Karnaval Ramadhan Baznas Kalsel Momentum Bangkitnya UMKM – Balain News
Connect with us

Banjarmasin

Karnaval Ramadhan Baznas Kalsel Momentum Bangkitnya UMKM

Published

on

Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Pemko Banjarmasin Dr Machli Riyadi SH MH, Ketua Baznas Kalsel Drs H Irhamsyah Safari dan Kabid Pariwisata dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin Fitriah, SE Pembukaan Kegiatan Karnaval Ramadhan BAZNAS Kalsel. Jum'at (1/4/2022). (Foto : Ist).

BalainNews.com, BANJARMASIN – BAZNAS Kalimantan Selatan menggelar Karnaval Ramadhan, mulai tanggal 2 April sampai 29 April 2022.

Kegiatan yang dipusatkan di Area Kebun Sehat Baznas, jalan Jahri Saleh, Sungai Jingah Banjarmasin, digelar setiap hari mulai pukul 14.00 sampai 18.00 wita.

Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Pemko Banjarmasin Dr Machli Riyadi SH MH, Jum’at (1/4/2022) selesai membuka kegiatan ini menyatakan, kegiatan yang digelar Baznas ini, diharapkan merangsang UMKM di Kota Banjarmasin semakin bangkit kembali, karena selama dua tahun kita Covid 19, sehingga dengan menyambut Ramadhan ini geliat UMKM diharapkan bangkit.

“Hari ini oleh Baznas Kalsel saya kira sebuah strategi yang luar biasa yang mendorong masyarakat dari Kelas bawah untuk seperti ini membuat kue. apa yang selama ini tertunda selama dua tahun karena covid 19, kita bersyukur kembali gairahnya bangkit,” ungkap Machli.

Sedangkan Fitriah, SE. selaku Kabid Pariwisata dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin
menyatakan, dengan kegiatan ini, salah satunya untuk membantu perekonomian pelaku-pelaku usaha kita yang ada, khususnya di wilayah kampung Sungai Jingah. Sedangkan untuk pengembangan berikutnya, Dinasnya kata Fitriah, memikirkan segi anggarannya.

“Kalau untuk membangun dan mengembangkan itu selalu dari Pemko melalui Dinas Pariwisata. Cuma untuk itu kembali pada faktor anggaran. Karena segala sesuatunya kita harus memikirkan dari segi anggarannya,” ungkapnya.

Kalau untuk prioritas, katanya, untuk sementara ini kepada UMKM. Karena UMKM Kita sekarang ini juga ada yang harus dikembangkan.
Dikatakan, sementara ini kita ada beberapa destinasi seperti Pokdarwis, mereka juga di situ ada pelaku-pelaku usaha dan juga obyek-obyek wisatanya.

“Mereka juga perlu kita dampingi dan juga kita bina untuk bisa berkembang dan maju,” Fitriah menambahkan.

Disebutkan, sebelum Ramadhan, melalui Pemko, Dispar ada Pokdarwis seperti mewarung baimbai, karindangan, dan itu salah satunya untuk membantu perekonomian UMKM kita yang ada di kota.

“Covid yang sudah mulai agak melandai, level 3 untuk Banjarmasin, tapi harapannya tentu semakin baik dan semakin maju untuk usaha-usaha yang ada di Banjarmasin dengan dukungan Pemerintah dan dukungan masyarakat yang juga harus memenuhi betul-betul protokol kesehatan dalam pelaksanaannya,” pungkasnya.

Sedangkan Ketua Baznas Kalsel Drs H Irhamsyah Safari menyatakan,
setelah melihat antusiasme Warga di Sungai Jingah dan Ibu-ibu binaan UMKM Baznas, kita berharap bahwa selama Ramadhan betul-betul bisa meningkatkan apa yang diharapkan bersama seperti tadi, bahwa mereka betul-betul bisa memberikan pelayanan kepada warga sekitar. Yang penerima manfaat juga akan mendapatkan keberkahan Ramadhan.

“Dengan digelarnya Karnaval Ramadhan ini, yang selama ini berjualan secara offline seadanya, dengan difasilitasi seperti ini, kita berharap ada peningkatan omset pada mereka selama ramadhan dan setelah ramadhan,” ungkap Irhamsyah.

Dalam kegiatan Karnaval Ramadhan, Masyarakat dapat mengikuti Beragam Kegiatan Karnaval Seru di Bulan Ramadhan, seperti Aneka Permainan Tradisional, Aneka Perlombaan Permainan Tradisional, Kompetisi Video Kreatif, Pasar Ramadhan, Menu Spesial Berbuka Puasa dan Kegiatan Seru Lainnya.(balain/rivani)

Sebarkan
1 Comment

1 Comment

  1. Sharont

    28/06/2024 at 6:08 pm

    Very well written! The points discussed are highly relevant. For further exploration, check out: LEARN MORE. Keen to hear everyone’s opinions!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalsel

Banjarmasin12 jam ago

Kampanyekan Gerakan Gaya Hidup Sehat dan Pelestarian Lingkungan, Bank Kalsel Luncurkan Event AKSEL Virtual Run 2024

BalainNews.com, BANJARMASIN – Dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-74, Bank Kalsel meluncurkan AKSEL Virtual Run 2024 bertajuk...

Banjarmasin1 hari ago

High Level Meeting Collecting Agent dan Penyaluran KUR, Bank Kalsel Raih Dua Penghargaan

BalainNews.com, BANJARMASIN – Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar High Level Meeting Collecting Agent dan Penyaluran KUR Semester 1...

Banjarmasin2 hari ago

Pemprov Kalsel Gelar Bimtek Penanganan Kawasan Permukiman

BalainNews.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi menggelar Bimbingan Teknis Penanganan Kawasan...

Banjarmasin2 hari ago

Akselerasi KUR dan Implementasi Transaksi Digital Pemerintah Dalam Mendukung Perekonomian Kalsel

BalainNews.com, BANJARMASIN – Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan High Level Meeting Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Collecting...

Banjarmasin3 hari ago

Peringatan Hari Pengayoman 2024, Paman Birin Bakal Pimpin Penyerahan Remisi Kemenkumham

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin menerima kunjungan pejabat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM...

Banjarbaru4 hari ago

Penerbangan Haji Selesai, Kloter Terakhir Tiba di Bandara Syamsudin Noor

BalainNews.com, BANJARBARU – Kloter terakhir rombongan jamaah haji Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah telah tiba dengan selamat di Bandara Syamsudin...

Kalsel4 hari ago

Paman Birin Bagikan Hadiah Umrah Jalan Sehat Islami dan Karnaval Haplah Ponpes Hidayatullah Martapura

BalainNews.com, BANJAR – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melepas para santri dan santriwati dalam acara Pelepasan...

Banjarbaru5 hari ago

Pelantikan KBB Provinsi Bali, Paman Birin dan Acil Odah Disambut Antusias Warga Banjar

BalainNews.com, DENPASAR – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin yang juga Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar(KBB) Sa’dunia melantik...

Banjarmasin6 hari ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Rombong Barakah kepada UMKM Penjual makanan Nasi Pundut dan Buras

BalainNews.com, BANJARMASIN – Saat ini Afriani berjualan nasi pundut dan buras beralamat di KM. 6 samping kantor Samsat Banjarmasin, kondisi...

Banjarbaru1 minggu ago

Paman Birin dan Acil Odah Pimpin Pencanangan PIN Polio di Provinsi Kalsel

BalainNews.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, dan...

Populer