Meningkatnya Jumlah Pelanggan Berkualitas, Indosat Catatkan Laba Bersih Sebesar Rp1,9 Triliun di Semester I Tahun 2023 – Balain News
Connect with us

Business

Meningkatnya Jumlah Pelanggan Berkualitas, Indosat Catatkan Laba Bersih Sebesar Rp1,9 Triliun di Semester I Tahun 2023

Published

on

BalainNews.com, JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“Indosat”, “IOH”, atau “Perseroan”) hari ini melaporkan kinerja keuangan yang solid pada kuartal kedua tahun 2023. Perseroan kembali mencatatkan laba bersih di sepuluh kuartal berturut-turut dan pendapatan yang terus bertumbuh di lima semester terakhir.

Indosat mencatatkan total pendapatan Rp24,7 triliun pada semester I 2023 atau meningkat 10% dibanding tahun lalu (Year-on-Year, YoY). Pertumbuhan pendapatan yang kuat tersebut dikontribusi oleh kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan. Pendapatan Selular naik 8,4%, sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) bertambah 15,7%, serta layanan Telekomunikasi Tetap yang bertumbuh 25,9% YoY. Selanjutnya, pertumbuhan kinerja top-line yang solid mampu menghasilkan peningkatan EBITDA yang kuat sebesar 24% YoY menjadi Rp11,4 triliun, dengan marjin EBITDA mencapai 46,1% pada semester pertama 2023. Adapun Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk tercatat sebesar Rp1,9 triliun.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan, “Kami senang dapat melaporkan hasil kinerja perusahaan selama semester I tahun 2023 dengan hasil yang positif. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh karyawan yang didukung oleh para mitra dan pemegang saham kami, dalam mencapai tujuan bersama yaitu memberdayakan Indonesia.”

Percepatan integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) mulai menunjukkan hasilnya. Indosat mencatat pertumbuhan total pelanggan berkualitas sebesar 4% atau 3,8 juta YoY menjadi 100 juta dengan peningkatan pendapatan rata-rata per pengguna (Average Revenue Per User, ARPU) Perseroan menjadi Rp35.800 pada kuartal kedua dan trafik data meningkat sebesar 16,8% YoY atau lebih dari 7.000 Petabyte. Seluruh peningkatan layanan tersebut ditopang oleh lebih dari 215 ribu total BTS pada semester I 2023 yang meningkat 8,5% YoY, dengan 167 ribu merupakan BTS 4G.

“Percepatan integrasi MOCN yang dikombinasikan dengan strategi Go-to-Market yang tepat, membawa kami pada jalur yang tepat dalam memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh pelanggan. IOH ingin terus menjadi kolaborator utama dalam mempercepat transformasi digital Indonesia untuk membuka peluang tanpa batas dan memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat,” tutup Vikram.

*Kinerja Memuaskan Regional Kalisumapa*

Sejalan dengan perolehan secara konsolidasian di atas, Indosat regional Kalimantan Sulawesi Maluku Papua (Kalisumapa) turut mencatatkan pertumbuhan kinerja yang tetap terjaga di kuartal kedua tahun 2023. Jumlah pelanggan berkualitas di Regional Kalisumapa pada kuartal kedua 2023 tercatat mendekati 11,8 juta pengguna.. Disusul dengan peningkatan trafik data 4G yang tumbuh sebesar 17 persen (YoY) serta jumlah pengguna data yang meningkat 8 persen secara tahunan (YoY).

Sepanjang paruh pertama 2023, total BTS 4G telah bertambah lebih dari 11.000 unit BTS atau meningkat 50 persen YoY (dibandingkan periode yang sama tahun lalu). Hal ini membuktikan semakin mumpuninya performa jaringan Indosat yang mampu memberikan marvelous experience bagi pelanggannya.

Dengan pencapaian tersebut, kini pelanggan Indosat baik IM3 maupun Tri yang tersebar di seluruh Indonesia, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32% populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20% pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming. (Nrl.A/Ril)

Sebarkan

Banjarmasin

Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Perkuat Iklim Investasi, Bank Indonesia bersama Pemprov Kalsel Gelar South Borneo Investment Forum 2024

Published

on

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Fadjar Majardi. (Foto : Humas BI).

BalainNews.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama Bank Indonesia menyelenggarakan South Borneo Investment Forum (SBIF) 2024 sebagai langkah strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkuat iklim investasi di wilayah tersebut. Forum yang berlangsung di Fugo Hotel, Banjarmasin, ini menjadi ajang untuk memperkenalkan berbagai proyek investasi strategis dan membuka peluang kemitraan yang lebih luas.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Fadjar Majardi, menekankan pentingnya investasi sebagai penggerak utama dalam mencapai target ekonomi nasional, khususnya menuju Indonesia Emas 2045. “Untuk mencapai status negara berpendapatan tinggi antara tahun 2038-2041, pertumbuhan PDB sebesar 6%-7% per tahun menjadi krusial. Investasi, terutama di sektor-sektor potensial di Kalimantan Selatan, akan menjadi kunci pencapaian target ini,” ujarnya.

SBIF 2024 diharapkan menjadi platform efektif bagi para investor untuk mendalami potensi investasi di Kalimantan Selatan. Fadjar juga menambahkan, “Forum ini memberikan kesempatan bagi para investor untuk menjalin kemitraan strategis dan mengeksplorasi berbagai peluang investasi yang akan memperkuat perekonomian daerah.”

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar, menyampaikan dukungannya terhadap penyelenggaraan SBIF 2024. Ia menyebut forum ini sebagai langkah penting dalam memajukan perekonomian Kalimantan Selatan. “Kami berharap dapat menarik minat investor melalui berbagai proyek unggulan yang akan diperkenalkan dalam forum ini. Pemerintah provinsi berkomitmen untuk memberikan dukungan maksimal, mulai dari penyederhanaan regulasi hingga pembangunan infrastruktur,” katanya.

SBIF 2024 akan menampilkan berbagai proyek investasi unggulan yang siap ditawarkan kepada para investor. Proyek-proyek ini meliputi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kabupaten Tanah Bumbu dengan nilai investasi Rp2,7 triliun, hingga pengembangan industri oleokimia dengan total investasi Rp2,2 triliun. Selain itu, terdapat pula proyek-proyek di sektor perikanan, pengelolaan limbah, perhotelan, hingga industri cabai hiyung yang merupakan komoditas khas daerah.

Dalam forum ini, investor juga akan diberikan kesempatan untuk mengadakan pertemuan one-on-one dengan para pemilik proyek guna mendalami peluang dan skema kerjasama yang tersedia. “Ini adalah kesempatan strategis bagi investor untuk lebih memahami potensi dan dukungan yang dapat diberikan oleh pemerintah daerah,” kata Fadjar.

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendukung pencapaian Indonesia Emas 2045 melalui berbagai langkah strategis, termasuk mendorong investasi yang berfokus pada dekarbonisasi, hilirisasi sumber daya alam, penelitian dan inovasi, serta pengembangan ekonomi hijau dan biru. SBIF 2024 merupakan salah satu langkah penting dalam mempercepat transformasi ekonomi Kalimantan Selatan dan berkontribusi pada visi besar Indonesia. [rivani].

Sebarkan
Continue Reading

Banjarmasin

Gerai IM3 Hadirkan Konsep Baru Semakin Terdigitalisasi

Published

on

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand IM3 sejak pertengahan 2023 lalu telah menghadirkan 32 Gerai IM3 dengan konsep baru yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. (Foto/Ist)

BalainNews.com, BANJARMASIN – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand IM3 sejak pertengahan 2023 lalu telah menghadirkan 32 Gerai IM3 dengan konsep baru yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Pembaruan Gerai IM3 ini untuk memberikan pengalaman yang mengesankan (marvelous experience) kepada para pelanggan IM3. Kini konsep baru tersebut juga telah diimplementasikan pada Gerai IM3 di Kota Banjarmasin, Kamis (23/11/2023).

Gerai IM3 kini dilengkapi dengan sistem layanan yang lebih terdigitalisasi dan mengusung konsep layanan Fast, Simple, and Flexible. Pembaruan ini tentunya semakin meningkatkan kualitas layanan serta memberikan kemudahan bagi pelanggan IM3.

Di Regional Kalimantan, Sulawesi Maluku & Papua (Kalisumapa), pembaruan 12 (dua belas) Gerai IM3 telah sepenuhnya terselesaikan di berbagai kota diantaranya di Makassar, Pontianak, Palangkaraya, Sampit, Balikpapapan, Palu, Manado, Kotamobagu, Bau-Bau, Banjarmasin dan Samarinda.

Peresmian pembaruan Gerai IM3 ini secara simbolis diselenggarakan di Gerai IM3 Banjarmasin di Jalan Veteran yang dihadiri oleh Head of Branch Sales BanjarBaru– Rivaldy Prasetyo Ananda, para mitra dan pelanggan terpilih IM3.

Prio Sasongko, SVP Head of Region Kalisumapa Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Pembaruan Gerai IM3 ini adalah bentuk komitmen Indosat Ooredoo Hutchison untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Dengan pelayanan yang lebih terdigitalisasi, pelanggan akan lebih mudah dan cepat mendapatkan solusi dan layanan dari IM3.

”Gerai IM3 dengan konsep baru ini dirancang untuk memudahkan setiap aktivitas pelanggan dengan adanya agent in service desk maupun agent in express counter. Pelanggan juga akan mendapatkan nomor antrean layanan yang terdigitalisasi dan lebih mudah dengan cara memindai QR Code melalui smartphone. Tidak hanya itu saja, Indosat turut menghadirkan fasilitas high speed WiFi connection untuk mendukung komunikasi pelanggan selama berada di Gerai IM3, hingga menyediakan area live demo unit yang menunjukan deretan pilihan smartphone terbaru dengan bundling Paket Prime dari IM3 Postpaid.

“Harapannya, dengan digitalisasi Gerai IM3 ini dapat terus memberikan pengalaman digital kelas dunia sekaligus mewujudkan tujuan besar Indosat Ooredoo Hutchison menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Prio. (Nurul.A/ril)

Sebarkan
Continue Reading

Banjarbaru

Public Gold Indonesia Hadir Di Banjarbaru, Solusi Mendapatkan Emas Berkualitas

Published

on

Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin bersama Owner dan Executive Chairman Public Gold Group, Dato Wira Louis Ng saat meresmikan Kantor Public Gold Indonesia Cabang Banjarbaru. (Foto : Ist).

BalainNews.com, BANJARBARU – Public Gold Indonesia yang merupakan perusahaan jual beli emas batangan 24 Karat bersertifikat dan telah beroperasi sejak 2016, kembali memperkuat dan memperluas wilayah bisnis dengan melakukan peresmian kantor Public Gold Indonesia cabang Banjarbaru pada hari Sabtu, 9 September 2023. Kantor cabang Banjarbaru ini merupakan kantor cabang ke-5 yang telah diresmikan oleh Public Gold Indonesia setelah sebelumnya sudah meresmikan kantor cabang Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Acara yang membahagiakan ini dihadiri oleh Owner dan Executive Chairman Public Gold Group, Dato Wira Louis Ng, beserta istri, Datin Wira Ivonne Lim, dan Riana Dewi Rifayani Selaku Country Manager PT Public Gold Indonesia.

Dalam upaya mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi tantangan ekonomi dimasa depan, Public Gold Indonesia hadir untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memahami pentingnya menyelamatkan masa depan dengan emas. Visi dan Misi Public Gold Indonesia membantu masyarakat Indonesia mendapatkan hidup yang sejahtera dengan emas. Public Gold Indonesia hadir ditengah masyarakat Indonesia sebagai sahabat
masyarakat Indonesia untuk mendapat kemudahan informasi mengenai emas dan menyediakan berbagai kemudahan dalam memiliki emas batangan 24 Karat, sehingga semua lapisan masyarakat dapat memiliki emas dengan tepat dan mudah sebagai simpanan masa depan.

Public Gold Indonesia yang memiliki pabrik sendiri di Kawasan Industri Cikarang Bekasi, memproduksi berbagai macam produk emas batangan dan koin 24 Karat bersertifikat dan memiliki kualitas produk yang terjamin. Selain itu Public Gold Indonesia selalu berinovasi dalam menyediakan berbagai macam pilihan produk bagi masyarakat Indonesia agar menyimpan emas menjadi lebih menyenangkan. Salah satu produk kebanggaan dari Public Gold
Indonesia adalah Emas Tematik kami yang memiliki ciri khas Indonesia seperti
yang terbaru, Public Gold Indonesia baru saja mengeluarkan produk seri Pancasila dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-78, selain itu ada juga seri kain nusantara, seri hewan langka Indonesia, dan seri cagar budaya provinsi di Indonesia.

Dengan di bukanya kantor cabang Public Gold Indonesia Banjarbaru yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani KM.33, No. 9599, Kel. Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat Banjarbaru dan sekitarnya untuk mendapat informasi dan kemudahan dalam memilih produk emas Batangan 24 karat yang tepat,
sebagai jenis simpanan untuk masa depan. (riv/nrl)

Sebarkan
Continue Reading

Banjarmasin

Bersaing Rebut Respon Masyarakat, Lex Hotel September Tawarkan Menu Baru

Published

on

Lex Hotel. (Foto : Ist).

BalainNews.com, BANJARMASIN – Respon masyarakat sangat baik, terlihat dari tingkat okupansi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Demikian ditegaskan Yuyun Setiadi, General Manager Lex Hotel Banjarmasin, menjawab kondisi saat ini, selaku pendatang baru di dunia perhotelan.

Penawaran Kamar dan Meeting Room, menjadi salah satu bagian strategi tersebut, yang membuat Jajaran Manajemen Hotel semakin yakin mampu merebut pangsa pasar di Kalimantan Selatan.

“Lex Hotel menawarkan produk baik kamar-kamar yang comfort maupun produk food & beverage yang berselera.

Lex Hotel sedang melakukan pengembangan untuk pembangunan 4 buah meeting room dengan total kapasitas sebanyak 200 orang,” kata Yuyun menambahkan.

“Di bulan September nanti kami menawarkan FB promo dengan beberapa menu yang sama sekali baru dan belum pernah ada di Banjarmasin,” janji Yuyun, sangat optimis merebut pangsa pasar di daerah ini.

Yuyun tak menampik persaingan bisnis perhotelan di Kalsel memang sangat ketat.

“Namun, sebagai pendatang baru, Lex Hotel Banjarmasin juga harus siap menghadapi persaingan tersebut. Untuk itu, kami siap bersinergi dan saling support dengan stakeholder lainnya, termasuk dengan Radar Banjarmasin,” pungkasnya. (riv/juns)

Sebarkan
Continue Reading

Business

Indosat dan Noice Berkolaborasi Majukan Industri Konten Kreatif di Indonesia

Published

on

Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh dan Chief Business Officer, Noice, Niken Sasmaya. (Foto : Ist).

BalainNews.com, JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dengan visinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, berkolaborasi dengan Noice, platform audio streaming lokal Indonesia, untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif yang lebih luas di tanah air. Keduanya akan menggabungkan keahlian masing-masing dalam meningkatkan pengalaman digital dan mendukung gaya hidup masyarakat Indonesia.

Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, mengatakan, “Indosat terinspirasi oleh filosofi gotong royong untuk mencapai tujuan kami yang lebih besar, memberdayakan Indonesia. Kali ini, bersama Noice, kami ingin berkolaborasi untuk mencapai tujuan tersebut dengan mendorong pertumbuhan industri kreatif. Layanan Indosat yang tersebar di seluruh Indonesia akan memaksimalkan konten-konten Noice agar terekspos lebih luas lagi dan membuka peluang tanpa batas.”

Chief Business Officer, Noice, Niken Sasmaya, mengatakan “Saat ini platform konten audio telah menjadi medium baru bagi masyarakat dalam mendapatkan akses hiburan maupun informasi saat berkegiatan sehari-hari. Hal ini tentunya sejalan dengan pertumbuhan jumlah pengguna smartphone yang kian meningkat sebagai gaya hidup digital masyarakat di berbagai daerah. Kami sangat antusias dengan banyaknya peluang yang akan terbuka oleh kolaborasi strategis ini. Bersama Indosat, Noice ingin terus mendorong berkembangnya konten positif di kalangan generasi muda, sekaligus memperluas ekosistem konten audio dalam industri kreatif di Indonesia.”

Kolaborasi Indosat dengan Noice hadir dalam berbagai program. Beberapa diantaranya yang telah berjalan saat ini adalah Collabonation Podcast dan program THIS (The Indosat Show) yang dapat dinikmati juga di aplikasi Noice. Program THIS merupakan program live talk show bersama bintang tamu terkemuka yang diselenggarakan setiap hari Sabtu di Indosat Marvelous Xperience Center. Program ini bertujuan untuk menjadi platform bagi komunitas kreatif di Indonesia untuk menciptakan dan mempererat hubungan, yang setiap minggunya membahas beberapa topik mengenai teknologi, musik, film, komedi dan topik menarik lainnya bersama para bintang tamu serta public figure terkenal.

Di sisi lain, para pelanggan Indosat juga kini bisa menikmati beragam konten podcast unggulan dari Noice di aplikasi myIM3 dan bima+. Pelanggan dari IM3 dan Tri tersebut juga akan mendapatkan manfaat dari kolaborasi ini berupa akses khusus ke acara-acara yang diinisiasi bersama seperti workshop, konser, dan kegiatan seru lainnya. Ke depannya, Noice dan Indosat akan terus mengeksplorasi potensi kerja sama untuk menghadirkan beragam program lainnya agar bisa terus berkontribusi dalam mengembangkan industri kreatif di Indonesia dengan lebih optimal lagi.(riv)

Sebarkan
Continue Reading

Kalsel

Banjarmasin17 jam ago

Bagi Rombong Barakah, Bank Kalsel Buka Jalan Sukses Bagi UMKM Pra-Sejahtera

BalainNews.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kalimantan...

Banjarmasin5 hari ago

UPZ Bank Kalsel Berikan Gerobak Kepada 6 Orang Mustahik Berkolaborasi Dengan UPZ Bakti Bersama

BalainNews.com, BANJARMASIN – Dalam rangka meningkatkan sumber pendapatan masyarakat golongan menengah ke bawah, serta dalam rangka mengurangi angka keniskinan yang...

Banjarmasin5 hari ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Biaya Pendidikan 24 Siswa(i) di MTs Siti Mariam Banjarmasin

BalainNews.com, BANJARMASIN – Salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sebagai...

Daerah1 minggu ago

Gema Suara Dukungan Masyarakat di Pelosok Desa Tanah Laut, Buat H Bambang Alamsyah Berdiri Melangkah Maju Sebagai Calon Bupati 2024-2029

BalainNews.com, PELAIHARI – Setelah lima tahun menikmati kehidupan yang lebih tenang, jauh dari panggung politik, H. Bambang Alamsyah menikmati kedekatan...

Banjar1 minggu ago

Menteri LHK Bersama Sekdaprov Kalsel dan Dubes Norwegia Gerakan Penanaman Pohon Bersama Kelompok Tani di Kabupaten Banjar

BalainNews.com, BANJAR – Usai meresmikan Persemaian Liang Anggang Kota Banjarbaru, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya...

Banjarbaru1 minggu ago

Menteri LHK Siti Nurbaya Resmikan Persemaian Liang Anggang di Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARBARU – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya didampingi Gubernur Kalsel melalui Sekretaris Daerah Provinsi...

Banjarmasin1 minggu ago

Terakhir Gema Maulid 40 Malam, Guru Supian Al- Banjari Sampaikan Tausiyah di Mahligai Pancasila

BalainNew.com – BANJARMASIN – Rangkaian kegiatan Gema Maulid 40 malam 1446 Hijriah telah resmi ditutup dengan puncak acara yang digelar...

Banjarmasin2 minggu ago

Gelar Peringatan Wafat ke-162  Tahun Pangeran Antasari, Juriat Harapkan Perluasan Area Makam

BalainNews.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan upacara Peringatan Wafat ke-162 Tahun Pahlawan Nasional Pangeran Antasari, Jumat (11/10/2034) di...

Banjarmasin2 minggu ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Mustahik melalui Modal Usaha Kepada lbu Putri Maharani

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ibu Putri Maharani merupakan istri Abdul Gafur (Satpam Tenaga Alih Daya Bank Kalsel) yang mempunyai usaha berjualan...

Banjarmasin2 minggu ago

Malam ke -36 Gema Maulid Hadirkan Ustadz Marbawi Zamzam dari Pondok Pesantren Yasin Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gelaran Gema Maulid 40 Malam 1446 H yang diinisiasi oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau akrab...

Populer