada UMKM Penjual makanan Nasi Pundut dan Buras

BalainNews.com, BANJARMASIN – Saat ini Afriani berjualan nasi pundut dan buras beralamat di KM. 6 samping kantor Samsat Banjarmasin, kondisi...

Banjarmasin5 hari ago

UPZ Bank Kalsel Salurkan Bantuan Pendidikan Kepada Anak Yatim Piatu dan Dhuafa Di Rumah Singgah Sayyidah Khadijah Thahirah II Banjarmasin

BalainNews.com, BANJARMASIN – Yayasan Anak Bangsa Mandiri Banua Banjarmasin merupakan salah satu wadah komunitas relawan untuk saling berbagi. Lembaga ini...

Banjarmasin5 hari ago

Bank Kalsel Berikan Bantuan Penunjang Pendidikan Kepada Keluarga Pensiunan Pegawai Bank Kalsel

BalainNews.com, BANJARMASIN – Wujud keberadaan kepedulian Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam membantu keluarga pensiunan Bank Kalsel baik...

Banjarmasin5 hari ago

“Niat Diganggam, Barakat Dikatam, Kalsel Babussalam”, Paman Birin Kick Off Semarak 74 Tahun Provinsi Kalimantan Selatan

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melakukan Kick Off Semarak 74 tahun Provinsi Kalsel sekaligus...

Banjarmasin5 hari ago

Paman Birin dan Acil Odah Bagikan 9 Ribu Paket Sembako Program Keluarga Harapan

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin didampingi Ketua TP PKK Hj. Raudatul Jannah atau...

Banjarmasin6 hari ago

Paman Birin Dukung Penguatan Pemangku Kepentingan Terhadap Pendidikan Vokasi

BalainNews.com, BANJARMASIN – Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) menggelar dialog publik “Kebijakan Bersama Pemangku Kepentingan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan”, Selasa (16/07/2024)...

Banjarbaru1 minggu ago

Paman Birin Apresiasi Festival Antasari 2024, Tekankan Pentingnya Digitalisasi Sistem Pembayaran

BalainNews.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dyan...

Banjarbaru1 minggu ago

Paman Birin Optimis Sambut Geopark Meratus menjadi Unesco Global Geopark

BalainNews.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin terus memantapkan kesiapannya dalam menyambut status Geopark Meratus menjadi...

Banjarbaru2 minggu ago

Tonggak Sejarah Banua, Paman Birin Harapkan Maksimal Persiapan Harjad Kalsel ke-74

BalainNews.com, BANJARBARU – Semangat Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-74 tahun 2024 semakin terasa, pelaksanaan serta kesiapan terus dimatangkan. Hal ini...

Populer