1.300 Pohon Mangrove Ditanam Prajurit Lanal Banjarmasin Di Pesisir Sungai Bakau – Balain News
Connect with us

Daerah

1.300 Pohon Mangrove Ditanam Prajurit Lanal Banjarmasin Di Pesisir Sungai Bakau

Published

on

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla di dampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta para pengurus, Forkopimcam, siswa Amnus (Akademi Maritim Nusantara), pramuka saka bahari dan masyarakat pesisir. (Foto : Penal Banjarmasin).

BalainNews.com, TANAH LAUT – Bertempat dipesisir Desa. Sungai Bakau Kec. Kurau Kab. Tanah Laut Prov. Kalsel, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin telah melaksanakan tanam pohon Mangrove tahap pertama sebanyak 1.300 pohon dan tahap kedua akan dilaksanakan secara serentak nasional pada tanggal 26 Juli 2022 sebanyak 3.000 pohon.

Penanaman Mangrove kali ini mengambil tema “Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Tahun 2022 TNI Angkatan Laut Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana, Perubahan Iklim dan Cuaca Global. Kamis, (30/6/2022).
The Mangrove Leader And Safe Our Earth

Dikesempatannya, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla mengatakan, kegiatan yang baik dan bermanfaat ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian memperingati hari Mangrove sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli tahun 2022. Salah satu tujuannya adalah untuk mengantisipasi abrasi pertahanan pantai serta dapat mendorong dan menumbuhkan kesejahteraan perekonomian masyarakat maritim, terutama para warga pesisir.

Selain itu pohon Mangrove mempunyai banyak kegunaannya diantaranya, memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi obyek wisata alam, getahnya untuk campuran batik, buahnya dapat diolah menjadi minuman sirup, sumber pendapatan bagi nelayan pantai, mencegah pemanasan global, sebagai habitat perikanan dan mencegah erosi.

Rencana kedepan Lanal Banjarmasin memiliki dua program nasional yakni penanaman Mangrove serentak nasional dan program pembentukan Kampung Bahari Nasional (KBN) di DesaTabanio Kec. Takisung Kab. Tanah Laut.

Penanaman Mangrove ini merupakan tindak lanjut perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara., Terang Danlanal.

Turut hadir Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta para pengurus, Forkopimcam, siswa Amnus (Akademi Maritim Nusantara), pramuka saka bahari dan masyarakat pesisir.[riv/rls/Penal Banjarmasin].

Sebarkan

Daerah

Gema Suara Dukungan Masyarakat di Pelosok Desa Tanah Laut, Buat H Bambang Alamsyah Berdiri Melangkah Maju Sebagai Calon Bupati 2024-2029

Published

on

H Bambang Alamsyah bersama Kedua Orang Tua, Istri dan Anak-Anak. (Foto : FB/BA).

BalainNews.com, PELAIHARI – Setelah lima tahun menikmati kehidupan yang lebih tenang, jauh dari panggung politik, H. Bambang Alamsyah menikmati kedekatan dengan keluarga dan orang-orang terkasih. Mantan Bupati Tanah Laut periode 2013-2018 ini kini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menata usaha perkebunan, sebuah dunia yang memberinya kebahagiaan dan kedamaian. Ia mendampingi anak-anaknya tumbuh, merawat keluarga dengan penuh cinta, serta menjalankan tanggung jawab sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya.

Namun, di tengah kesederhanaan hidupnya, gema dukungan dari masyarakat Tanah Laut justru semakin nyaring terdengar. Dari berbagai penjuru desa, suara-suara harapan datang, meminta H. Bambang kembali memimpin daerah yang begitu dicintainya. Masyarakat mengingat kepemimpinannya yang tenang, bijak, dan penuh perhatian terhadap kebutuhan warganya. Mereka melihatnya sebagai sosok yang mampu memimpin tanpa pamrih, seorang pemimpin yang tidak hanya mengabdi ketika berkuasa, tetapi juga ketika kembali menjadi bagian dari masyarakat biasa.

Dukungan ini terus mengalir, bukan karena janji atau ambisi politik yang memaksa, tetapi karena kerinduan akan pemimpin yang berjiwa merakyat. Dalam kesahajaannya, H. Bambang menjadi simbol harapan yang nyata bagi warga desa. Sosoknya yang rendah hati dan terus terhubung dengan masyarakat membuat orang-orang di Tanah Laut percaya bahwa hanya dengan pemimpin yang tulus, desa-desa mereka bisa tumbuh lebih sejahtera.

Meskipun H. Bambang tak pernah terpikir untuk kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Tanah Laut di Pilkada 2024, dukungan ini membuatnya merenung dalam. Ia sadar bahwa menjadi pemimpin bukan hanya soal jabatan, tetapi juga soal pengorbanan. Bagi masyarakat, mereka siap berkorban, berdiri di belakangnya, meyakini bahwa kepemimpinannya akan membawa angin perubahan bagi daerah mereka. Dalam hati mereka, H. Bambang adalah sosok yang telah membuktikan, bahwa pemimpin terbaik adalah yang siap dikorbankan untuk kepentingan banyak orang.

Kini, pertanyaan yang tersisa bukan lagi tentang apa yang diinginkan H. Bambang, tetapi tentang bagaimana dia akan menanggapi kepercayaan besar yang diberikan oleh hampir seluruh desa di Tanah Laut. Sebuah kepercayaan yang lahir dari cinta, pengorbanan, dan kerinduan pada sosok pemimpin yang sederhana, tulus, dan membawa harapan. Apakah ia akan kembali? Ataukah ia tetap memilih jalannya yang tenang bersama keluarga? Apapun keputusannya, masyarakat Tanah Laut tahu bahwa H. Bambang Alamsyah telah memberikan yang terbaik bagi mereka dengan atau tanpa jabatan. [riv]

Sebarkan
Continue Reading

Daerah

Kesehatan Gratis, Pupuk Untuk Petani dan Pendidikan Program Prioritas Bambang Alamsyah

Published

on

Paslon Nomor 2 H Bambang Alamsyah bersama warga Desa Panggung. (Foto : Rdr).

BalainNews.com, PELAIHARI – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut nomor urut 2, H Bambang Alamsyah dan Ikhwan Khariri (BAIK). H Bambang Alamsyah memulai rangkaian sosialisasi dengan kunjungan ke Desa Pemuda, Kecamatan Pelaihari, Jumat (11/10).

Acara ini dihadiri lebih dari 50 warga setempat yang antusias mendengar langsung visi dan program yang diusung oleh Bambang, mantan Bupati Tanah Laut periode 2013–2018.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang menyampaikan rencana untuk mengembalikan program-program pro-rakyat yang pernah ia jalankan, terutama di sektor kesehatan dan pendidikan.

Bambang menegaskan, “Saya ingin seluruh masyarakat mendapatkan akses kesehatan yang baik, terutama bagi yang kurang mampu,” ucapnya.

Meskipun ada BPJS, Bambang menyadari banyak masyarakat yang kesulitan membayar iuran. Oleh karena itu, program kesehatan gratis akan dihadirkan kembali, khususnya untuk mereka yang membutuhkan.

RSUD Hadji Boejasin yang telah dibangun hingga lima lantai akan terus dikembangkan dengan melengkapi fasilitas kesehatan dan sumber daya manusia, termasuk dokter spesialis. Hal ini diharapkan dapat mengurangi kebutuhan masyarakat untuk berobat ke luar daerah, sehingga menghemat biaya transportasi.

Saat ditanya apakah warga mendukung program ini, serempak mereka menjawab, “Lanjutkan!”, Hal ini menunjukkan antusiasme warga terhadap janji-janji yang disampaikan Bambang.

Di bidang pendidikan, Bambang juga berjanji untuk mengembalikan program bantuan pendidikan yang sempat berjalan pada 2017.

“Dulu, kami memberikan bantuan perlengkapan sekolah untuk 6.000 anak dari keluarga kurang mampu, termasuk yang bersekolah di pesantren. Ini akan kita kembalikan,” kata Bambang.

Dia menekankan pentingnya membantu anak-anak dari keluarga tidak mampu agar tetap semangat untuk melanjutkan pendidikan.

Selain kesehatan dan pendidikan, Bambang juga fokus pada sektor pertanian, yang dianggap strategis untuk Tanah Laut, terutama dalam menyokong Ibu Kota Negara (IKN). Dia berjanji untuk menyediakan pupuk gratis dan traktor bagi petani, agar mereka dapat bersaing dengan daerah lain, khususnya di Jawa.

Siti Aisyah, seorang warga Desa Pemuda yang juga anggota kelompok tani, menyatakan dukungannya terhadap program ini.

“Program pupuk gratis dan traktor sangat bagus karena saat ini pupuk mahal dan traktor sulit didapat. Kami sangat menunggu kehadiran putra daerah seperti Bambang yang peduli terhadap nasib petani,” ujarnya.

Setelah kunjungan ke Desa Pemuda, Bambang melanjutkan silaturahmi ke warga Desa Panggung, Kecamatan Pelaihari. Salah satu warga, Septian, mengucapkan, “Alhamdulillah H Bambang Alamsyah maju lagi menjadi calon Bupati Tanah Laut. Semoga program untuk memajukan pertanian yang pada 5 tahun lalu kembali lagi, dan kami warga Desa Panggung dapat menikmati program tersebut untuk kemajuan pertanian di Tanah Laut.”

Warga Desa Pemuda dan Panggung, yang mayoritas petani, menyambut baik kehadiran Bambang Alamsyah. Banyak yang optimis bahwa dengan pengalaman dan rekam jejaknya sebagai mantan Bupati, dia akan kembali memajukan Tanah Laut. Harapan besar disematkan pada program-program yang diusung Bambang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. [riv/rdr]

Sebarkan
Continue Reading

Daerah

Hari ke-2 Kampanye H Bambang Alamsyah – Ikhwan Khariri Terus Sapa Warga Tanah Laut, Fokus pada Kesehatan, Pendidikan, Pertanian dan Infrastruktur

Published

on

Bupati Tanah Laut 2013 - 2018 H Bambang Alamsyah dan Istri bersama Masyarakat. (Foto : Alfi)

BalainNews.com, Tanah Laut – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut 2024-2029, H. Bambang Alamsyah dan Ikhwan Khariri, tak henti bergerak menyapa masyarakat di berbagai desa. Mereka terus melanjutkan rangkaian kampanye yang diproyeksikan berlangsung selama hampir dua bulan ke depan, dengan komitmen untuk mendengar aspirasi warga secara langsung.

Dalam kampanye hari ke-2 yang telah digelar di beberapa wilayah, Bambang Alamsyah dan Ikhwan Khariri memaparkan program unggulan yang menjadi fokus mereka. Kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan pertanian menjadi prioritas utama dalam visi misi pasangan ini. Rabu (2/10/24)

“Kami berkomitmen untuk memberikan jaminan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang kurang mampu. Selain itu, kami akan memastikan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau bagi semua anak di Tanah Laut,” ujar Bambang Alamsyah dalam salah satu pertemuan dengan warga.

Di bidang infrastruktur, pasangan ini juga berjanji untuk memperbaiki akses jalan di berbagai pelosok desa, sehingga dapat menunjang perekonomian warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Antusiasme masyarakat terlihat di setiap pertemuan. Warga menyambut baik program-program yang disampaikan, khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kualitas layanan kesehatan dan dukungan pada sektor pertanian yang menjadi tulang punggung perekonomian Tanah Laut.

Kampanye ini diharapkan dapat menjembatani komunikasi antara calon pemimpin dan masyarakat, serta memberikan pemahaman lebih jelas tentang program-program yang ditawarkan untuk kemajuan Tanah Laut di masa mendatang.

Kegiatan kampanye Paslon 02 ini masih akan berlangsung hingga mendekati hari pemilihan, dengan agenda kunjungan yang merata ke berbagai desa di seluruh Tanah Laut. [riv/mc BAIK]

Sebarkan
Continue Reading

Daerah

Dayat El, Anak Muda Dari Banua Resmi Dilantik Jadi Anggota DPD RI

Published

on

Muhammad Hidayattollah atau biasa dipanggil Dayat El resmi dilantik menjadi Anggota DPD RI periode 2024-2029, di Gedung DPR/MPR RI Jakarta, Selasa (1/10). (Foto : Ist).

BalainNews.com, BARABAI – Anak muda banua, Muhammad Hidayattollah resmi dilantik menjadi Anggota DPD RI periode 2024-2029, di Gedung DPR/MPR RI Jakarta, Selasa (1/10).

Dayat El panggilan akrabnya, pemuda asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ini dilantik dan diambil sumpah jabatan bersama 152 Anggota DPD RI lainnya yang terpilih pada Pemilu Legislatif 2024 lalu.

Dayat El mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kalsel yang telah mempercayakan suatu amanah itu kepadanya.

“Alhamdulillah waktu Pemilu kemarin kita mendapatkan suara terbanyak kedua, terima kasih semuanya. Mohon doa dan dukungannya selalu untuk kami, agar dapat mengemban amanah dan menjalankan tugas dengan baik dan bermanfaat untuk orang lain, khususnya warga banua,” jelasnya.

Ia menegaskan, Kalsel khususnya, membutuhkan perwakilan anak muda yang dapat mewakili aspirasi semua kalangan, bukan hanya berfokus pada rekam jejak dan prestasi individu.

“Seperti visi sebelumnya, kita akan mewakili anak muda dalam menjalankan tugas di DPD dan memperjuangkan aspirasi serta program khusus untuk generasi muda,” kata sang influencer pemilik 41 ribu lebih pengikut di Instagram itu.

Ketua Ikatan Nanang Galuh (Inaga) Kalsel itu percaya bahwa kehadiran perwakilan anak muda di sana akan memungkinkan aspirasi dan program khusus untuk generasi muda dapat diwujudkan.

“Anak muda harus dapat bergerak cepat dan tepat untuk memajukan Kalsel. Juga penting untuk menggunakan pengaruh untuk tujuan yang positif dan berkontribusi pada kebaikan masyarakat,” tutupnya. [riv/nrl]

Sebarkan
Continue Reading

Daerah

Sukses Gelar AKSEL Virtual Run 2024, Bank Kalsel Buktikan Komitmen Penanaman 7.400 Bibit Mangrove

Published

on

Bank Kalsel bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan menutup kegiatan dengan aksi penanaman 7.400 bibit mangrove di Pantai Tanjung Dewa. (Foto/Ist) 

BalainNews.com, TANAH LAUT – Sebagai rangkaian dari event AKSEL Virtual Run 2024 yang telah sukses dilaksanakan, hari ini Bank Kalsel bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan menutup kegiatan dengan aksi penanaman 7.400 bibit mangrove di Pantai Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Rabu (25/09/2024).

Acara penanaman ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana; Kabid Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Laut, Kartika Lisa; Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, Mitra Damayanti; Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel, Firmansyah; Kepala Bank Kalsel KC Pelaihari, Andhy Andriyawan; Perwakilan Babinsa dan TNI AL Kabupaten Tanah Laut, serta Perwakilan Komunitas Lari (Banua Run, Gubernur Run dan South Borneo Runner).

Kegiatan ini merupakan puncak dari kampanye #SehatDiriBumiLestari yang diusung Bank Kalsel dalam rangka Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-74.

Sebelumnya, lebih dari 1.000 pelari dari berbagai daerah telah berpartisipasi dalam event virtual run yang berlangsung dari tanggal 24 Juli hingga 14 Agustus 2024. Setiap kilometer yang ditempuh oleh para peserta dikonversikan menjadi satu bibit mangrove untuk ditanam, sehingga terkumpul total 7.400 bibit mangrove yang ditanam pada hari ini.

Dalam sambutannya, Direktur Kepatuhan Bank Kalsel Mitra Damayanti menyampaikan bahwa AKSEL Virtual Run 2024 bukan hanya sekadar ajang lari, tetapi juga sebuah gerakan kolektif untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan.

“Penanaman 7.400 bibit mangrove hari ini adalah bentuk nyata dari kontribusi kita bersama untuk menjaga kelestarian alam. Kami berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi, serta kepada stakeholders dan komunitas yang mendukung penuh kegiatan ini,” ungkapnya.

Senada dengan Mitra, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana sangat mengapresiasi inisiatif Bank Kalsel dalam menyelenggarakan kegiatan yang menggabungkan antara promosi gaya hidup sehat dengan upaya nyata pelestarian lingkungan.

“Penanaman mangrove ini sangat penting untuk menjaga ekosistem pesisir kita dari abrasi dan perubahan iklim. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan menginspirasi lebih banyak pihak untuk berperan aktif dalam pelestarian lingkungan,” harap Hanifah.

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Laut, Kartika Lisa turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menyelenggarakan kegiatan ini.

“Semoga melalui sinergi dan kolaborasi antara Bank Kalsel dengan DLH Prov Kalsel yang telah memilih Desa Tanjung Dewa sebagai tempat penanaman mangrove memberikan manfaat yang luar biasa untuk lingkungan kita. Kami juga berpesan kepada masyarakat agar menjaga tanaman mangrove yang sudah ditanam ini,” tuturnya.

Sebagai komunitas yang peduli akan kesehatan, tak lupa Rizqa Monada dari South Borneo Runners mengungkapkan rasa bangga bisa menjadi bagian dari AKSEL Virtual Run 2024.

“Melalui kegiatan ini, kami tidak hanya berlari untuk kesehatan diri, tetapi juga berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. Semoga inisiatif ini dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lari lainnya untuk melakukan kegiatan serupa yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” pungkasnya.

Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan AKSEL Virtual Run 2024 ini, Bank Kalsel dan para peserta berharap dapat terus menggerakkan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan menerapkan gaya hidup sehat. Penanaman mangrove hari ini bukanlah akhir, tetapi awal dari upaya berkelanjutan untuk menjaga kelestarian bumi kita. #SehatDiriBumiLestari. [adv/rivani]

Sebarkan
Continue Reading

Kalsel

Banjarmasin4 hari ago

UPZ Bank Kalsel Berikan Gerobak Kepada 6 Orang Mustahik Berkolaborasi Dengan UPZ Bakti Bersama

BalainNews.com, BANJARMASIN – Dalam rangka meningkatkan sumber pendapatan masyarakat golongan menengah ke bawah, serta dalam rangka mengurangi angka keniskinan yang...

Banjarmasin4 hari ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Biaya Pendidikan 24 Siswa(i) di MTs Siti Mariam Banjarmasin

BalainNews.com, BANJARMASIN – Salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sebagai...

Daerah1 minggu ago

Gema Suara Dukungan Masyarakat di Pelosok Desa Tanah Laut, Buat H Bambang Alamsyah Berdiri Melangkah Maju Sebagai Calon Bupati 2024-2029

BalainNews.com, PELAIHARI – Setelah lima tahun menikmati kehidupan yang lebih tenang, jauh dari panggung politik, H. Bambang Alamsyah menikmati kedekatan...

Banjar1 minggu ago

Menteri LHK Bersama Sekdaprov Kalsel dan Dubes Norwegia Gerakan Penanaman Pohon Bersama Kelompok Tani di Kabupaten Banjar

BalainNews.com, BANJAR – Usai meresmikan Persemaian Liang Anggang Kota Banjarbaru, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya...

Banjarbaru1 minggu ago

Menteri LHK Siti Nurbaya Resmikan Persemaian Liang Anggang di Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARBARU – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya didampingi Gubernur Kalsel melalui Sekretaris Daerah Provinsi...

Banjarmasin1 minggu ago

Terakhir Gema Maulid 40 Malam, Guru Supian Al- Banjari Sampaikan Tausiyah di Mahligai Pancasila

BalainNew.com – BANJARMASIN – Rangkaian kegiatan Gema Maulid 40 malam 1446 Hijriah telah resmi ditutup dengan puncak acara yang digelar...

Banjarmasin2 minggu ago

Gelar Peringatan Wafat ke-162  Tahun Pangeran Antasari, Juriat Harapkan Perluasan Area Makam

BalainNews.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan upacara Peringatan Wafat ke-162 Tahun Pahlawan Nasional Pangeran Antasari, Jumat (11/10/2034) di...

Banjarmasin2 minggu ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Mustahik melalui Modal Usaha Kepada lbu Putri Maharani

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ibu Putri Maharani merupakan istri Abdul Gafur (Satpam Tenaga Alih Daya Bank Kalsel) yang mempunyai usaha berjualan...

Banjarmasin2 minggu ago

Malam ke -36 Gema Maulid Hadirkan Ustadz Marbawi Zamzam dari Pondok Pesantren Yasin Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gelaran Gema Maulid 40 Malam 1446 H yang diinisiasi oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau akrab...

Banjarmasin2 minggu ago

Hari ke-35 Gema Maulid 40 Malam, Guru Supian : Memperingati Maulid Rasulullah Bagian dari Mengambil Berkah

BalainNews.com, BANJARMASIN – Memasuki hari ke 35 Gema Maulid 40 Malam 1447 Hijriyah, Selasa (08/10/2024) di Mahligai Pancasila Banjarmasin, hadir...

Populer