BPBD Kotabaru Diharapkan Dapat Tangani Banjir Pulau Laut Utara – Balain News
Connect with us

Banjarmasin

BPBD Kotabaru Diharapkan Dapat Tangani Banjir Pulau Laut Utara

Published

on

Kondisi banjir di Pulau laut Utara. (Foto : Kolase/Ist)

BalainNews.com, BANJARMASIN – Perkembangan situasi banjir di Pulau Laut Utara pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 Sekitar pukul 11.00 Wita

Adapun titik tempat banjir sbb :

1. Jalan raya stagen Km 11 Desa Sebelimbingan Ketinggian 15 Cm.
Masih bisa dilewati R2, R4

2. Jalan raya Stagen Km 08 Depan kantor Partai Nasdem Ketinggian air 70 Cm.
TIDAK BISA DILEWATI R2 dan R4

3. Jalan raya Hasan Basri Depan Kantor KPU Ketinggian air 20 Cm. Masih bisa dilewati

4. Jalan raya M.Alwi depan GOR Desa Semayap Ketinggian air 60 Cm.
Tidak bisa dilewati R2 R4

5. Jalan Haji agus salim depan masjid jami Kelurahan Kotabaru Tengah Kec.Pulau Laut Sigam Ketinggian air 40 Cm. Tidak bisa dilewati R2 dan R4

6. Jalan raya berangas Km 3,5 Desa Sigam Kec.Pulau Laut Sigam (sungai sigam meluap). Ketinggian air 20 Cm
Bisa dilewati dengan cara bergantian

7. Jalan Singabana (Bakti) Kel.Kotabaru Tengah Ketinggian air 20 Cm.
Bisa dilewati

8. Jalan P.Diponegoro depan rumah makan kalijo dan Polres Kotabaru
Tinggi air 35 cm Tidak bisa dilewati R2

9. Jalan Suryagandamana, Sungai warik
Tinggi air 20 Cm. Bisa dilewati

10. Jalan raya stagen Km 08 depan kantor partai Nasdem yang merupakan jalan akses dari Stagen menuju ke Kab.Kotabaru tidak bisa dilewati baik roda 2 maupun roda 4, sampai dengan saat ini jam 12.15 WITA dan hujan saat ini hujan masih lebat.

Menyinggung bencana banjir di Kotabaru, Info kawan-kawan BPBD Kotabaru, Sekretaris BPBD Kalsel Iswantoro, yang dihubungi via telepon, Jum’at (29/7/2022) mengatakan, dari konfirmasi pihaknya ke BPBD Kotabaru, diperoleh informasi bahwa BPBD Kotabaru sudah melakukan kegiatan seperti evakuasi masyarakat yang terdampak, mengalihkan alur sungai yang ada dan pembersihan alur dan kantor serta pemukiman dari sampah-sampah.

“Kalau Kabupaten/Kota bisa handle, Kabupaten Kota yang mengerjakan. Tapi dia kalau belum bisa dan minta bantuan ke Provinsi (BPBD Provinsi Kalsel) kita akan jalan. Dan Kotabaru jauh jalannya. Kalau di sistem kita, BPBD-BPBD terdekat bisa memback-up kalau memang perlu cepat. Karena area waktunya perlu diperhatikan, perlu dipertimbangkan. Jadi sementara ini kawan-kawan di Kotabaru belum meminta bantuan kepada kita. Artinya mereka masih mampu untuk menghandle. Mudah-mudahan cepat selesai,” ungkap Iswantoro.(riv/juns)

Sebarkan

Banjarmasin

UPZ Bank Kalsel Berikan Gerobak Kepada 6 Orang Mustahik Berkolaborasi Dengan UPZ Bakti Bersama

Published

on

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada perwakilan penerima Gerobak Berkah. (Foto/Ist) 

BalainNews.com, BANJARMASIN – Dalam rangka meningkatkan sumber pendapatan masyarakat golongan menengah ke bawah, serta dalam rangka mengurangi angka keniskinan yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan, maka perlunya diberikan fasilitas berupa rombong atau gerobak sebagai salah satu sarana untuk memudahkan berjualan bagi mereka serta untuk membangkitkan dan meningkatkan usaha bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Pada kesempatan kali ini UPZ Bank Kalsel berkolaborasi dengan UPZ Bakti Bersama sebagai bentuk dukungan program pemberian Gerobak Berkah yang digagas oleh UPZ Bakti Bersama.

Berdasarkan hal tersebut, sebagai bentuk kepedulian terhadap para pelaku UMKM di Kalimantan Selatan khususnya di Kota Banjarmasin, UPZ Bank Kalsel berkolaborasi dengan UPZ Bakti Bersama dengan memberikan masing-masing berupa Gerobak Berkah sebagai tempat usaha diberikan kepada kepada 6 orang mustahik yakni lbu Rusiati, Ibu Purnama, Ibu Latifah, lbu
Rabiatul Adawiyah, Ibu Yanti dan Ibu Komariah.

Adapun dalam penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada perwakilan penerima Gerobak Berkah dengan didampingi Ketua UPZ Bakti Bersama, Maulana, LC dan Staf serta disaksikan oleh Wakil Ketua Il BAZNAS Provinsi Kalsel, H. Gurdani Syukur.

“Semoga dengan bantuan tersebut dapat membantu dalam peningkatan usaha bagi 6 orang mustahik tersebut sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” ungkap Fajri Muhtadi. [adv/rivani]

Sebarkan
Continue Reading

Banjarmasin

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Biaya Pendidikan 24 Siswa(i) di MTs Siti Mariam Banjarmasin

Published

on

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel HM Fajri Muhtadi. (Foto/Ist) 

BalainNews.com, BANJARMASIN – Salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang handal dan siap pakai untuk terjun kemasyarakat atau pemerintah.

Namun jenjang pendidikan yang harus dilewati adalah sangat panjang dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karenanya proses dalam pendidikan formal atau non formal harus benar-benar diperhatikan agar dapat melahirkan penerus bangsa yang unggul.

Berdasarkan hal tersebut UPZ Bank Kalsel memberikan bantuan kembali untuk biaya Pendidikan sampai lulus sekolah di MTS Siti Mariam Banjarmasin bagi siswa(i) yatim piatu dan kurang mampu.

Adapun dalam penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel HM Fajri Muhtadi beserta Staf UPZ Bank Kalsel kepada Kepala Sekolah MTs Siti Mariam Banjarmasin Taufik Rahman, M.Pd.I.

Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi, berharap agar bantuan biaya pendidikan Bank Kalsel melalui UPZ Bank Kalsel dapat memberikan semangat baru bagi para Siswa(i) yang menerima bantuan biaya pendidikan sampai lulus sekolah untuk menyelesaikan pendidikan mereka di MTS Siti Mariam Banjarmasin.

“Bagi Donatur dan Sahabat Bank Kalsel yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajak Fajri Muhtadi. [adv/rivani]

Sebarkan
Continue Reading

Banjarmasin

Terakhir Gema Maulid 40 Malam, Guru Supian Al- Banjari Sampaikan Tausiyah di Mahligai Pancasila

Published

on

Tausiah oleh Tuan Guru Haji Ahmad Sufian Al-Banjari, di gedung mahligai Pancasila, Banjarmasin. (Foto/Adpim)

BalainNew.com – BANJARMASIN – Rangkaian kegiatan Gema Maulid 40 malam 1446 Hijriah telah resmi ditutup dengan puncak acara yang digelar pada malam ke-40.

Kegiatan ini diisi tausiah oleh Tuan Guru Haji Ahmad Sufian Al-Banjari, di gedung mahligai Pancasila, Banjarmasin, minggu (13/10) malam.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin, yang mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh panitia dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Gema Maulid selama 40 malam berturut-turut.

Dirinya juga menekankan keutamaan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, kegiatan seperti ini bukan hanya sebuah tradisi, tetapi juga bentuk kecintaan umat terhadap Rasulullah SAW, serta momentum untuk memperdalam pengetahuan dan pengamalan ajaran agama.

“Peringatan Maulid Nabi memiliki keutamaan yang sangat besar, karena melalui kegiatan ini, kita tidak hanya mengenang kelahiran Rasulullah SAW, tetapi juga menjadikan beliau sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Islami yang menguatkan iman dan meningkatkan ketakwaan masyarakat,” ujarnya.

Syarifuddin juga menambahkan bahwa penyelenggaraan kegiatan-kegiatan Islami seperti Gema Maulid ini merupakan bentuk upaya pemerintah dalam mendukung peningkatan kualitas spiritual dan sosial masyarakat.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi generasi muda untuk terus mencintai Rasulullah SAW dan menjadikan Islam sebagai pedoman hidup. Kami sangat mengapresiasi kerja keras panitia dan antusiasme masyarakat dalam menyambut dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini. Semoga kegiatan seperti ini terus dilestarikan dan menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan,” tambahnya.

Sementara itu, dalam tausiahnya, Tuan Guru Haji Ahmad Sufian Al-Banjari menyampaikan pentingnya menjadikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum untuk meningkatkan cinta dan keteladanan kepada Rasulullah SAW.

Guru Supian juga mengingatkan para jamaah akan tiga golongan yang kelak tidak dapat melihat wajah Baginda Nabi Muhammad SAW di hari kiamat.

“Pertama, orang yang memiliki wajah dua, yakni mereka yang bermuka-muka kepada orang lain, menunjukkan sikap berbeda tergantung siapa yang dihadapinya. Kedua, orang yang berkhianat dalam amanah yang diberikan kepadanya, baik amanah dalam pekerjaan, keluarga, maupun lingkungan. Ketiga, orang yang memutuskan silaturahmi dengan saudaranya, baik dalam konteks keluarga maupun sesama muslim,” jelas Guru Sufian.

Beliau juga menambahkan bahwa peringatan Maulid Nabi tidak hanya sekadar seremoni, tetapi harus dijadikan sarana untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari. Ia mengajak seluruh jamaah untuk terus meningkatkan ketakwaan dan memperbanyak amal ibadah, terutama dalam bulan-bulan penuh berkah ini.

Seperti malam-malam sebelumnya, sebelum diisi tausiah, para jemaah yang hadir terlebih dahulu melaksanakan sholat berjemaah, dilanjutkan dengan pembacaan sholawat oleg grup habsyi Irsyadul Fata dari Tatah Pemangkih Laut, tahlil dan doa bersama, dan pembacaan kalam ilahi oleh Ustadz H. Fahrurrazi.

Tampak hadir para kepala SKPD lingkup pemprov Kalsel dan seluruh karyawan/ti ASN dan tenaga Kontrak dilingkungan pemprov Kalsel. [riv/adpim]

Sebarkan
Continue Reading

Banjarmasin

Gelar Peringatan Wafat ke-162  Tahun Pangeran Antasari, Juriat Harapkan Perluasan Area Makam

Published

on

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan upacara Peringatan Wafat ke-162 Tahun Pahlawan Nasional Pangeran Antasari. (Foto/Adpim)

BalainNews.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan upacara Peringatan Wafat ke-162 Tahun Pahlawan Nasional Pangeran Antasari, Jumat (11/10/2034) di Kompleks Pemakaman Masjid Jami Kelurahan Surgi Mufti Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.

Upacara diikuti unsur forkopimda atau yang mewakili, anggota TNI dan Polri, jajaran Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kalsel, pejabat SKPD lingkup Pemprov, perwakilan LSM/Ormas, pelajar/mahasiswa, dan juriat Pangeran Antasari.

Apel peringatan yang dimulai tepat pukul 08.00 wita ini dipimpin Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Adi Santoso mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Selain melakukan prosesi tabur bunga di atas makam Pangeran Antasari dan keluarga lainnya, peringatan wafat yang digelar setiap tahun ini, juga menyerahkan bantuan tali asih kepada para juriat atau keturunan Pangeran Antasari.

Gusti Noor Aina, keturunan ke-4 Pangeran Antasari, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi yang rutin melakukan peringatan wafat Pangeran Antasari disertai penyerahan bantuan untuk keluarga.

Satu hal yang diharapkan ujarnya, area makam jika memungkinkan, bisa lebih diperluas dan dilengkapi fasilitas lain seperti tempat wudhu dan toilet.

Sementara itu, Adi Santoso menyebutkan, terkait upaya perluasan area makam ini, pihaknya sudah mengupayakan beberapa tahun lalu, bahkan disediakan anggaran khusus.

Namun ujar Adi yang pernah menjabat Kepala Dinas Sosial itu, terkendala dengan pembebasan lahan area bagian belakang makam.

“Karena pihak keluarga pemilik lahan tidak setuju, jadi uang itu dikembalikan, kita tidak bisa memaksakan, padahal maksud kita biar area makam lebih representatif,” ujarnya.

Lebin lanjut dikatakan, perbaikan dan pemeliharaan area makam tetap dilakukan, seperti meninggikan bagian lantai dan sebagainya.

Terkait peringatan wafat Pangeran Antasari, diharapkan selalu menjaga semangat perjuangan, cinta tanah air dan Banua Kalsel.

Pada upacara itu, dibacakan sejarah singkat Pangeran Antasari oleh Ketua LVRI Kalsel, Sandimin dan pesan-pesan Pangeran Antasari disampaikan Adi Santoso selaku pimpinan apel.

Adapun ketujuh butir pesan yang disampaikan, Haram Manyarah Waja sampai Kaputing,Lamun Tanah Banyu Kita Kada Handak di Lincai Urang, Jangan Bacakut Papadaan Kita, Lamun Handak Tulak Manyarang Walanda, Baikat Hati di Tali Sindat.

Pesan keempat, Jangan Mati Paharatan Bukah, Matilah Kita di Jalan Allah, kelima yakni, Siapa Nang Babaik-baik Wan Walanda, Tujuh Katurunan Kahada Aku Sapa.

Pesan keenam, Amun Kita Sudah Sapakat Handak Mahinyik Walanda, Janganlah Walanda Diberi Muha, Badaras Pagat Urat Gulu Amun Manyarah Kahada, dan terakhir yakni Haram Dijamah Walanda, Haram Diriku Dipanjara. Haram Negeriku Dijajah. [riv/adpim]

Sebarkan
Continue Reading

Banjarmasin

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Mustahik melalui Modal Usaha Kepada lbu Putri Maharani

Published

on

Ibu Putri Maharani layak untuk diberikan bantuan pemberdayaan ekonomi mustahik melalui pemberian modal usaha dari Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ). (Foto/Ist)

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ibu Putri Maharani merupakan istri Abdul Gafur (Satpam Tenaga Alih Daya Bank Kalsel) yang mempunyai usaha berjualan gorengan, risoles, dan ue-kue lainnya di depan rumahnya di JI. Alalak Selatan RT. 05 RW. 01, Kelurahan Alalak Selatan Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Adapun penunjang usaha sebelumnya untuk berjualan gorengan, risoles, dan kue-kue lainnya hanya mengandalkan pada peralatan masak dan lapak jualan seadanya, dikarenakan hanya mampu untuk membeli peralatan masak dan bahan jualan yang seadanya.

Berdasarkan hal tersebut, setelah melalui proses, baik itu survei maupun persyaratan yang lengkap, Ibu Putri Maharani layak untuk diberikan bantuan pemberdayaan ekonomi mustahik melalui pemberian modal usaha dari Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

“Semoga bantuan tersebut dapat membantu dalam peningkatan usaha bagi lbu Putri Maharani sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan perekonomian
keluarga,” harap UPZ Bank Kalsel.

“Bagi Donatur dan Sahabat Akselenials yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajaknya. [adv/rivani]

Sebarkan
Continue Reading

Kalsel

Banjarmasin3 hari ago

UPZ Bank Kalsel Berikan Gerobak Kepada 6 Orang Mustahik Berkolaborasi Dengan UPZ Bakti Bersama

BalainNews.com, BANJARMASIN – Dalam rangka meningkatkan sumber pendapatan masyarakat golongan menengah ke bawah, serta dalam rangka mengurangi angka keniskinan yang...

Banjarmasin3 hari ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Biaya Pendidikan 24 Siswa(i) di MTs Siti Mariam Banjarmasin

BalainNews.com, BANJARMASIN – Salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sebagai...

Daerah7 hari ago

Gema Suara Dukungan Masyarakat di Pelosok Desa Tanah Laut, Buat H Bambang Alamsyah Berdiri Melangkah Maju Sebagai Calon Bupati 2024-2029

BalainNews.com, PELAIHARI – Setelah lima tahun menikmati kehidupan yang lebih tenang, jauh dari panggung politik, H. Bambang Alamsyah menikmati kedekatan...

Banjar1 minggu ago

Menteri LHK Bersama Sekdaprov Kalsel dan Dubes Norwegia Gerakan Penanaman Pohon Bersama Kelompok Tani di Kabupaten Banjar

BalainNews.com, BANJAR – Usai meresmikan Persemaian Liang Anggang Kota Banjarbaru, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya...

Banjarbaru1 minggu ago

Menteri LHK Siti Nurbaya Resmikan Persemaian Liang Anggang di Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARBARU – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya didampingi Gubernur Kalsel melalui Sekretaris Daerah Provinsi...

Banjarmasin1 minggu ago

Terakhir Gema Maulid 40 Malam, Guru Supian Al- Banjari Sampaikan Tausiyah di Mahligai Pancasila

BalainNew.com – BANJARMASIN – Rangkaian kegiatan Gema Maulid 40 malam 1446 Hijriah telah resmi ditutup dengan puncak acara yang digelar...

Banjarmasin1 minggu ago

Gelar Peringatan Wafat ke-162  Tahun Pangeran Antasari, Juriat Harapkan Perluasan Area Makam

BalainNews.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan upacara Peringatan Wafat ke-162 Tahun Pahlawan Nasional Pangeran Antasari, Jumat (11/10/2034) di...

Banjarmasin1 minggu ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Mustahik melalui Modal Usaha Kepada lbu Putri Maharani

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ibu Putri Maharani merupakan istri Abdul Gafur (Satpam Tenaga Alih Daya Bank Kalsel) yang mempunyai usaha berjualan...

Banjarmasin2 minggu ago

Malam ke -36 Gema Maulid Hadirkan Ustadz Marbawi Zamzam dari Pondok Pesantren Yasin Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gelaran Gema Maulid 40 Malam 1446 H yang diinisiasi oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau akrab...

Banjarmasin2 minggu ago

Hari ke-35 Gema Maulid 40 Malam, Guru Supian : Memperingati Maulid Rasulullah Bagian dari Mengambil Berkah

BalainNews.com, BANJARMASIN – Memasuki hari ke 35 Gema Maulid 40 Malam 1447 Hijriyah, Selasa (08/10/2024) di Mahligai Pancasila Banjarmasin, hadir...

Populer