Paman Birin Raih Top Leader On Digital Implementation 2023 – Balain News
Connect with us

Jakarta

Paman Birin Raih Top Leader On Digital Implementation 2023

Published

on

Paman Birin menerima Penghargaan Top Digital Implementation 2023. (Foto : Ist).

BalainNews.com, JAKARTA – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor menerima penghargaan Top Leader on Digital Implementation dan Top Digital Implementation Bintang 4 pada penghargaan “TOP Digital Awards 2023” yang dilaksanakan oleh IT Works dan diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI di Raffles Hotel, Jakarta, Senin (4/12/2023).

Penghargaan tersebut diberikan Kemkominfo RI atas atas keberhasilan, Sahbirin Noor dalam melakukan transformasi digital dan implementasi bidang Information & Communications Technology (ICT) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Pemberian penghargaan ini dilakukan setelah melalui riset dan wawancara penjurian kepada ribuan peserta mencakupi Kementerian, Lembaga/Badan, Kepala Pemerintah Daerah, Walikota, Gubernur, serta IT Manager atau Chief technology officer (CTO)/ Chief Information Officer (CIO) dari berbagai perusahaan, organisasi dan institusi, dimana hasil penilaian tersebut diklasifikasikan menjadi bintang 1 hingga bintang 5.

Sahbirin pun mengaku senang atas penghargaan ini dan dia berharap penghargaan ini bisa menjadi motivasi seluruh jajaran SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam pemanfaatan perkembangan teknologi informasi.

“Kami sangat senang dan termotivasi dengan penghargaan ini, karena pemanfaatan IT sangatlah penting untuk memberikan kemudahan pelayanan publik. Ke depan, kami akan memperkuat kolaborasi pusat, provinsi, dan kabupaten/kota agar manfaat yang diterima masyarakat lebih dahsyat,” terang Sahbirin.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel, M Muslim yang turut mendampingi Sahbirin Noor saat menerima penghargaan tersebut menyatakan bahwa pihaknya akan memperkuat komitmen peningkatan pemanfaatan IT dalam birokrasi di lingkup SKPD Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Pemanfaatan IT harus diarahkan kepada penyederhanaan birokrasi pemerintah, agar layanan publik dapat diakses melalui satu pintu, sehingga terasa lebih mudah, efektif dan efisien bagi masyarakat. Untuk itu, kita akan memperkuat infrastruktur TIK ke depan,” tegas Muslim.

Selain Muslim, Pada penyerahan penghargaan tersebut Sahbirin Noor turut didampingi oleh Tenaga Ahli Gubernur Kalsel, Achmad Maulana, tim TIK Dinas Kominfo, serta Tim Publikasi dari Biro Administrasi Pimpinan. MC Kalsel/Jml

Para Bintang dalam Transformasi Digital di Indonesia

Inovasi dan pemanfaatan teknologi digital kian berkembang luas, terjadi hampir di seluruh aspek kehidupan masyarakat. Tren perubahan ini dapat dilihat secara statistik, di mana penetrasi pengguna internet di Indonesai lebih dari 78% dari 278,8 juta jiwa jumlah penduduk Indonesia di tahun 2023.  Mereka kian banyak memanfaatkan internet untuk berbagai kegiatan, layanan, perizinan dan lainnya termasuk untuk aktivitas ekonomi (digital economy).

Pelaku usaha, institusi, organisasi dan Lembaga,  termasuk kepemerintahan juga banyak mengantisipasi fenomena ini dengan melakukan akselerasi dan peningkatan transformasi digital, yakni melalui implementasi sistem TIK dan digital technology ke dalam sebuah sistem  manajemen, aplikasi layanan dan lainnya   untuk performa yang lebih baik.

Melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, Majalah ItWorks bekerja sama dengan sejumlah Asosiasi IT & TELCO Indonesia dan ICT, kembali menggelar ajang penghargaan atas keberhasilan inivasi dan inisiasi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  & Solusi Digital terbesar tingkat nasional – TOP DIGITAL Awards 2023.

TOP DIGITAL Awards adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tahunan tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada Perusahaan dan Instansi Pemerintahan, yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, untuk meningkatkan kinerja, layanan, inovasi, dan daya saing bisnisnya serta layanan kepada masyarakat maupun konsumennya. Penghargaan ini juga diberikan kepada Vendor TI TELCO/ Solusi Teknologi Digital yang mendukung berkembangnya pemanfaatan teknologi digital di Indonesia.

Tahun ini mengusung tema utama “IT Governance and Cyber Security in Innovation of Business and Services”/ “Tata Kelola TI dan Keamanan Siber dalam kaitan Inovasi Bisnis dan Layanan”.

Hadir dalam acara penghargaan TOP Digital Awards 2023, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi yang menerima penghargaan Bintang 5 Top Digital Awards 2023 untuk Kementerian Kominfo, sekaligus  memnyampaikan keynote speech-nya.

Dalam sambuatanya Menkominfo menyatakan, bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan Top Digital Awards 2023 ini. Kegiatan ini lanjutnya, selaras dengan upaya pemerintah untuk mendorong akselerasi transformasi digital  di Tanah Air, baik di kalangan pelaku usaha, lembaga atau institusi kepemerintahan sebagai kesiapan dalam memasuki era revolusi industri keempat (industri 4.0). Pihaknya juga menyambut baik ada kesadaran yang makin tinggi akan pentingya memperkuat ekosistem keamanan siber di kalangan pelaku usaha, maupun institusi dan Lembaga kepemerintahan untuk kelangsungan dan keberhasilan transformasi digital ini.

Menurutnya transformasi digital memiliki kaitan yang tidak bisa terpisahkan dengan inovasi-inovasi seperti yang dilakukan para peraih penghargaan di ajang Top Digital Awards 2023 ini. Bahkan, Menteri Budi Ari Setiadi menilai bahwa implementasi transformasi digital atau penggunaan teknologi digital adalah inovasi itu sendiri.

“Implementasi penggunaan teknologi digital (juga) menuntut inovasi itu sendiri yang selalu dinamis tututan dan kebutuhannya, dan harus dibangun sesuai dengan karakteristik dari perusahaan atau institusi yang menggunakan,” ujarnya.

Lebih lanjut  ia menegaskan bahwa di masa yang akan datang kita akan bergantung kepada data. Sehingga penting untuk memanfaatkan data yang sangat besar yang dimiliki sekaligus menjaga dari aspek keamanannya. Sebab jika tidak dimanfaatkan dan dijaga dengan baik, data tiak akanbenayak berbarti bahkan  bisa menjadi ancaman, baik di swasta maupun di pemerintahan.

”Jadi, kalau data-data yang kita miliki itu tidak di-manage dan tidak digunakan dengan baik, ini juga suatu wasting of technology, karena sudah ada banyak sekali data yang tersedia dari big data analytics. Jadi dengan kita bisa meng-hire data analisisnya, bisa di-bridging kepada machine learning, ini akan bisa membantu dalam membuat suatu kebijakan yang tepat dan cepat. Dan tentunya data ini juga harus dijaga dengan baik dari aspek keamanannya,” ujar Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Menkominfo juga mengungkap peran pemerintah dalam mendukung akselerasi transformasi digital. Dikatakan Samuel, pemerintah sendiri sudah menyiapkan banyak sekali landasan kebijakan untuk bisa terjadinya transformasi digital, membangun infrastruktiur dan lainnya untuk akselerasi digitalisasi di Indonesia.

“Fokus kita adalah menyiapkan infrastruktur, kita menyiapkan sampai ke desa-desa huinggab daerah 3T. Dan kita harapkan pada masa Pak Jokowi, setiap desa sudah terakses oleh 4G. Dengan menikmati sambungan internet mereka bisa mengakses begitu banyak informasi yang bisa mereka dapatkan dan juga bisa begitu banyak kegiatan-kegiatan online yang mereka bisa lakukan, dan akan mempermudah kehidupan mereka, termasuk aspek sosial dan ekonomi” paparnya.

IT Security Awareness Makin Tinggi

Sejalan dengan tema yang diangkat pada penyelenggaran event “TOP Digital Awards 2023” yakni “IT Governance and Cyber Security in Innovation of Business and Services”, para peraih pengharagaan ini telah mampu membuktikan  bahwa  inovasi, kreatifitas dan terobosan digital yang dilakukan, baik oleh perusahaan, institusi, Lembaga ataupun organisasi telah berdampak signifikan, baik di internal perusahaan maupun hubungan  eksternal, termasuk dengan mitra bisnis atau pelanggan (masyarakat).

Mereka juga memiliki tingkat kesadaran IT Security yang makin tinggi di institusi atau lembaganya untuk kelangsungan proses transformasi digital yang lebih baik dan aman di masa depan. Hal ini terlihat dengan makin banyaknya lembagaa atau instutusi termasuk perusahaan- Perusahaan yang membentuk tim dan divisis untuk IT security. Antara lain misalnya  dengan adanya pembentukan Computer Security Incident Response Team/CSIRT  sebagai salah satu pelaksana keamanan siber untuk kekuatan pertahanan siber, Security Operations Center (SOC), Network Operations Centers (NOCs) bertanggung jawab untuk memelihara infrastruktur teknis sistem komputer Perusahaan, dan sejenisnya.

Selain itu juga  terlihat adanya peran yang makin tinggi dari para pimpinan kepala daerah, CIO atau CTO, terutama dalam  upaya mendukung akselerasi transformasi digital untuk meningkatkan daya saing  maupun layanan pelanggan maupun layanan masyarakat. Bahkan mereka juga tak segan dalam upaya meningkatkan keandalan IT Security-nya,  dengan meningkatkan IT spending (belanja untuk adopsi teknologi informasi), khususnya sistem keamanan siber yang lebih besar di tahun ini.

Secara umum, pacsa Pandemi Covid-19, kreativitas dan inovasi serta antusias peserta TOP Digital Awards 2023, baik dari perusahaan, organisasi, maupun institusi dan lembaga pemerintahan dalam menghadirkan solusi inovasi baru berbasis technology digital, terus mengalami peningkatan.

Pada lembaga atau institusi kepemerintahan, inovasi digital terutama sebagai upaya peningkatan e-government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),  serta implementasi dan pengembangan konsep smart city (kota cerdas). Terkait SPBE, hal ini selaras dengan arah kebijakan nasional terkait arsitektur dan peta rencana SPBE yang diharapkan makin terpadu secara nasional. Kebijakan ini antara lain telah dituangkan melalui Surat Edaran Menteri PANRB No. 18/2022 tentang Keterpaduan Layanan Digital Nasional Melalui Penerapan Arsitektur SPBE dan Peta Rencana SPBE. Adapun implementasi smart city, terkait adanya program pemerintah yakni gerakan menuju 100 Smart City di Indonesia untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan digitalisasi.

Sedangkan bagi pelaku usaha, inovasi dan akselerasi transformasi digital dilakukan sebagai upaya menyikapi situasi untuk akselerasi dan recovery pandemi covid-19 dan meningkatkan kinerja, sekaligus sebagai upaya mempersiapkan diri memasuki era Revolusi Industri 4.0 dan meningkatkan daya saingnya di kancah global.

Beberapa inovasi sistem aplikasi bisnis yang dikembangkan seperti  ERP (Enterprise Resource Planning), Customer Relationship Management (CRM) untuk mengelola hubungan bisnis dengan pelanggan, aplikasi pemasaran, penjualan,  manajemen keuangan (finance), HR, dan lainnya. Berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh Lembaga dan institusi kepemerintahan juga makin luas hingga ke daerah-darah, baik oleh Pemda maupun pelaku usaha, termasuk dari kalangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Hadir juga memberikan keynote speech-nya  Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian. Dikatakan, sejalan dengan meningkatnya inovasi dan pemanfaatan teknologi digital, semakin tinggi juga tingkat ancaman kejahatan siber yang terjadi di Indonesia. “Maka dari itu, saya meminta semua pihak, termasuk pelaku usaha, UMKM untuk selalu waspada terhadap kejahatan siber ini,” ujarnya.

Melansir dri berbagai data  di tahun 2023, lanjut Hinsa, terdapat lima jenis serangan yang umum menargetkan UMKM. Pertama Malware, perangkat lunak berbahaya yang bertujuan untuk mengubah, merusak, mengakses, menyandera, atau mengumpulkan informasi tanpa izin.

Kedua Phising, upaya menipu atau mengelabui untuk mendapatkan informasi sensitif atau merusak sistem dengan menyamar sebagai entitas tepercaya. Ketiga Insider Threat, ancaman yang berasal dari pihak ketiga yang memiliki akses ke sistem UMKM. Biasanya akibat adanya karyawan yang kecewa atau tidak puas.

Keempat Software Vulnerability Exploit, sebuah serangan yang biasanya muncul akibat tidak dilakukannya pembaruan software pada perangkat. Kelima merupakan gabungan antara Social Engineering dan serangan Malware yang harus diwaspadai, sebagaimana marak terjadi belakangan ini. “Kita semua harus berhati-hati jika menerima pesan mengatasnamakan bank tertentu yang meminta mengeklik tautan, yang mengarahkan ke situs palsu yang menyerupai situs asli bank. Saat kita lengah dan memasukan data-data kredensial seperti username dan password, pelaku dapat menggunakan data tersebut untuk melakukan transaksi ilegal tanpa sepengetahuan kita,” jelas Hinsa.

Selain itu, sambungnya, serangan dengan modus undangan nikah atau kurir paket dalam bentuk file “.apk”, sehingga penipu dapat menyusupkan malware ke dalam file undangan yang dikirimkan. Ketika file tersebut dibuka, malware dapat menginfeksi perangkat pengguna dan mencuri informasi pribadi atau merusak sistem. Terakhir tentu saja aplikasi bajakan dan aplikasi modifikasi, yang mungkin menarik karena lebih murah atau gratis.

“Kita perlu berhati-hati karena aplikasi bajakan atau modifikasi seringkali disertai dengan risiko terinfeksi malware atau virus,” ungkapnya.

Hinsa menegaskan, risiko-risiko tersebut semakin besar mengingat masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menerapkan langkah-lengkah pengamanan informasi.

Merujuk Indeks Literasi Digital dari survei yang dilakukan oleh Kemenkominfo pada tahun 2022, lebih dari setengah responden tidak dapat membedakan email yang berisi virus atau malware sehingga sangat rentan terkena phising. Selain itu, lebih dari 40% responden juga terindikasi tidak menggunakan antivirus dan tidak melakukan backup data sehingga sangat rentan terhadap serangan ransomware.

“Ini menunjukan bahwa masih banyak yang harus kita lakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan siber melalui kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan di ruang siber,” tegas Hinsa.

Dukung Percepatan Transformasi Digital

Ketua Dewan Juri TOP Digital Awards 2023, Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny Mutiara, Q. N. SSi, S.Kom  yang juga Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) dalam sambutannya mengatakan, TOP DIGITAL Awards ini  selain kegiatan penilaian untuk pemberian penghargaan bidang implementasi teknologi digital, juga merupakan kegiatan pembelajaran. Hal ini karena  pada sesi akhir wawancara penjurian, dewan juri juga memberikan pendapat, saran dan masukan kepada para peserta yang bisa dijadikan feedback untuk mendukung inovasi digitalisasi ke depan.

“Kegiatan TOP DIGITAL Awards yang diselenggarakan oleh majalah ItWorks ini, sangat selaras dengan arah kebijakan Presiden RI, yakni percepatan transformasi digital guna mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, baik di instansi pemerintahan, korporasi bisnis, maupun institusi lainnya,” ujarnya

Dikatakan, Transformasi Digital umumnya dijalankan dalam upaya suatu organisasi mendongkrak efektivitas dan efisiensi dalam memberikan layanan publik, kinerja bisnis dan operasional, serta layanan kepada pelanggan.

Menurutnya, agar transformasi digital yang sukses tetap bisa diwujudkan, maka perlu fokus pada (1) kualitas digitalisasi, bukan sekedar kuantitas; (2) Integrasikan upaya transformasi digital dengan seluruh aktivitas organisasi, (3) tetap memperhatikan kondisi eksternal, seperti ekonomi, pasar, kompetisi, dan perkembangan teknologi serta kebutuhan masyarakat/konsumen, serta (4) adalah manajemen keamanan informasi.

Penentuan Pemenang kategori TOP DIGITAL Implementation Level Bintang.

Dijelaskan bahwa untuk metode penentun diawali dengan seleksi awal terhadap 900-an calon peserta, untuk menghasilkan 200 kandidat terbaik. Para pakar TI dan Dewan Juri, merekomendasikan kandidat-kandidat perusahaan dan instansi pemerintahan, yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya. Beberapa data pendukung, termasuk hasil penilaian SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) yang diselenggarkan oleh Kemenpan RB, juga menjadi pertimbangan dalam seleksi awal ini.

Dari 200 kandidat terbaik, sebanyak 186 peserta yang dapat mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk hadir dan presentasi keberhasilan implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya, dalam kegiatan Wawancara Penjurian yang diselenggarakan secara daring.

Adapun 3 kriteria Utama dalam menentukan pemenang adalah:

1.   Perusahaan/ Instansi yang berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan Teknologi Digital dalam meningkatkan kinerja, daya saing, operasional, dan layanannya.

2.   Perusahaan/ Instansi yang memiliki sistema IT Governance dan Cyber Security yang baik.

3.   Perusahaan/ Instansi yang memiliki Solusi Bisnis/Aplikasi/Platform Unggulan, yang dinilai berhasil dan membanggakan.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Top Digital Awards 2023 M. Lutfi Handayani, MM., MBA yang juga Pemred Majalah ItWorks mengatakan, TOP DIGITAL Awards adalah kegiatan pembelajaran, sekaligus kegiatan penilaian atau pemberian penghargaan di bidang implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, yang insya Allah merupakan yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Penghargaan TOP DIGITAL Awards, diberikan kepada Instansi pemerintahan dan Korporasi Bisnis, yang dinilai telah berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital.

TOP DIGITAL Awards diselenggarakan setiap tahun oleh majalah ItWorks dari MSI Group, dengan didukung oleh para Pakar dan Dewan Juri dari berbagai asosiasi TI, seperti APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer), MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia), APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia), ASPILUKI (Asosiasi Piranti Lunak Indonesia), IDTUG (Indonesia Telecommunication User Group), dan LKN (Lembaga Kajian Nawacita).

Ditambahkan, dari sejak tahun pertama penyelenggaraan, yakni tahun 2016, TOP DIGITAL Awards didesain sebagai ajang penghargaan yang sarat dengan aspek pembelajaran bersama. “Dari sejak tahun pertama penyelenggaraan, yakni tahun 2016, TOP DIGITAL Awards didesain sebagai ajang penghargaan yang sarat dengan aspek pembelajaran,” ujarnya.

Ia menyampaikan beberapa hal, terkait aspek-aspek pembelajaran bersama dalam kegiatan TOP DIGITAL Awards. Pertama, di akhir Wawancara Penjurian, ada Sesi Nilai Tambah, dimana Dewan Juri dapat memberikan pendapat, saran, dan masukan-masukan perbaikan kepada peserta. Sesi Nilai Tambah, adalah sebuah sesi yang sudah menjadi budaya dalam award-award yang diselenggarakan oleh media-media di MSI Group, termasuk didalamnya adalah majalah ItWorks, majalah Madani, dan majalah Top Business.

Kedua, selaku penyelenggara, juga memberikan kesempatan kepada setiap peserta, untuk dapat Seat in atau mengikuti Sesi Presentasi / Wawancara Penjurian peserta lain, selama yang diikuti adalah bukan kompetitor bisnisnya.

Ketiga, kegiatan Webinar sebagai sesi Sharing, diselenggarakan pada tanggal 22 November 2023 yang lalu. “Kita dapat berdiskusi dan belajar bersama, dari para kandidat pemenang penghargaan TOP DIGITAL Awards. Semoga, banyak insight, tambahan informasi, dan inspirasi, yang dapat mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital di tempat masing-masing,” ujarnya.

Adapun tema yang diangkat dalam TOP DIGITAL Awards 2023 ini, adalah “IT Governance and Cyber Security in Innovation of Business & Services”.           Artinya, Tata Kelola TI dan Cyber Security merupakan bagian yang penting dan fundamental dalam mendukung Transformasi Digital di Perusahaan dan Instansi Pemerintahan.

1.     Tujuan TOP DIGITAL Awards 2023, adalah untuk:

a.     Mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan solusi digital di instansi pemerintahan dan perusahaan-perusahaan di Indonesia, untuk mendukung peningkatan daya saing perekonomian nasional, menuju Indonesia yang maju dan sejahtera.

b.     Mendorong adanya inovasi-inovasi berbasis solusi digital, guna meningkatkan kinerja dan layanan kepada konsumen dan masyarakat.

c.     Meningkatkan aspek pembelajaran bersama dibidang implementasi dan pemanfaatan teknologi digital bagi instansi pemerintahan dan korporasi bisnis di Indonesia.

d.     Meningkatkan semangat Divisi TI dari Instansi maupun korporasi, melalui pemberian apresiasi/ penghargaan dari lembaga kredibel yang independen, atas keberhasilannya dalam hal transformasi digital.

“Kami mengucapkan selamat kepada pemenang TOP DIGITAL Awards 2023, semoga keberhasilan ini makin mendorong semangat implementasi solusi digital di perusahaan dan instansi pemerintahan, dan semoga dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lainnya,” ujar M Lutfi Handayani. [riv/nrl]

Sebarkan

Jakarta

Berhasil Tata Transportasi Publik, Gubernur Paman Birin Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama dari Presiden RI

Published

on

Penyerahan penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama dari Presiden Republik Indonesia itu diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Gubernur Kalsel Paman Birin melalui Kepala Dinas Perhubungan M. Fitri Hernadi. (Foto : Adpim).

BalainNews.com, JAKARTA – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama Tahun 2024 dari Presiden Republik Indonesia.

Penyerahan penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama dari Presiden Republik Indonesia itu diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Gubernur Kalsel Paman Birin melalui Kepala Dinas Perhubungan M. Fitri Hernadi pada Gelaran Hub Space 2024 dalam rangka rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/9/2024)

Keberhasilan Gubernur Paman Birin meraih WTN Wiratama ini menjadi bukti bahwa pengelolaan transportasi umum di Kalsel telah tertata baik. Selain itu juga menjadi bukti bahwa pengelolaan jaringan jalan, rekayasa lalu lintas serta penyediaan sarana dan prasarana keselamatan di Kalsel juga telah tertata baik.

Tak itu saja, bahkan saat ini sebagian sudah terkoordinasi dengan kabupaten/kota dan ke depan tinggal mengoptimalkan dari sisi perencanaan. Selain itu, pelaksanaan kegiatan lalu lintas dan semua aspek transportasi telah memenuhi standar ekspektasi masyarakat.

Paman Birin mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan buah dari kolaborasi dan sinergitas Pemprov Kalsel dengan sejumlah pihak dalam menghadirkan layanan transportasi yang layak dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Kita di Kalsel berupaya untuk menghadirkan layanan transportasi yang ramah, aman dan terintegrasi untuk seluruh masyarakat, jaringan jalan yang dilengkapi prasarana dan sarana keselamatan yang lebih baik. Alhamdulillah, upaya itu mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat,” sampai Gubernur Paman Birin melalui Kadishub Fitri Hernadi.

Fitri Hernadi menjelaskan, selain Gubernur Paman Birin, untuk Kalimantan Selatan, Piala WTN juga diterima Pemerintah Kota Banjarbaru dan Banjarmasin, kemudian Pemerintah Kabupaten Tabalong, Tanah Laut, Banjar, dan Balangan.

“Kolaborasi semua pihak dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan Provinsi termasuk dari Polda (Ditlantas) dan Polres (Satlantas) serta PUPR Kabupaten/Kota dan PUPR Provinsi terus kita tingkatkan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada warga Banua,” ungkap Fitri.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan Pemerintah Provinsi yang menerima Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama adalah sebagai berikut: Pemprov Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Sumatera Utara, Yogyakarta, Jambi, Aceh, Bangka Belitung, dan Lampung.

Sedangkan Piala Wahana Tata Nugraha diberikan kepada 61 Pemerintah Kota/Kabupten dan Sertifikat Wahana Tata Nugraha kepada 100 Pemerintah Kota/Kabupaten.

“Penghargaan Wahana Tata Nugraha diberikan kepada Pemda yang mampu menghadirkan inovasi, perencanaan matang, serta implementasi efektif dalam tata kelola transportasi. Penghargaan ini bukan sekedar simbol, melainkan manifestasi dari komitmen kita bersama untuk mewujudkan tata kelola transportasi yang mendukung mobilitas masyarakat, meningkatkan keselamatan, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan,” ujar Menhub.

Menhub mengapresiasi dan berterima kasih kepada para kepala daerah beserta seluruh jajaran, yang telah berupaya mengelola sistem transportasi dengan baik dan selalu mendukung program-program transportasi yang berkelanjutan. Menurut Menhub, keberhasilan yang diraih merupakan buah dari upaya jangka panjang, serta hasil dari sinergi antarsektor dan partisipasi aktif dari masyarakat di masing-masing wilayah.

Kemudian, sejalan dengan upaya untuk meningkatkan kualitas transportasi di tanah air, Menhub juga menekankan pentingnya alokasi sumber daya yang memadai. Dalam konteks ini, Menhub menyampaikan bahwa penting bagi Pemda untuk mengalokasikan paling sedikit 10 persen hasil dari penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak atas Penggunaan Kendaraan Bermotor, untuk pembangunan atau pemeliharaan jalan, serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum.

“Kebijakan ini merupakan wujud nyata dari komitmen kita dalam meningkatkan infrastruktur transportasi yang tidak hanya mendukung mobilitas, tetapi juga menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan,” terang Menhub. [riv/mul/adpim]

Sebarkan
Continue Reading

Ekonomi

29th Infobank Banking Appreciation 2024, Bank Kalsel Raih Predikat Kinerja “Sangat Baik” 5 Tahun Berturut-turut

Published

on

Bank Kalsel dianugerahi predikat Sangat Baik dalam kategori “EXCELLENT PERFORMANCE IN 5 CONSECUTIVE YEARS”. (Foto : Ist) 

BalainNews.com, JAKARTA – Bank Kalsel kembali mengukir prestasi dengan meraih penghargaan bergengsi pada ajang 29th Infobank Banking Appreciation 2024. Pada kesempatan ini, Bank Kalsel dianugerahi predikat Sangat Baik dalam kategori “EXCELLENT PERFORMANCE IN 5 CONSECUTIVE YEARS”.

Penghargaan ini merupakan bukti konsistensi kinerja unggul Bank Kalsel selama lima tahun berturut-turut dalam industri perbankan Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Bank Kalsel Jakarta Agus Setiawan mewakili manajemen Bank Kalsel di Shangri-La Hotel Jakarta pada Kamis, 29 Agustus 2024 Pencapaian ini tidak hanya mencerminkan komitmen Bank Kalsel dalam menjaga stabilitas dan pertumbuhan kinerja, namun juga sebagai pengakuan atas kualitas layanan yang terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan mendukung perekonomian nasional.

Pada kesempatan yang berbeda, Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin menyatakan rasa syukurnya atas penghargaan ini. “Kami sangat bersyukur dan bangga menerima penghargaan ini.

“Ini adalah hasil dari kerja keras seluruh insan Bank Kalsel, serta kepercayaan dan dukungan dari para pemegang saham, nasabah, mitra kerja dan Akselenials. Kami akan terus berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kinerja serta layanan kami ke depannya,” tuturnya.

Penghargaan EXCELLENT PERFORMANCE IN 5 CONSECUTIVE YEARS ini menambah deretan pencapaian yang telah diraih Bank Kalsel. Sebagai bank daerah yang telah beroperasi selama 60 tahun, Bank Kalsel terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman demi memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Kalimantan Selatan.

“Bank Kalsel terus berfokus pada pengembangan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, serta memperkuat posisi sebagai bank yang unggul dan terpercaya di tingkat regional bahkan nasional. Dengan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, Bank Kalsel optimis dapat terus memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi regional dan nasional,” pungkasnya. [adv/rivani]

Sebarkan
Continue Reading

Jakarta

Paman Birin Raih Penghargaan Proklim Kelima dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin kembali mendapat Penghargaan Apresiasi Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia. (Foto : Adpim).

BalainNews.com, JAKARTA – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin kembali mendapat Penghargaan Apresiasi Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia.

Piagam apresiasi ini diberikan Kementerian LHK kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan karena telah berpartisipasi aktif dalam melaksanakan Program Kampung Iklim (ProKlim) di daerah.

Penghargaan ProKlim ini merupakan penghargaan apresiasi ke-5 yang di peroleh Paman Birin setelah sebelumnya juga mendapatkan apresiasi serupa yakni ditahun 2019, 2020, 2022, 2023 dan sekarang 2024.

Piagam penghargaan diterima Paman Birin melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana yang diserahkan langsung Menteri LHK Siti Nurbaya dalam acara Penghargaan ProKlim pada Festival LIKE 2 yang diadakan di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Gubernur Paman Birin mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada masyarakat Banua yang berperan aktif dalam mendukung program pemerintah terutama yang desa atau kampungnya masuk dalam kategori program ProKlim.

“Terimakasih dan penghargaan tinggi kepada seluruh masyarakat di Banua yang berperan aktif dalam mendukung setiap program pemerintah. Ini merupakan aksi nyata dari masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK),” ucap Paman Birin.

Paman Birin berharap, kedepannya akan lebih banyak lagi kampung iklim di Kalsel.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi kampung-kampung lain di Kalsel untuk bisa mengikuti menjadi kampung iklim agar kita semua bisa mengurangi atau mengatasi dampak dari perubahan iklim,” harapnya.

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Situ Nurbaya mengatakan, Program Kampung Iklim (ProKlim) sangat penting dalam memperlambat perubahan iklim.

Menteri LHK mengatakan salah satu faktor perubahan iklim adalah banyaknya gas emisi yang dilepaskan ke lapisan atmosfer. Hal inilah yang membuat bumi makin terasa panas.

“Ini kemudian kaitannya dengan panas dan situasi atmosfer yang berubah karena akibat tadi ya (perubahan iklim). Kenapa itu terjadi? Karena ada industri yang terus-terusan kasih emisi dan sebagainya,” kata Siti Nurbaya.

Ia menambahkan, ProKlim bukan sekadar tempat konservasi iklim. Lebih lanjut ia menegaskan, ProKlim adalah upaya memperlambat perubahan iklim yang menjadi tanggung jawab bersama.

Kalsel sendiri Pada tahun 2024 untuk lokasi ProKlim terdaftar di SRN (Sistem Registrasi Nasional) sebanyak 130 lokasi. dilaksanakan Verifikasi Lapangan bersama Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Kalimantan pada 27 Mei – 1 Juni 2024 untuk Verifikasi Lapangan ProKlim Lestari, Dan 11-28 Juni 2024 untuk Verifikasi Lapangan ProKlim Utama.

Berikut sejumlah desa/kampung di Kalsel untuk peraih Kategori ProKlim Lestari yakni, Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kelurahan Sekumpul Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, Desa Bitahan Baru Kecamatan Tapin Kabupaten Tapin, Desa Ribang Kecamatan Tabalong Kabupaten Tabalong, Desa Tanta Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, dan Dusun III Desa Pandan Sari Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut.

Sedangkan untuk, Kategori ProKlim Trophy Utama yakni, Desa Warukin Kecamatan Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, Desa Bulurejo Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu, dan Desa Salam Babaris Kecamatan Salam Babaris Kabupaten Tapin.

Untuk diketahui, Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK). [riv/end/adpim]

Sebarkan
Continue Reading

Jakarta

Komitmen Sukseskan Program JKN-KIS di Banua, Paman Birin Raih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Hj Raudatul Jannah SKM, M. Kes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel. (Foto : Adpim).

BalainNews.com, JAKARTA – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menerima Universal Health Coverage (UHC) Award Tahun 2024 sebagai bentuk hadiah bagi masyakarat Banua di momentum peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke- 74.

Gubernur Kalimantan Selatan Paman Birin didampingi Hj Raudatul Jannah SKM, M. Kes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin pada Penyerahan Penghargaan Universal Health Coverage dengan tema ”Satu Dekade Program JKN-KIS Untuk Negeri Sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Memberikan Perlindungan Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia” di Krakatau Grand Ballroom, Jakarta, (8/8).

Usai menerima penghargaan, Gubernur Paman Birin mengatakan, penghargaan yang dirinya terima ini adalah hadiah bagi masyarakat Kalimantan Selatan yang telah bersama-sama turut berkontribusi dalam menjalankan program
Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Banua.

”Ini penghargaan yang luar biasa dan sebuah persembahan untuk rakyat Kalimantan Selatan sebagai hadiah hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke 74. Selamat dan terimakasih kepada masyarakat Banua,” katanya.

Paman Birin pun berharap, melalui penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk ikut mndaftarkan kepersertaannya menjadi bagian dari program JKN-KIS.

”Seperti apa yang disampaikan oleh Wakil Presiden tadi, semoga ini dapat memotivasi kita semua dalam mendukung program JKN-KIS sehingga cakupan kita bisa mencapai 100 persen,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan, UHC merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif dan bermutu tanpa adanya hambatan financial.

”Di Indonesia diwujudkan melalui program JKN- KIS. Yang pencapaian ini tidak lepas dari peran sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, Kementerian, Lembaga dan seluruh Pemerintah Daerah,” ucapnya.

Wapres Ma’ruf Amin berharap, provinsi dan kabupaten kota yang menerima penghargaan hari ini telah menunjukkan dedikasi dan komitmen tinggi dalam mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan JKN-KIS 95 persen dari total penduduk

”Mari sama-sama kita dukung optimalisasi pelaksanaan program JKN-KIS dengan layanan yang terjangkau, berkualitas dan merata untuk masyarakat dengan perluas jangkauan kesehatan sampai 100 persen, libatkan tokoh masyarakat dan agama dalm mensosialisakan program JKN-KIS,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan penghargaan UHC kepada 33 Provinsi, 96 kota dan 364 kabupaten dengan disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendi serta President International Social Security Association (ISSA), Mohammed Azman. [riv/adpim]

Sebarkan
Continue Reading

Ekonomi

Kolaborasi Bank Kalsel Dan Insan Media Tangkal Berita Hoax Dalam Gempuran Era Digital

Published

on

Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin saat membuka kegiatan Sharing Session Media Gathering Bank Kalsel. 2024. Jakarta (26/7/24). (Foto : Balain).

BalainNews.com, JAKARTA – Menjaga kepercayaan nasabah menjadi modal penting Bank Kalsel untuk terus meningkatkan kinerjanya.

Salah satu upaya Bank Kalsel jalankan adalah dengan berkolaborasi dengan Insan Media untuk menangkal berita hoax dalam gempuran era digital saat ini.

Bertempat di meeting room Aone Hotel, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Jum’at (26/7/24).

Kegiatan tahunan yang bertajuk Media Gathering Bank Kalsel 2024 ini tidak lain adalah untuk meningkatkan kompetensi dan menyaring berita hoax kepada 39 insan media yang hadir.

Turut hadir Komisaris Independen Bank Kalsel Dr. Syahrituah Siregar, S.E., MA., Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin, Direktur Utama AJB Bumiputera Dr. Irvandi Gustari, S.E., M.B.A., Koordinator Kanal Cek Fakta Tempo Inge Klara Safitri serta Komisaris Freeport Indonesia Dr. H. A.M Fachrir, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan, Firmansyah, Kepala Cabang Bank Kalsel – Jakarta Agus, Divisi Perencanaan & Kinerja, Divisi Manajemen Resiko & Kepatuhan, Kepala Cabang Bank Kalsel Paringin Fitri Hernadi.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin menyampaikan, “Kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi Bank Kalsel bersama insan Media untuk meningkatkan kompetensi menyaring berita hoax dalam gempuran era digital saat ini, dengan hadirnya narasumber yang kompeten insan Media semakin jeli menyaring atau menangkal berita hoax”, harapnya. [adv/rivani]

Sebarkan
Continue Reading

Kalsel

Banjarmasin4 hari ago

UPZ Bank Kalsel Berikan Gerobak Kepada 6 Orang Mustahik Berkolaborasi Dengan UPZ Bakti Bersama

BalainNews.com, BANJARMASIN – Dalam rangka meningkatkan sumber pendapatan masyarakat golongan menengah ke bawah, serta dalam rangka mengurangi angka keniskinan yang...

Banjarmasin4 hari ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Biaya Pendidikan 24 Siswa(i) di MTs Siti Mariam Banjarmasin

BalainNews.com, BANJARMASIN – Salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sebagai...

Daerah1 minggu ago

Gema Suara Dukungan Masyarakat di Pelosok Desa Tanah Laut, Buat H Bambang Alamsyah Berdiri Melangkah Maju Sebagai Calon Bupati 2024-2029

BalainNews.com, PELAIHARI – Setelah lima tahun menikmati kehidupan yang lebih tenang, jauh dari panggung politik, H. Bambang Alamsyah menikmati kedekatan...

Banjar1 minggu ago

Menteri LHK Bersama Sekdaprov Kalsel dan Dubes Norwegia Gerakan Penanaman Pohon Bersama Kelompok Tani di Kabupaten Banjar

BalainNews.com, BANJAR – Usai meresmikan Persemaian Liang Anggang Kota Banjarbaru, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya...

Banjarbaru1 minggu ago

Menteri LHK Siti Nurbaya Resmikan Persemaian Liang Anggang di Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARBARU – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya didampingi Gubernur Kalsel melalui Sekretaris Daerah Provinsi...

Banjarmasin1 minggu ago

Terakhir Gema Maulid 40 Malam, Guru Supian Al- Banjari Sampaikan Tausiyah di Mahligai Pancasila

BalainNew.com – BANJARMASIN – Rangkaian kegiatan Gema Maulid 40 malam 1446 Hijriah telah resmi ditutup dengan puncak acara yang digelar...

Banjarmasin2 minggu ago

Gelar Peringatan Wafat ke-162  Tahun Pangeran Antasari, Juriat Harapkan Perluasan Area Makam

BalainNews.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan upacara Peringatan Wafat ke-162 Tahun Pahlawan Nasional Pangeran Antasari, Jumat (11/10/2034) di...

Banjarmasin2 minggu ago

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Mustahik melalui Modal Usaha Kepada lbu Putri Maharani

BalainNews.com, BANJARMASIN – Ibu Putri Maharani merupakan istri Abdul Gafur (Satpam Tenaga Alih Daya Bank Kalsel) yang mempunyai usaha berjualan...

Banjarmasin2 minggu ago

Malam ke -36 Gema Maulid Hadirkan Ustadz Marbawi Zamzam dari Pondok Pesantren Yasin Banjarbaru

BalainNews.com, BANJARMASIN – Gelaran Gema Maulid 40 Malam 1446 H yang diinisiasi oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau akrab...

Banjarmasin2 minggu ago

Hari ke-35 Gema Maulid 40 Malam, Guru Supian : Memperingati Maulid Rasulullah Bagian dari Mengambil Berkah

BalainNews.com, BANJARMASIN – Memasuki hari ke 35 Gema Maulid 40 Malam 1447 Hijriyah, Selasa (08/10/2024) di Mahligai Pancasila Banjarmasin, hadir...

Populer