Pasangan Kekasih Edarkan Sabu Diringkus Polisi – Balain News
Connect with us

Kalteng

Pasangan Kekasih Edarkan Sabu Diringkus Polisi

Published

on

KUALA KAPUAS, balainnews.com – Satresnarkoba Polres Kapuas berhasil menangkap pasangan kekasih KL (41) dan SN (38) karena kedapatan mengedar narkotika jenis Sabu-Sabu.

Kedua pasangan tersebut tertangkap di Jalan Trans Kalimantan Palangka Raya – Timpah sekitar pukul 17.30 WIb Senin (13/9/2021).

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti melalui kasat Narkoba Iptu Subandi dikonfirmasi wartawan Rabu (15/9/2021) membenarkannya

KL (41) warga Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau dan SN (38) warga Kelurahan Pahandut Kota Palangkaraya.

“Penangkapan berdasar informasi masyarakat dan ditindak lanjuti. Ketika digeledah keduanya sempat mengelak namun polisi menemukan tersangka menyimpan narkoba jenis Sabu dengan barat 25, 09 gram,” jelasnya.

Dikatakan Kedua tersangka telah dibawa ke Polres Kapuas guna proses hukum lebih lanjut.

“Pasangan ini dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 112 Ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” ujarnya. (balain/nrl)

Sebarkan

Kalteng

KM.Satya Kencana III Berhasil Dievakuasi, Layanan Pelabuhan Kumai Segera Normal

Published

on

KM.Satya Kencana III yang karam di area Pelabuhan Kumai berhasil di evakuasi. (Foto : Ist)

BalainNews.com, KUMAI – Proses evakuasi KM.Satya Kencana III yang karam di area Pelabuhan Kumai, telah berhasil dievakuasi dengan cara diapungkan. Keberhasilan proses evakuasi  KM Satya Kencana III ini akan meningkatkan produktivitas layanan di Pelabuhan Kumai.

Proses evakuasi KM Satya Kencana III dilakukan oleh team Salvage yang ditunjuk oleh PT.Dharma Lautan Utama selaku pemilik kapal, dengan cara menggunakan peralatan sekitar 2500 tandon air berbagai ukuran dan balon pelampung karet kapasitas 2 ton yang diikatkan disisi-sisi kapal. Proses tersebut berlangsung selama kurang lebih 4 Bulan dari awal Oktober 2022 hingga akhir Januari 2023.

Meskipun mengalami berbagai hambatan dalam upaya pengapungan kapal tersebut, seperti arus yang deras di sekitaran perairan, namun proses percobaan pengapungan akhirnya bisa dilaksanakan dan seterusnya bangkai kapal ditarik menuju ke luar alur untuk dievakuasi.

Manager Pelayanan Terminal PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Pelabuhan Kumai Muhamad Rahmadi mengatakan, keberhasilan proses evakuasi ini, menjadi angin segar bagi optimalisasi layanan kapal di Pelabuhan Kumai.

Menurutnya, selama tenggelamnya kapal KM.Satya Kencana III, kegiatan operasional Pelabuhan Kumai, khususnya dalam melayani kegiatan kapal penumpang dan roro, agak sedikit terganggu. Yang sebelumnya bisa melayani 2 kapal sekaligus, namun dengan terjadinya musibah tersebut, hanya bisa melayani 1 kapal secara bergantian.

“Kami menyambut baik dengan keberhasilan team salvage dalam upaya pengapungan kapal KM.Satya Kencana III, sehingga operasional di Pelabuhan Kumai bisa kembali dengan normal,” Ujar Rahmadi.

Sebelumnya, Oktober tahun 2022 yang lalu Kapal KM.Satya Kencana III yang tiba dari Pelabuhan Tanjung Perak pukul 22.00 Wib dengan membawa 289 penumpang dan 25 unit kendaraan, mengalami musibah terbalik di area kolam Pelabuhan Kumai pada saat proses bongkar  truk. Beruntung petugas dari Pelindo Cabang Pelabuhan Kumai sigap dalam melakukan evakuasi dalam musibah tersebut, sehingga tidak timbul korban jiwa.***(riv/juns)

Untuk Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :
Humas PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Pelabuhan Kumai
Jalan Bendahara No. 248 Kumai Kalimantan Tengah
Telephone: 0532 – 61468
Fax: 0532  61777
Email: ariewinata1402@gmail.com

Sebarkan
Continue Reading

Kalteng

Diperairan Kumai, Lanal Banjarmasin Berhasil Menggagalkan Pengiriman Satwa Dilindungi

Published

on

Press Release Danlanal Banjarmasin. (Foto : Ist)

BalainNews.com, KOTAWARINGIN BARAT – Bertempat di Posal (Pos TNI AL) Kumai, Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah telah dilaksanakan Press Release oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla dalam rangka “Keberhasilan Penindakan Upaya Pengiriman Satwa Yang Dilindungi (Diduga Ilegal)” oleh Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Lanal Banjarmasin dan Tim Alpha Satgas Operasi Intel Mandau L. 22

Dikesempatan tersebut Danlanal Banjarmasin menyampaikan kronologis penangkapan berdasarkan informasi Tim intelijen Lanal Banjarmasin tentang adanya pengiriman satwa dilindungi yaitu beberapa jenis burung dan kura-kura dari Pelabuhan Bade Kab. Mappi Papua dengan tujuan Probolinggo yang dimuat oleh kapal MV. Vision Global. Sabtu (22/10/2022)

Selanjutnya Tim melaksanakan penyelidikan serta pendalaman dan didapat keterangan bahwa kapal tersebut berada di perairan muara Pangkalan Bun saat lego jangkar dan akan melaksanakan bongkar muat. Kemudian Tim bergerak dari Posal Kumai dan tepatnya di perairan Kumai pada koordinat 02°58’015″ LS -111°23’024″BT Tim berhasil menangkap dan mengamankan beberapa satwa yang dilindungi antara lain kakak tua hitam raja 7 ekor, kakak tua putih jambul kuning 23 ekor, dara hutan 1 ekor, cucak emas 1 ekor, nuri kepala hitam 36 ekor, kakak tua/begok 3 ekor (2 hijau + 1 merah), jagal Papua 1 ekor, pleci 1 ekor, branjangan 1 ekor dan kasuari 2 ekor. Selain itu juga ditemukan satwa lainnya yaitu Kura-kura 12 ekor, ular hijau 1 ekor serta ditemukan tanduk rusa satu karung.

Untuk para pelaku/pemilik satwa tersebut berjumlah 6 orang yang merupakan ABK kapal MV. Vision Global yaitu Budi, Hafidz, Mirza, Irwan, Ahmad Munir dan Bima.

Para pelaku diduga melanggar Pasal 21 ayat 2 huruf (a) jo pasal 40 ayat 2 UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 Tahun dan denda sebesar Rp.100.000.000 (Seratus Juta Rupiah). Selanjutnya semua barang bukti dan pemilik diserahkan dan dilimpahan ke BKSDA Provinsi Kalteng guna proses hukum lebih lanjut.

Usai Press Release Danlanal Banjarmasin mengatakan ke awak media, terima kasih dan apresiasi atas keberhasilan ini kepada unsur-unsur yang membantu guna mengamankan wilayah perairan dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat, karena tidak menutup kemungkinan masih adanya giat ilegal lainnya yang belum terungkap. Untuk itu kedepan kegiatan patroli rutin akan semakin kita tingkatkan di wilayah kerja Lanal Banjarmasin. Maksud dan tujuannya adalah untuk menekan dan meminimalisir aktivitas kegiatan ilegal yang dilakukan oleh kapal-kapal yang melintas maupun berlabuh serta cegah dini dan deteksi dini terhadap tingkat kerawanan lainnya.

Hal ini merupakan tindak lanjut perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara., terang Danlanal Banjarmasin.

Ditempat yang sama, Pj. Bupati Kotawaringin Barat Bapak Anang Dirjo menyampaikan banyak terima kasih atas kerjasama yang baik dengan TNI AL, dalam hal ini Lanal Banjarmasin, ini merupakan prestasi yang luar biasa. Sinergitas ini tidak berhenti sampai disini saja, kedepan tetap kita lanjutkan dan tingkatkan sinergi agar tidak terjadi lagi kegiatan yang sama.

Turut hadir Pj. Bupati Kotawaringin Barat Bapak Anang Dirjo, Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Nav Rudy Kurniawan, S.E., M.Han, Kapolres Kotawaringin Barat diwakili oleh Kanit Binmas Polsek Kumai Ipda Sugeng, Dandim 1014/Pangkalan Bun diwakili Pelda Inf Tomi Jaya, BKSDA Kalteng Bapak Dendi Sutiadi SH (Ka. Seksi Konservasi Wilayah II), KSOP Kumai diwakili Bapak Danang, Dirjen Gakkum KLHK Wilayah Kalteng dan Kalsel Bapak Hendro serta para tamu dan undangan lainnya.[riv/Penal Banjarmasin]

Sebarkan
Continue Reading

Kalteng

TNI Lanal Banjarmasin Berhasil Gagalkan 194 Drum BBM Diduga Ilegal

Published

on

Press Release oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla terkait hasil penangkapan dugaan penyelewengan BBM Ilegal jenis solar sebanyak 194 drum (-/+38,8 KL ). (Foto : Penal Banjarmasin)

BalainNews.com, KAPUAS – 12 Agustus 2022. Bertempat di dermaga Desa Ujung Murung Kec. Selat telah dilaksanakan kegiatan Press Release oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla terkait hasil penangkapan dugaan penyelewengan BBM Ilegal jenis solar sebanyak 194 drum (-/+38,8 KL ) yang dimuat dua unit kapal kayu KM. Berkat Usaha dan KM. Berkat Hidayah Putri di Sungai Kapuas Kelurahan Mambulau Kec. Bataguh Kab. Kapuas Prov. Kalteng tepatnya di titik koordinat 03º01’53.8″S – 114º23’26.5″ E pada hari Kamis 11 Agustus 2022 pukul 14.30 Wib.

Penangkapan tersebut berdasarkan informasi yang akurat dari masyarakat yang melaporkan bahwa terdapat transaksi BBM (Bahan Bakar Minyak) jenis solar bersubsidi untuk masyarakat/kapal feri yang diduga diperjualbelikan di atas harga ketentuan Pertamina yang diangkut menggunakan kapal kayu tanpa ijin yang lengkap.

Setelah dilaksanakan penyelidikan dan pendalaman oleh Tim Lanal Banjarmasin, selanjutnya Danlanal Banjarmasin memerintahkan satuan Staf Operasi untuk melaksanakan penindakan ke daerah sasaran yang dimaksud.

Selanjutnya tim dengan menggunakan sarana Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Lanal Banjarmasin bergerak dari dermaga Alpung Trisakti Lanal Banjarmasin menuju perairan Sungai Kapuas dan melaksanakan pemeriksaan terhadap 2 kapal yakni KM. Berkat Usaha dan KM. Berkat Hidayah Putri posisi sandar di SPBB (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Bunker) milik Hajjah Aisyah Huri saat proses lepas tali dan ditemukan muatan diatas kedua kapal yaitu drum terisi penuh masing-masing kapal 97 drum yang akan dibawa menuju Kecamatan Pujon, selanjutnya kapal, nahkoda dan dokumen diamankan guna proses lebih lanjut.

Adapun modus operandinya yaitu pelaku membeli BBM di SPBB PT. Hajjah Aisyah Huri dengan harga Rp. 9.000/liter dikirim ke Kecamatan Pujon dan dijual dengan harga antara Rp. 10.000 – Rp. 11.000/liter untuk keperluan bahan bakar penerangan warga dan sebagian besar dijual ke lokasi tambang liar.

Dugaan awal pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku Sdr. Khairi (Nahkoda) KM. Berkat Usaha dan Sdr. Masyur (Nahkoda) KM. Berkat Hidayah Putri yaitu tanda selar tidak ada, tidak memiliki DO (Delivery Order) dari Pertamina, kapal tidak standar Pertamina untuk angkutan BBM dan tidak memiliki ijin transportir.

Lebih lanjut Danlanal menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi – tingginya atas keberhasilan ini kepada unsur – unsur yang membantu, rencana kedepan tetap kita laksanakan giat patroli yang rutin di wilayah kerja Lanal Banjarmasin guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang tergabung dengan pendukung instansi terkait, salah satunya yaitu untuk menekan dan meminimalisir aktivitas kegiatan illegal yang dilakukan oleh kapal – kapal yang melintas serta cegah dini dan deteksi dini terhadap tingkat kerawanan lainnya.

Hal ini merupakan tindak lanjut perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara., terang Danlanal Banjarmasin. [riv/Penal Banjarmasin]

Sebarkan
Continue Reading

Kalteng

PT. Syngenta Laksanakan Demo Massal Filia Mix Virtako Sekaligus Dengar Aspirasi Petani Di Kab. Pulang Pisau, Kalteng

Published

on

Agronomis PT. Syngenta Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah, Jayadi, S.P menunjukkan hasil demo massal. (Foto : Ist)

BalainNews.com, PULANG PISAU – Agronomis PT. Syngenta Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah, Jayadi, S.P laksanakan demo massal bersama timnya juga para petani terkait produk Filia dan Virtako di Desa Pantik Kec. Pantih Batu Kab. Pulang Pisau. Selasa, (9/8/2022)

Jayadi, S.P menyampaikan “Diketahui bahwa manfaat dari Filia yaitu untuk mengendalikan blast, baik itu blast daun, blast ligula, maupun blast leher. Adapun Virtako selain untuk mengendalikan ulat penggerek batang juga dapat menambah anakan produktif pada tanaman padi. Pengendalian OPT secara bijak dan benar akan sangat bermanfaat untuk membantu peningkatan hasil produksi bagi petani oleh karena itu Syngenta tidak henti hentinya untuk memberikan edukasi kepada petani dalam hal mendukung peningkatan hasil produksi secara maksimal,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sartiman, saat diwawancarai oleh pihak media beliau mengungkapkan, Sejak dua tahun yang lalu saat mengenal produk Syngenta saya sangat puas dengan hasilnya, saat menggunakan produk sebelumnya hasilnya biasa-biasa saja, namun sejak menggunakan produk Syngenta hasil panen tidak kurang dari 30% atau 40% peningkatan bahkan lebih. Saya sendiri menanam 5 hektare semua menggunakan produk Syngenta tanpa terkecuali dan alhamdulilah hasilnya sangat memuaskan. ungkap Sartiman.

Bagi beliau, tidak enggan untuk senantiasa merekomendasikan produk Syngenta kepada rekanan petani lainnya karena memang terbukti hasilnya. Adapun rata-rata para petani di desa tersebut yang merupakan kawasan Food Estate memiliki 2 hektare sampai 5 hektare lahan padi yang mereka garap.

Disamping itu menurut Sugiran petani dari Desa Sanggang Kec. Pantih Batu. Beliau juga mengutarakan pendapatnya, Dari dulu andalan saya memang Virtako karena hasilnya lain dari pada yang lain dan kelihatan dari daunnya hasilnya sangat bagus, tapi kalau obat-obatan yang pernah saya gunakan sebelumnya hasilnya tidak sebagus ini serta daunnya menurut saya kurang puas. Kesehatan daun itu kelihatan kalau menggunakan Virtako. Selain Virtako andalan saya juga Score ini sebentar lagi saya pakaikan score.

Pada demo massal tersebut, pihak PT. Syngenta Agronomis Wilayah ditemani para tim diantaranya yakni M. Ihwan sebagai Junior Agronomis Wilayah Kab. Pulang Pisau – Kab. Kapuas dan juga Adi Witoko sebagai Junior Agronomis Wilayah Barito Kuala. [riv/Hanafi]

Sebarkan
Continue Reading

Daerah

Danlanal Banjarmasin Resmikan Mess Harun Pos TNI AL Samuda

Published

on

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla saat penandatanganan prasasti. (Foto : Penal Banjarmasin).

BalainNews.com, KOWARINGIN TIMUR – Pos TNI AL (Posal) Samuda yang terletak di Desa. Samuda Besar Kec. Mentaya Hilir Selatan Kab. Kotawaringin Timur Prov. Kalteng yang merupakan jajaran dibawah Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin menerima rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla dan Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta rombongan dalam rangka peresmian renovasi Mess Harun Pos TNI AL Samuda. Sabtu, (2/7/2022).

Rangkaian kegiatan dipandu oleh Danposal Samuda Kapten Laut (P) Ahmad Fauzi diawali dengan pembacaan do’a, sambutan, pemotongan pita, penandatanganan prasasti, peninjauan Mess Harun, penyerahan bantuan sosial kepada pengurus/anak TPA Nurul Ilmi, panen raya ikan nila dan patin, penanaman bibit pohon mangga dan sayuran untuk program ketahanan pangan nasional dilanjutkan foto bersama dan ramah tamah. Selanjutnya Danlanal Banjarmasin beserta rombongan berkesempatan melaksanakan ziarah tabur bunga ke makam Syekh Abu Hamid Bin H. Muhammad Asa’d serta meninjau produksi sentra pembuatan kerupuk udang sijura di Desa. Sei Ijum Raya Mentaya Hilir Selatan.

Dalam sambutannya Danlanal Banjarmasin mengatakan, keberadaan Pos TNI AL Samuda merupakan salah satu unsur pelaksana tugas di bawah jajaran Lanal Banjarmasin yang memiliki tugas pokok meliputi bidang intelijen, operasi keamanan laut, potensi maritim dan juga memiliki fungsi sebagai pendukung pelaksanaan satuan/unsur patroli perairan diwilayah kerja dan sebagai unsur utama pelaksanaan SAR yang tergabung dengan pendukung instansi terkait, menekan dan meminimalisir aktivitas illegal yang dilakukan oleh kapal-kapal yang melintas serta cegah dini dan deteksi dini terhadap tingkat kerawanan lainnya.

Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama dan sinergitas yang terjalin baik kepada unsur Forkopimda dan stakeholder, sehingga renovasi Mees Harun Pos TNI AL Samuda sudah selesai terbentuk kuat dan kokoh serta layak ditempati oleh Prajurit dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkannya., jelas Danlanal

Turut hadir unsur Forkopimcam, perwakilan jasa agen pelayaran wilayah Kotawaringin Timur H. Bambang Wiwit, tokoh masyarakat, tokoh agama serta para tamu dan undangan lainnya.[rls/Penal Banjarmasin].

Sebarkan
Continue Reading

Kalsel

Banjarmasin3 hari ago

UPZ Bank Kalsel Berikan Gerobak Kepada 6 Orang Mustahik Berkolaborasi Dengan UPZ Bakti Bersama

BalainNews.com, BANJARMASIN – Dalam rangka meningkatkan sumber pendapatan masyarakat golongan menengah ke bawah, serta dalam rangka mengurangi angka keniskinan yang...

Banjarmasin3 hari ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Biaya Pendidikan 24 Siswa(i) di MTs Siti Mariam Banjarmasin

BalainNews.com, BANJARMASIN – Salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sebagai...

Daerah6 hari ago

Gema Suara Dukungan Masyarakat di Pelosok Desa Tanah Laut, Buat H Bambang Alamsyah Berdiri Melangkah Maju Sebagai Calon Bupati 2024-2029

BalainNews.com, PELAIHARI – Setelah lima tahun menikmati kehidupan yang lebih tenang, jauh dari panggung politik, H. Bambang Alamsyah menikmati kedekatan...

Banjar7 hari ago

Menteri LHK Bersama Sekdaprov Kalsel dan Dubes Norwegia Gerakan Penanaman Pohon Bersama Kelompok Tani di Kabupaten Banjar

BalainNews.com, BANJAR – Usai meresmikan Persemaian Liang Anggang Kota Banjarbaru, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya...

Banjarbaru1 minggu ago

Menteri LHK Siti Nurbaya Resmikan Persemaian Liang Anggang di Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARBARU – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya didampingi Gubernur Kalsel melalui Sekretaris Daerah Provinsi...

Banjarmasin1 minggu ago

Terakhir Gema Maulid 40 Malam, Guru Supian Al- Banjari Sampaikan Tausiyah di Mahligai Pancasila

BalainNew.com – BANJARMASIN – Rangkaian kegiatan Gema Maulid 40 malam 1446 Hijriah telah resmi ditutup dengan puncak acara yang digelar...

Banjarmasin1 minggu ago

Gelar Peringatan Wafat ke-162  Tahun Pangeran Antasari, Juriat Harapkan Perluasan Area Makam

BalainNews.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan upacara Peringatan Wafat ke-162 Tahun Pahlawan Nasional Pangeran Antasari, Jumat (11/10/2034) di...

Banjarmasin1 minggu ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Mustahik melalui Modal Usaha Kepada lbu Putri Maharani

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ibu Putri Maharani merupakan istri Abdul Gafur (Satpam Tenaga Alih Daya Bank Kalsel) yang mempunyai usaha berjualan...

Banjarmasin2 minggu ago

Malam ke -36 Gema Maulid Hadirkan Ustadz Marbawi Zamzam dari Pondok Pesantren Yasin Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gelaran Gema Maulid 40 Malam 1446 H yang diinisiasi oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau akrab...

Banjarmasin2 minggu ago

Hari ke-35 Gema Maulid 40 Malam, Guru Supian : Memperingati Maulid Rasulullah Bagian dari Mengambil Berkah

BalainNews.com, BANJARMASIN – Memasuki hari ke 35 Gema Maulid 40 Malam 1447 Hijriyah, Selasa (08/10/2024) di Mahligai Pancasila Banjarmasin, hadir...

Populer